Sejarah Perguruan Pencak Silat Phashadja Mataram


LOGO PHASHADJA MATARAM

Baca juga

Sejarah Berdirinya Phashadja Mataram

Didirikan Oleh Soetardjonegoro

Phashadja Mataram, sebuah aliran silat yang diambil dari nama Mataram menggunakan bahasa sansekerta. Nama Phashadja apabila diurai yaitu Pha dari phasa atau puasa, Sha dari shandjata atau senjata, dan Dja dari djumedul atau timbul, mengandung makna keluarnya senjata melalui sarana puasa, sehingga murid-murid Phashadja Mataram selain digembleng fisik juga ketika kenaikan tingkat harus lulus riyadhoh puasa dan sholat malam.

Perguruan Phashadja Mataram, memang sudah tidak di ragukan lagi dalam pembinaan murid-muridnya untuk berlatih jurus menjurus demi keberlangsungan sepak terjang yang mereka inginkan dan bangsa harapkan.

Phashadja Mataram didirikan oleh K.R.T. Soetardjonegoro pada tanggal 20 Oktober 1950 di Yogyakarta. Perguruan yang berpusat di Jalan Gayam Mangkukusuman ini hanya menerima anggota laki-laki yang sudah baligh karena laki-laki akan diberi pendidikan untuk menjadi seorang imam bagi dirinya sendiri, keluarga, dan kelak apabila menjadi pemimpin. Selain itu juga bertujuan untuk menghindarkan dari pikiran-pikiran yang negatif. Murid tidak hanya dilatih ketangkasan dalam membela diri saja, tetapi juga diberi pendidikan akhlak agar dapat menjadi orang yang bertata krama, mempunyai sopan santun, dan tidak beringas.

Nama Phashadja apabila diurai yaitu Pha dari phasa atau puasa, Sha dari shandjata atau senjata, dan Dja dari djumedul atau timbul, mengandung makna keluarnya senjata melalui sarana puasa, sehingga murid-murid Phashadja Mataram selain digembleng fisik juga ketika kenaikan tingkat harus lulus riyadhoh puasa dan sholat malam.

K.R.T. Soetardjonegoro.

Phashadja Mataram merupakan perguruan yang semi organisasi, yang menjadi pemimpin atau pendekar besar hanya keturunan langsung dari K.R.T. Soetardjonegoro.

Dari bergai sumber yang kami tau Perguruan Phashadja Mataram ini hanya menerima Siswa khusus Putra/Laki-laki saja, yang mempunyai makna & filosofi bahwa “seorang Laki-laki harus mampu menjadi seorang Imam (Pemimpin) yang berakhlak mulia, taat beribadah, dapat dipercaya, bertanggungjawab, rendah hati, berani, tegas, tangguh, kuat, cerdas, setia, tulus dan berguna bagi Perguruan, Diri Sendiri, Keluarga, Masyarakat, Agama, Nusa & Bangsa.

Filosofi dan Jurus Perguruan Silat Phashadja Mataram.
Phashadja Mataram merupakan salah satu perguruan pencak silat historis yang memiliki beragam ajaran dan filosofi.
  1. Phashadja Mataram adalah perguruan yang semi-organisasi, di mana pemimpin atau pendekar besar hanya berasal dari keturunan langsung dari K.R.T. (Kanjeng Raden Tumenggung).
  2. Pesilat yang bergabung dalam Phashadja Mataram tidak hanya digembleng secara fisik, tetapi juga diharuskan untuk lulus riyadhoh, puasa, dan sholat malam sebagai bagian dari proses kenaikan tingkat.
  3. Lambang Phashadja Mataram memiliki makna yang dalam, termasuk ajaran untuk berkepribadian dan berperilaku.
Tak hanya itu saja perguruan ini memiliki warisan budaya dan tradisi yang kaya, serta nilai-nilai yang diterapkan dalam proses pembelajaran dan pengembangan diri pesilatnya.

Pencak silat, termasuk Phashadja Mataram, mengandung beragam nilai-nilai positif, antara lain:
  1. Meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Membangkitkan rasa cinta tanah air dan bangsa.
  3. Mendorong untuk menjaga kesehatan dan kebugaran.
  4. Melatih ketahanan mental.
  5. Mengembangkan kewaspadaan diri yang tinggi.
  6. Membina sportivitas dan jiwa ksatria.
  7. Mendorong untuk memiliki disiplin dan keuletan yang tinggi.
Nilai-nilai ini mencerminkan kontribusi pencak silat, termasuk Phashadja Mataram, dalam membentuk moralitas, memperkuat identitas bangsa, dan mengembangkan karakter serta kepribadian yang kuat pada para praktisinya.

Selain itu Phashadja Mataram merupakan salah satu perguruan historis asli Yogyakarta yang memiliki sejarah dan tradisi yang kuat dalam pengembangan ilmu bela diri dan pembinaan anggotanya. Phashadja Mataram juga memiliki lambang yang memiliki makna dan ajaran untuk berkepribadian dan berperilaku.

"Jika ada kesalahan penulisan di nama Perguruan Pencak Silat dan tahun berdirinya, silahkan komentar di bawah ini atau kirim email kepada kami, kami akan segera mungkin akan meralat postingan ini."



Sumber : id.wikipedia.org

إرسال تعليق

Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Silakan sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kami telah mendeteksi bahwa Anda menggunakan pemblokiran iklan di browser Anda. Silahkan di nonaktifkan Adsblock-NYA!
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.