-- Sumber gambar : guru.kemdikbud.go.id --
Jawaban Soal Modul 1 Bolehkan Memaksa
Disiplin Positif
Baca juga
MODUL 1
Bolehkah Memaksa
Dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi serta di tinjau
oleh Andri Nurcahyani dan Irfan Amali
1. Dipaksa Dulu, Nanti Terbiasa
Latihan Pemahaman
SOAL!
1) Sebutkan dampak pemaksaan jangka panjang bagi murid?
A. Perilaku menjadi kebiasaanB. Muncul ketertarikan karena dipaksaC. Kemerdekaan berekspresi dan potensi murid terbatasiD. Semua jawaban benar
Jawaban : C
CERITA REFLEKTIF
Pengalaman apa yang Anda ingat sampai sekarang ketika dipaksa melakukan sesuatu?
Jawab :
Awalnya berontak tetapi lama-kelamaan bisa memahami karena ternyata ada manfaatnya.
2. Motivasi Perilaku Menghindar Rasa Sakit/Hukuman
Latihan Pemahaman
SOAL!
1) Berikut cara guru mengatasi perilaku buruk murid, kecuali:
A. Tidak menghakimi muridB. Menjadi pendengar yang baikC. Membimbing murid untuk menyadari kesalahanD. Menambah hukuman agar jera
Jawaban : D
2) Berikut merupakan pendisiplinan level 1:
A. Menerapkan lari keliling lapangan jika terlambat upacaraB. Mengganti pelanggaran dengan menulis janji dalam beberapa lembarC. Menunjukkan tata tertib sekolah, agar murid sadar melanggarnyaD. Mengingatkan agar tidak diulangi lagi kesalahannya
Jawaban : A
CERITA REFLEKTIF
Apa hukuman yang Anda berikan terakhir kali kepada murid dan kapan kejadian itu terjadi?
Jawab :
Mengerjakan tugas di perpustakaan karena tidak mengerjakan PR, kemudian disuruh masuk setelah selesai mengerjakan. Terjadi semester lalu.
3. Motivasi Perilaku Menginginkan Hadiah atau Pujian
Latihan Pemahaman
SOAL!
Hadiah/pujian yang diberikan dapat menjadi motivasi melakukan sesuatu. Pujian/hadiah termasuk jenis motivasi?
A. Internal
B. Eksternal
C. Campuran
D. Semua jawaban benar
Jawaban : B
CERITA REFLEKTIF
Sebutkan pengalaman kegiatan yang Anda lakukan karena menginginkan hadiah/pujian?
Jawab :
Bisa menjawab pertanyaan guru di depan kelas.
4. Motivasi Perilaku Menghargai Diri
Latihan Pemahaman
SOAL!
Sejak kecil, Rian sudah terbiasa untuk belajar secara mandiri. Ada orang tuanya atau tidak, ia tetap belajar sesuai dengan waktu yang sudah ia tetapkan sendiri. Ia sudah memiliki motivasi internal dalam belajar. Motivasi internal efektif untuk menjaga diri kita untuk tetap disiplin, karena….
A. Orang lain tidak bisa mengatur kita
B. Motivasi internal bersifat jangka panjang
C. Kita hanya bisa mengatur diri kita sendiri
D. Semua jawaban benar
Jawaban : D
CERITA REFLEKTIF
Sebutkan kegiatan/aktivitas yang pernah anda lakukan karena motivasi internal?
Jawab :
Saat belajar di rumah tidak ada yang menyuruh.
5. Post Test
1) Simak percakapan berikut ini. “Kalau sudah besar kamu ingin menjadi apa, Nadia?” “Aku ingin menjadi dokter, karena aku ingin membahagiakan orang tuaku.” Alasan Nadia untuk menjadi dokter merupakan contoh dari ….
A. Menghindari rasa sakitB. Mendapatkan kebahagiaanC. Mengharapkan penghargaanD. Menjadi orang yang diinginkan
Jawaban : D
2) Pada suatu hari, laptop Bapak Ahmad rusak dan ia belum sempat memperbaikinya. Padahal, hari tersebut ia menjadi pembicara dalam sebuah webinar. Lalu, ia meminjam laptop ke Ibu Ani. Sebetulnya Ibu Ani memerlukan laptopnya untuk menyelesaikan pekerjaan yang harus dikumpulkan pada hari tersebut. Namun, karena ia merasa berhutang budi kepada Pak Ahmad, pada akhirnya ia tetap meminjamkan laptopnya ke Pak Ahmad. Manakah yang merupakan alasan Ibu Ani dalam berperilaku?
