-- Sumber gambar : guru.kemdikbud.go.id --
Jawaban Soal Modul 1 Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (SD/Paket A, SMP/Paket B, SMA/K/Paket C)
Perencanaan Pembelajaran SD (Paket A)
Baca juga
MODUL 1
Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (SD/Paket A, SMP/Paket B, SMA/K/Paket C/)
Dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi serta ditinjau oleh Simon Rafael dan Monika Irayati.
1. Visi Misi dan Budaya Satuan Pendidikan
Latihan Pemahaman
Pada pilihan berikut, pernyataan yang salah mengenai visi dan misi yaitu:
A. Visi adalah gambaran masa depan.B. Misi dituliskan dalam kalimat tindakan.C. Visi bersifat realistis, kredibel, dan atraktif.D. Visi tidak harus selalu ideal.
Jawaban : D
Budaya sekolah ditentukan oleh:
A. Pemerintah daerahB. Kepala sekolah dan manajemen sekolahC. Perwakilan seluruh warga sekolahD. Guru bersama perwakilan orang tua
Jawaban : C
CERITA REFLEKTIF
Jika boleh berandai-andai, sekolah impian Ibu dan Bapak Guru itu sekolah yang bagaimana?
Jawab :
Menurut saya, sekolah impian adalah sekolah yang mengedepankan pendidikan karakter. Dimana proses menguatkan nilai budi pekerti dan nilai-nilai moral menjadi hal yang wajib dilakukan pada dunia pendidikan.
2. Memahami Capaian Pembelajaran
Latihan Pemahaman
SOAL!
Naskah CP terdiri dari….
A. Rasional, tujuan, karakteristik, dan mata pelajaranB. Rasional, tujuan, alur, dan capaian pembelajaranC. Rasional, tujuan, karakteristik, dan capaian pembelajaranD. Rasional, alur, karakteristik, dan profil pelajar pancasila
Jawaban : C
Berikut ini adalah elemen yang ada dalam naskah capaian pembelajaran, kecuali …
A. Tujuan Mata PelajaranB. Indikator Mata PelajaranC. Karakteristik Mata PelajaranD. Rasional Mata Pelajaran
Jawaban : B
CERITA REFLEKTIF
Apa hal baru yang Anda dapatkan saat membaca Capaian Pembelajaran untuk mata pelajaran yang Anda ampu?
Jawab :
Hal yang didapatkan setelah membaca capaian pembelajaraan untuk mata pelajaran yang diampu adalah:
- Mendapatkan informasi tentang tingkat kesuksesan pembelajaran yang diserap oleh siswa.
- Mendapatkan informasi tentang kesulitan pembelajaran siswa.
- Mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk melakukan evaluasi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
3. Merumuskan Tujuan Pembelajaran
Latihan Pemahaman
Tujuan Pembelajaran dikembangkan dari...
A. Kompetensi dasarB. Lingkup materiC. Capaian pembelajaranD. Alur tujuan pembelajaran
Jawaban : C
Hal yang diidentifikasi saat merumuskan tujuan pembelajaran dengan cara alternatif ke-2 adalah:
A. KompetensiB. Lingkup materiC. Elemen mata pelajaranD. Lingkup materi dan kompetensi
Jawaban : D
CERITA REFLEKTIF
Sebelumnya, bagaimana cara Anda merumuskan Tujuan Pembelajaran? Apakah cara tersebut masih dapat digunakan?
Jawab :
Salah satu hal penting yang bisa menentukan kesuksesan dari kegiatan belajar mengajar adalah penetapan tujuan pembelajaran.
Berikut adalah aspek yang diperhatikan dalam merumuskan tujuan pembelajaran yang hingga saat ini masih bisa digunakan:
- Audience: menjadikan siswa sebagai fokus utama dalam penentuan tujuan pembelajaran.
- Behavior: melihat sikap dan juga reaksi siswa ketika diberikan suatu materi pelajaran.
- Condition: melihat keadaan sebelum dan sesudah dari para siswa saat pemberian materi pelajaran. Melihat kondisi ini bisa kita lakukan dengan memberikan pertanyaan kepada siswa atau memberikan
- kegiatan kepada siswa sehingga materi kunci pelajaran bisa tersampaikan dengan efektif.
- Degree: melihat tingkat kepahaman siswa sebelum dan juga setelah diberikan materi pelajaran. Kita bisa memberikan latihan atau kuis untuk melihat tingkat pengetahuan dari para siswa.
4. Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran
Latihan Pemahaman
Peran yang dapat
dipilih pendidik dalam kaitan dengan ATP adalah…
A. Merancang sendiri berdasarkan CP.
B. Mengembangkan dan memodifikasi contoh yang disediakan.
C. Menggunakan contoh yang disediakan pemerintah.
D. Semua Benar.
Jawaban : D
Langkah pertama yang dilakukan saat menyusun ATP adalah berdiskusi terlebih dahulu dengan guru 1 fase.
A. Benar
B. Salah
Jawaban : A
CERITA REFLEKTIF
Apa pemahaman baru yang Anda dapatkan mengenai alur tujuan pembelajaran?
Jawab :
Merumuskan tujuan apa saja yang harus di tempuh oleh murid.
Tujuan pembelajaran merupakan sebuah tujuan yang menggambarkan pengetahuan, kemampuan, keterampilan, dan juga sikap yang harus dimiliki siswa sebagai akibat dari hasil pembelajaran yang dinyatakan dalam bentuk tingkah laku yang dapat diamati dan juga diukur.
Tujuan pembelajaran adalah deskripsi dari pencapaian tiga aspek kompetensi, yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap, yang dapat diperoleh murid dalam satu atau lebih dari kegiatan pembelajaran.
2. Post Test
1) Bu Ani sedang mempelajari modul ajar prakarya pengolahan yang didapat dari Platform Merdeka Mengajar. Modul tersebut membahas teknik pengawetan dengan metode pengasinan. Contoh Salah satu kegiatan yang ada di modul ajar tersebut adalah cara membuat ikan asin secara tradisional. Sekolah Bu Ani berada di daerah pertanian yang jauh dari laut sehingga kesulitan untuk melakukan kegiatan yang sama dengan modul ajar tersebut. Salah satu hasil alam yang melimpah di daerah Bu Ani adalah sawi. Apa yang bisa dilakukan oleh Bu Ani terkait hal ini sehingga aktivitas pada modul ajar tersebut menjadi kontkestual?
A. Mengajak peserta didik untuk tetap mempraktikan cara membuat ikan asin.B. Mengajak peserta didik untuk mempraktikkan cara membuat sawi asin.C. Mengajak peserta didik untuk studi wisata ke daerah pembuat ikan asin.D. Mengajak peserta didik untuk melihat tayangan video terkait pembuatan ikan asin.
Jawaban : B
2) Lingkungan belajar yang nyaman dapat diwujudkan dengan mewujudkan Budaya Sekolah yang
positif. Berikut yang bukan merupakan Faktor yang mempengaruhi Budaya Sekolah yang positif adalah . . . .
A. Asumsi-asumsi dasar yang dipegang oleh seluruh warga sekolahB. Norma yang berlaku di lingkungan masyarakatC. Keyakinan yang dipegang oleh seluruh warga sekolahD. Asumsi pribadi dari salah satu pemangku kepentingan
Jawaban : C
3) Hal yang perlu dilakukan sebelum menyusun alur tujuan pembelajaran adalah ....
A. Menentukan metode pembelajaranB. Menentukan rencana asesmenC. Menentukan kedalaman materiD. Mempelajari dan menguraikan CPE. Menentukan produk akhir
Jawaban : A
4) Mengapa penting untuk menciptakan lingkungan yang nyaman melalui budaya sekolah yang positif?
A. Agar peserta didik tidak melanggar aturan sekolah.B. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.C. Untuk menurunkan jumlah peserta didik yang bermasalah.D. Untuk menegakkan aturan sekolah dengan tegas
Jawaban : B
5) Bu Ani sedang berdiskusi dengan teman guru kelas 1 dan 2. Mereka sedang mencoba untuk merancanng kegiatan pembelajaran selama setahun, namun mereka bingung harus memulai dari mana dan berpedoman pada dokumen yang mana sebagai langkah pertama mereka, mengingat sekolah mereka baru saja menyelesaikan revisi visi dan misi. Menurut Ibu dan Bapak dokumen pertama yang perlu mereka miliki sehingga modul pembelajaran yang dihasilkan sesuai dengan konteksnya adalah...
A. Dokumen Capaian PembelajaranB. Dokumen panduan pengembangan ProjekC. Dokumen Dimensi Profil Pelajar PancasilaD. Dokumen panduan pengembangan kurikulum
Jawaban : D
6) Bagaimana pelaksanaan prinsip penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran yang kontekstual?
