Kunci Jawaban Soal Modul 1 Bolehkan Memaksa

 

-- Sumber gambar : guru.kemdikbud.go.id --

Jawaban Soal Modul 1 Bolehkan Memaksa


Disiplin Positif

Baca juga

MODUL 1
Bolehkah Memaksa
Dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi serta di tinjau
oleh Andri Nurcahyani dan Irfan Amali

1. Dipaksa Dulu, Nanti Terbiasa
Latihan Pemahaman

SOAL!
1) Sebutkan dampak pemaksaan jangka panjang bagi murid?
A. Perilaku menjadi kebiasaan
B. Muncul ketertarikan karena dipaksa
C. Kemerdekaan berekspresi dan potensi murid terbatasi
D. Semua jawaban benar

Jawaban : C

CERITA REFLEKTIF
Pengalaman apa yang Anda ingat sampai sekarang ketika dipaksa melakukan sesuatu?

Jawab :
Awalnya berontak tetapi lama-kelamaan bisa memahami karena ternyata ada manfaatnya.

2. Motivasi Perilaku Menghindar Rasa Sakit/Hukuman
Latihan Pemahaman

SOAL!
1) Berikut cara guru mengatasi perilaku buruk murid, kecuali:
A. Tidak menghakimi murid
B. Menjadi pendengar yang baik
C. Membimbing murid untuk menyadari kesalahan
D. Menambah hukuman agar jera

Jawaban : D

2) Berikut merupakan pendisiplinan level 1:
A. Menerapkan lari keliling lapangan jika terlambat upacara
B. Mengganti pelanggaran dengan menulis janji dalam beberapa lembar
C. Menunjukkan tata tertib sekolah, agar murid sadar melanggarnya
D. Mengingatkan agar tidak diulangi lagi kesalahannya

Jawaban : A

CERITA REFLEKTIF
Apa hukuman yang Anda berikan terakhir kali kepada murid dan kapan kejadian itu terjadi?

Jawab :
Mengerjakan tugas di perpustakaan karena tidak mengerjakan PR, kemudian disuruh masuk setelah selesai mengerjakan. Terjadi semester lalu.

3. Motivasi Perilaku Menginginkan Hadiah atau Pujian
Latihan Pemahaman

SOAL!
Hadiah/pujian yang diberikan dapat menjadi motivasi melakukan sesuatu. Pujian/hadiah termasuk jenis motivasi?

A. Internal
B. Eksternal
C. Campuran
D. Semua jawaban benar

Jawaban : B

CERITA REFLEKTIF
Sebutkan pengalaman kegiatan yang Anda lakukan karena menginginkan hadiah/pujian?

Jawab :
Bisa menjawab pertanyaan guru di depan kelas.

4. Motivasi Perilaku Menghargai Diri
Latihan Pemahaman

SOAL!
Sejak kecil, Rian sudah terbiasa untuk belajar secara mandiri. Ada orang tuanya atau tidak, ia tetap belajar sesuai dengan waktu yang sudah ia tetapkan sendiri. Ia sudah memiliki motivasi internal dalam belajar. Motivasi internal efektif untuk menjaga diri kita untuk tetap disiplin, karena….
A. Orang lain tidak bisa mengatur kita
B. Motivasi internal bersifat jangka panjang
C. Kita hanya bisa mengatur diri kita sendiri
D. Semua jawaban benar

Jawaban : D

CERITA REFLEKTIF
Sebutkan kegiatan/aktivitas yang pernah anda lakukan karena motivasi internal?

Jawab :
Saat belajar di rumah tidak ada yang menyuruh.

5. Post Test
1) Simak percakapan berikut ini. “Kalau sudah besar kamu ingin menjadi apa, Nadia?” “Aku ingin menjadi dokter, karena aku ingin membahagiakan orang tuaku.” Alasan Nadia untuk menjadi dokter merupakan contoh dari ….
A. Menghindari rasa sakit
B. Mendapatkan kebahagiaan
C. Mengharapkan penghargaan
D. Menjadi orang yang diinginkan

Jawaban : D

2) Pada suatu hari, laptop Bapak Ahmad rusak dan ia belum sempat memperbaikinya. Padahal, hari tersebut ia menjadi pembicara dalam sebuah webinar. Lalu, ia meminjam laptop ke Ibu Ani. Sebetulnya Ibu Ani memerlukan laptopnya untuk menyelesaikan pekerjaan yang harus dikumpulkan pada hari tersebut. Namun, karena ia merasa berhutang budi kepada Pak Ahmad, pada akhirnya ia tetap meminjamkan laptopnya ke Pak Ahmad. Manakah yang merupakan alasan Ibu Ani dalam berperilaku?
A. Menghindari rasa sakit
B. Mendapatkan kebahagiaan
C. Mengharapkan penghargaan
D. Menjadi orang yang diinginkan