A. Menghindari rasa sakitB. Mendapatkan kebahagiaanC. Mengharapkan penghargaanD. Menjadi orang yang diinginkan
Jawaban : D
3) Kegiatan yang dapat dilakukan oleh guru agar murid-muridnya memiliki disiplin diri adalah ….
A. Mengingatkan murid-murid secara rutin dan terus menerus akan peraturan sekolahB. Menegakkan peraturan dengan cara memberikan hadiah bagi murid yang paling disiplinC. Berdiskusi secara terbuka dengan murid bagaimana mereka bisa memperbaiki kesalahan yangmereka buatD. Senantiasa memantau muridnya dan mengingatkan pada saat ada perilaku yang tidak sesuai dengan peraturan
Jawaban : C
4) Berikut adalah pertanyaan-pertanyaan yang dapat membantu murid untuk berperilaku dengan alasan menjadi orang yang didambakan, KECUALI ….
A. Nilai baik apa yang kamu percayai?B. Apa tujuan yang ingin kamu capai?C. Kamu ingin menjadi seseorang seperti apa?D. Apa pendapat orang tentang dirimu pada saat kamu melakukan itu?
Jawaban : D
5) Andi selalu menjadi wakil sekolah dalam kegiatan olimpiade sains. Dia memang sangat menyukai pelajaran IPA dan selalu mendapatkan nilai hampir sempurna di rapor. Manakah alasan berikut ini yang
bisa membuat Andi senantiasa bersemangat secara internal dalam belajar dan mengikuti olimpiade sains?
A. Membanggakan orang tuaB. Membawa nama harum sekolahC. Menjadi dikenal oleh guru-guru dan teman-teman di sekolahD. Mewujudkan cita-citanya menjadi seorang ilmuwan yang berguna bagi masyarakat
Jawaban : D
6) Manakah pilihan di bawah ini yang merupakan contoh perilaku memaksa oleh guru ke murid?
A. Menambah nilai sebesar 10 poin untuk mengumpulkan tugas tepat waktuB. Mengurangi nilai sebesar 10 poin untuk keterlambatan pengumpulan tugasC. Menambah nilai sebesar 15 poin untuk pengumpulan tugas sebelum batas waktuD. Semua jawaban benar
Jawaban : B
7) Menurut Diane Gossen, ada tiga alasan manusia dalam berperilaku. Berikut ini, manakah yang BUKAN merupakan alasan manusia dalam berperilaku?
A. Menghindari rasa sakitB. Mendapatkan kebahagiaanC. Mengharapkan penghargaanD. Menjadi orang yang diinginkan
Jawaban : B
8) Perilaku memaksa TIDAK efektif untuk melatih murid untuk disiplin, karena ….
A. bersifat eksternalB. ada konsekuensi langsung yang diterimaC. mendapatkan kepatuhan yang segeraD. perubahan perilaku langsung terlihat
Jawaban : A
9) Sebagai pendidik, kita sebaiknya menerapkan cara-cara yang dapat membantu murid menjadi termotivasi secara internal. Manakah yang BUKAN merupakan contoh dari membantu murid menjadi termotivasi secara internal?
A. Memandu murid mengidentifikasi cita-citanyaB. Memberi semangat kepada murid dengan kata-kata positifC. Membantu murid menemukan cara-cara yang bisa membuat dirinya termotivasiD. Mendorong murid untuk menemukan tokoh atau kisah yang bisa menjadi inspirasinya
Jawaban : B
10) Sejak kecil, Rian sudah terbiasa untuk belajar secara mandiri. Ada orang tuanya atau tidak, ia tetap belajar sesuai dengan waktu yang sudah ia tetapkan sendiri. Ia sudah memiliki motivasi internal dalam belajar. Motivasi internal efektif untuk menjaga diri kita untuk tetap disiplin, karena ….
A. Orang lain tidak bisa mengatur kitaB. Motivasi internal bersifat jangka panjangC. Kita hanya bisa mengatur diri kita sendiriD. Semua jawaban benar
Jawaban : D
"Semoga bermanfaat dan selesai mengerjakan Soal Pelatihan Mandiri Mengajar Merdeka."
Jika ingin Copy paste postingan ini, mohon untuk di sertakan sumber postingan aslinya dari kita seperti : (Sumber situs : finmediata.my.id)