A. Fokus pada salah satu materi penting sajaB. Memperhatikan hubungan antar tujuan pembelajaranC. Fokus pada salah satu capaian kompetensi sajaD. Memperhatikan kebutuhan belajar peserta didik
Jawaban : C
7) Langkah pertama yang harus dilakukan ketika menulis tujuan pembelajaran dengan alternatif kedua adalah…
A. Mengidentifikasi kata kunci pada CPB. Mengelompokan hasil identifikasi sesuai kompetensi dan lingkup materinyaC. Merumuskan tujuan pembelajaranD. Memetakan Alur Tujuan Pembelajaran
Jawaban : A
8) Level taksonomi Marzano yang tertinggi adalah
A. Pemahaman
B. Analisis
C. Sistem diri
D. Metakognisi
Jawaban : C
9) Bu Maria mengajar IPS di Fase D. Saat menyusun ATP, Bu Maria dan rekan guru IPS dari kelas 7-9 mengatur agar tujuan pembelajaran yang lebih komleks di ajarkan di kelas 8 dan 9. Mereka memfokuskan kelas 7 untk pembelajaran yang lebih sederhana agar ada ruang bagi gur kelas 7 untuk membimbing murid-murid yang masih menyesuaikan dari fase C ke fase D. Metode pengurutan yang dilakukan oleh Bu Maria dan timnya adalah…
A. ScaffoldingB. Pengurutan DeduktifC. Pengurutan dari mudah ke yang lebih sulitD. Pengurutan dari yang konkret ke yang abstrak
Jawaban : C
10) Untuk mengajarkan pembagian kepada peserta didik, Bu Sara mengajarkan pengurangan kepada peserta didik . Metode pengurutan konten yang dilakukan oleh Bu Sara adalah . . .
A. Pengurutan konkret - abstrakB. Pengurutan deduktifC. Pengurutan hierarkiD. Pengurutan mudah - sulit
Jawaban : C
11) Dalam pembelajaran Fisika, Bu Sara menyusun Alur Tujuan Pembalajaran dimulai dari mengenal satuan internasional, vektor, Gerak Lurus Beraturan, Gerak Lurus Berubah Beraturan. Metode pengurutan yang dilakukan oleh Bu Sara adalah . . . .
A. Pengurutan konkret – abstrakB. Pengurutan deduktifC. Pengurutan hierarkiD. Pengurutan mudah – sulit
Jawaban : D
12) Metode pengurutan yang meningkatkan standar performa sekaligus mengurangi bantuan secara bertahap merupakan penjelasan metode dalam penyusunan ATP yaitu…
A. Pengurutan DeduktifB. Pengurutan HierarkiC. Pengurutan ProseduralD. Scaffolding
Jawaban : D
13) Dalam penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran geografi, Pak Andi memulai dari Tujuan Pembelajaran mengenai peta secara umum sebelum melanjutkan dengan Tujuan Pembelajaran mengenai peta-peta tematik. Metode penyusunan ATP yang digunakan oleh Pak Andi adalah . . . .
A. Pengurutan konkret - abstrakB. Pengurutan deduktifC. Pengurutan procedural XD. Pengurutan mudah – sulit
Jawaban : A
14) Berikut ini yang BUKAN merupakan informasi yang bisa ditemukan pada Capaian pembelajaran adalah . . . .
A. Konten materi yang perlu dikuasai oleh peserta didikB. Kompetensi yang harus dimiliki oleh peserta didikC. Tujuan akhir pembelajaran yang harus dicapai peserta didikD. Jenis asesmen yang harus diberikan kepada peserta didik
Jawaban : D
15) Perhatikan langkah dalam penyusunan visi dan misi sekolah berikut:
- Wawancara.
- Pemilihan informasi yang relevan.
- Analisis karakteristik atau konteks sekolah.
- Merumuskan misi sekolah.
- Merumuskan visi sekolah.
Urutan yang tepat dalam menyusun visi dan misi sekolah
adalah....
A. 1-2-3-4-5.
B. 1-2-3-5-4.
C. 2-1-3-5-4.
D. 2-1-5-4-3.
E. 1-3-2-4-5.
Jawaban : B
16) Berikut ini yang BUKAN merupakan alternatif dalam merumuskan Tujuan Pembelajaran adalah...
A. Merumuskan tujuan pembelajaran secara langsung berdasarkan CP.B. Merumuskan tujuan pembelajaran dengan menganalisis kompetensi dan lingkup Materi pada CP.C. Merumuskan tujuan pembelajaran Lintas Elemen CP.D. Merumuskan tujuan pembelajaran sesuai dengan keinginan pendidik
Jawaban : B
"Semoga bermanfaat dan selesai mengerjakan Soal Pelatihan Mandiri Mengajar Merdeka."
Jika ingin Copy paste postingan ini, mohon untuk di sertakan sumber postingan aslinya dari kita seperti : (Sumber situs : finmediata.my.id)