Sejarah Perguruan Pencak Silat Tiga Berantai Khas Betawi

LOGO TIGA BERANTAI

Baca juga

Perguruan seni beladiri tiga berantai didirikan pada tahun 1974 oleh Bapak H. Achmad Bunawar di Jakarta.
PENDIRI TIGA BERANTAI H. ACHMAD BUNAWAR

H. Achmad Bunawar yang biasa di panggil dengan babeh Mama, ini dari kecil telah di latih beladiri oleh kakeknya H. Musa ( yang mengajarkan jurus si sabar dan beberapa jurus lainnya), begitu juga dengan Bapaknya H. Muhasim yang turut mengajarkan beberapa ilmu beladiri pada anaknya ( Babeh Mama).
Ke dua orang tua (Kakek dan Bapak) beliaulah yang memperkenalkan dan mengajarkan dasar beladiri sampai beliau dewasa.
Setelah dewasa pun bapak H. Achmad Bunawar , memperdalam ilmu beladirinya hingga ia memiliki beberapa guru antara lain : Babeh Muhin, Pak Efendi, Sinse Yu Tek Cu, Dan yang terakhir belau belajar pada Bapak H. Abdurrahim.
Tiga Berantai terdiri atas tiga aliran besar ilmu silat: Si Macan, Si Tembak, dan Si Karet, yang merupakan penggabungan dari beberapa aliran.


Silat Tiga Berantai berasal dari permainan silat tokoh sejarah Jakarta, Pangeran Jayakarta. Tiga Berantai terdiri atas tiga aliran besar ilmu silat: Si Macan, Si Tembak, dan Si Karet.

Perguruan silat Tiga Berantai ini didirikan oleh H. Achmad Bunawar (H. Mamak) pada tahun 1974.

Si Macan adalah ilmu silat yang dimiliki dan diwariskan Pangeran Jayakarta, Cirinya adalah serangan cakar jari tangan dengan landasan tenaga dalam yang kuat. Dalam pertarungan, cakar digunakan untuk menyerang titik lemah musuh, seperti mata dan tenggorokan.

Si Tembak adalah ilmu silat yang diwariskan Pangeran Sugiri, kerabat Pangeran Jayakarta. Ciri khasnya adalah menggunakan pukulan telapak kedua belah tangan dengan posisi tubuh yang tegap dan kuda-kuda yang kuat. Pukulan telapak yang terbuka serta dialiri tenaga dalam itu dilakukan dengan cepat dan berkali-kali dengan kedua lengan saling memukul sehingga menimbulkan bunyi.

Si Karet, ilmu silat yang merupakan penggabungan dari berbagai aliran. Karakter gerakannya cepat dan keras serta memiliki variasi serangan dan gerak yang beragam.

Dengan warisan aliran silat yang begitu kaya, tidak mengherankan jika Tiga Berantai menjadi perguruan silat yang cukup disegani. Tiga Berantai, yang juga salah satu perguruan pendiri Ikatan Pencak Silat Indonesia, sering kali menguasai turnamen pencak silat dalam dan luar negeri serta telah mencetak banyak juara.

Juara nasional kategori seni dari Tiga Berantai, seperti Eko Wahyudi dan Uwais Qorni ( Iko Uwais ), sering kali mendapat undangan untuk pentas dan hadir di ajang atau event silat internasional yang diselenggarakan Persekutuan Silat Antar-Bangsa. Bahkan jenis silat ini digunakan Iko Uwais di dunia internasional dengan seni bela diri yang ditampilkan di film-film hollywood-nya.

"Jika ada kesalahan penulisan di nama Perguruan Pencak Silat dan tahun berdirinya, silahkan komentar di bawah ini atau kirim email kepada kami, kami akan segera mungkin akan meralat postingan ini."



Sumber : id.wikipedia.org

Post a Comment

Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Silakan sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kami telah mendeteksi bahwa Anda menggunakan pemblokiran iklan di browser Anda. Silahkan di nonaktifkan Adsblock-NYA!
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.