Jawaban : D

3) Kegiatan yang dapat dilakukan oleh guru agar murid-muridnya memiliki disiplin diri adalah ….
A. Mengingatkan murid-murid secara rutin dan terus menerus akan peraturan sekolah
B. Menegakkan peraturan dengan cara memberikan hadiah bagi murid yang paling disiplin
C. Berdiskusi secara terbuka dengan murid bagaimana mereka bisa memperbaiki kesalahan yang
mereka buat
D. Senantiasa memantau muridnya dan mengingatkan pada saat ada perilaku yang tidak sesuai dengan peraturan

Jawaban : C

4) Berikut adalah pertanyaan-pertanyaan yang dapat membantu murid untuk berperilaku dengan alasan menjadi orang yang didambakan, KECUALI ….
A. Nilai baik apa yang kamu percayai?
B. Apa tujuan yang ingin kamu capai?
C. Kamu ingin menjadi seseorang seperti apa?
D. Apa pendapat orang tentang dirimu pada saat kamu melakukan itu?

Jawaban : D
5) Andi selalu menjadi wakil sekolah dalam kegiatan olimpiade sains. Dia memang sangat menyukai pelajaran IPA dan selalu mendapatkan nilai hampir sempurna di rapor. Manakah alasan berikut ini yang
bisa membuat Andi senantiasa bersemangat secara internal dalam belajar dan mengikuti olimpiade sains?
A. Membanggakan orang tua
B. Membawa nama harum sekolah
C. Menjadi dikenal oleh guru-guru dan teman-teman di sekolah
D. Mewujudkan cita-citanya menjadi seorang ilmuwan yang berguna bagi masyarakat

Jawaban : D

6) Manakah pilihan di bawah ini yang merupakan contoh perilaku memaksa oleh guru ke murid?
A. Menambah nilai sebesar 10 poin untuk mengumpulkan tugas tepat waktu
B. Mengurangi nilai sebesar 10 poin untuk keterlambatan pengumpulan tugas
C. Menambah nilai sebesar 15 poin untuk pengumpulan tugas sebelum batas waktu
D. Semua jawaban benar

Jawaban : B

7) Menurut Diane Gossen, ada tiga alasan manusia dalam berperilaku. Berikut ini, manakah yang BUKAN merupakan alasan manusia dalam berperilaku?
A. Menghindari rasa sakit
B. Mendapatkan kebahagiaan
C. Mengharapkan penghargaan
D. Menjadi orang yang diinginkan

Jawaban : B

8) Perilaku memaksa TIDAK efektif untuk melatih murid untuk disiplin, karena ….
A. bersifat eksternal
B. ada konsekuensi langsung yang diterima
C. mendapatkan kepatuhan yang segera
D. perubahan perilaku langsung terlihat

Jawaban : A

9) Sebagai pendidik, kita sebaiknya menerapkan cara-cara yang dapat membantu murid menjadi termotivasi secara internal. Manakah yang BUKAN merupakan contoh dari membantu murid menjadi termotivasi secara internal?
A. Memandu murid mengidentifikasi cita-citanya
B. Memberi semangat kepada murid dengan kata-kata positif
C. Membantu murid menemukan cara-cara yang bisa membuat dirinya termotivasi
D. Mendorong murid untuk menemukan tokoh atau kisah yang bisa menjadi inspirasinya

Jawaban : B

10) Sejak kecil, Rian sudah terbiasa untuk belajar secara mandiri. Ada orang tuanya atau tidak, ia tetap belajar sesuai dengan waktu yang sudah ia tetapkan sendiri. Ia sudah memiliki motivasi internal dalam belajar. Motivasi internal efektif untuk menjaga diri kita untuk tetap disiplin, karena ….
A. Orang lain tidak bisa mengatur kita
B. Motivasi internal bersifat jangka panjang
C. Kita hanya bisa mengatur diri kita sendiri
D. Semua jawaban benar

Jawaban : D

"Semoga bermanfaat dan selesai mengerjakan Soal Pelatihan Mandiri Mengajar Merdeka."


Jika ingin Copy paste postingan ini, mohon untuk di sertakan sumber postingan aslinya dari kita seperti : (Sumber situs : finmediata.my.id)

إرسال تعليق

Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Silakan sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kami telah mendeteksi bahwa Anda menggunakan pemblokiran iklan di browser Anda. Silahkan di nonaktifkan Adsblock-NYA!
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.