Kunci Jawaban Soal Modul 1 Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (SD/Paket A, SMP/Paket B, SMA/K/Paket C)

-- Sumber gambar : guru.kemdikbud.go.id --

Jawaban Soal Modul 1 Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (SD/Paket A, SMP/Paket B, SMA/K/Paket C)

Perencanaan Pembelajaran SD (Paket A)

Baca juga

MODUL 1
Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (SD/Paket A, SMP/Paket B, SMA/K/Paket C/)
Dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi serta ditinjau oleh Simon Rafael dan Monika Irayati.

1. Visi Misi dan Budaya Satuan Pendidikan
Latihan Pemahaman

Pada pilihan berikut, pernyataan yang salah mengenai visi dan misi yaitu:
A. Visi adalah gambaran masa depan.
B. Misi dituliskan dalam kalimat tindakan.
C. Visi bersifat realistis, kredibel, dan atraktif.
D. Visi tidak harus selalu ideal.

Jawaban : D

Budaya sekolah ditentukan oleh:
A. Pemerintah daerah
B. Kepala sekolah dan manajemen sekolah
C. Perwakilan seluruh warga sekolah
D. Guru bersama perwakilan orang tua

Jawaban : C

CERITA REFLEKTIF
Jika boleh berandai-andai, sekolah impian Ibu dan Bapak Guru itu sekolah yang bagaimana?

Jawab :
Menurut saya, sekolah impian adalah sekolah yang mengedepankan pendidikan karakter. Dimana proses menguatkan nilai budi pekerti dan nilai-nilai moral menjadi hal yang wajib dilakukan pada dunia pendidikan.

2. Memahami Capaian Pembelajaran
Latihan Pemahaman

SOAL!
Naskah CP terdiri dari….
A. Rasional, tujuan, karakteristik, dan mata pelajaran
B. Rasional, tujuan, alur, dan capaian pembelajaran
C. Rasional, tujuan, karakteristik, dan capaian pembelajaran
D. Rasional, alur, karakteristik, dan profil pelajar pancasila

Jawaban : C

Berikut ini adalah elemen yang ada dalam naskah capaian pembelajaran, kecuali …
A. Tujuan Mata Pelajaran
B. Indikator Mata Pelajaran
C. Karakteristik Mata Pelajaran
D. Rasional Mata Pelajaran

Jawaban : B

CERITA REFLEKTIF
Apa hal baru yang Anda dapatkan saat membaca Capaian Pembelajaran untuk mata pelajaran yang Anda ampu?

Jawab :
Hal yang didapatkan setelah membaca capaian pembelajaraan untuk mata pelajaran yang diampu adalah:
  1. Mendapatkan informasi tentang tingkat kesuksesan pembelajaran yang diserap oleh siswa.
  2. Mendapatkan informasi tentang kesulitan pembelajaran siswa.
  3. Mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk melakukan evaluasi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
3. Merumuskan Tujuan Pembelajaran
Latihan Pemahaman

Tujuan Pembelajaran dikembangkan dari...
A. Kompetensi dasar
B. Lingkup materi
C. Capaian pembelajaran
D. Alur tujuan pembelajaran

Jawaban : C

Hal yang diidentifikasi saat merumuskan tujuan pembelajaran dengan cara alternatif ke-2 adalah:
A. Kompetensi
B. Lingkup materi
C. Elemen mata pelajaran
D. Lingkup materi dan kompetensi

Jawaban : D

CERITA REFLEKTIF
Sebelumnya, bagaimana cara Anda merumuskan Tujuan Pembelajaran? Apakah cara tersebut masih dapat digunakan?

Jawab :
Salah satu hal penting yang bisa menentukan kesuksesan dari kegiatan belajar mengajar adalah penetapan tujuan pembelajaran. 
Berikut adalah aspek yang diperhatikan dalam merumuskan tujuan pembelajaran yang hingga saat ini masih bisa digunakan:
  • Audience: menjadikan siswa sebagai fokus utama dalam penentuan tujuan pembelajaran.
  • Behavior: melihat sikap dan juga reaksi siswa ketika diberikan suatu materi pelajaran.
  • Condition: melihat keadaan sebelum dan sesudah dari para siswa saat pemberian materi pelajaran. Melihat kondisi ini bisa kita lakukan dengan memberikan pertanyaan kepada siswa atau memberikan
  • kegiatan kepada siswa sehingga materi kunci pelajaran bisa tersampaikan dengan efektif.
  • Degree: melihat tingkat kepahaman siswa sebelum dan juga setelah diberikan materi pelajaran. Kita bisa memberikan latihan atau kuis untuk melihat tingkat pengetahuan dari para siswa.
4. Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran
Latihan Pemahaman

Peran yang dapat
dipilih pendidik dalam kaitan dengan ATP adalah…
A. Merancang sendiri berdasarkan CP.
B. Mengembangkan dan memodifikasi contoh yang disediakan.
C. Menggunakan contoh yang disediakan pemerintah.
D. Semua Benar.

Jawaban : D

Langkah pertama yang dilakukan saat menyusun ATP adalah berdiskusi terlebih dahulu dengan guru 1 fase.
A. Benar
B. Salah

Jawaban : A

CERITA REFLEKTIF
Apa pemahaman baru yang Anda dapatkan mengenai alur tujuan pembelajaran?

Jawab :
Merumuskan tujuan apa saja yang harus di tempuh oleh murid.
Tujuan pembelajaran merupakan sebuah tujuan yang menggambarkan pengetahuan, kemampuan, keterampilan, dan juga sikap yang harus dimiliki siswa sebagai akibat dari hasil pembelajaran yang dinyatakan dalam bentuk tingkah laku yang dapat diamati dan juga diukur.
Tujuan pembelajaran adalah deskripsi dari pencapaian tiga aspek kompetensi, yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap, yang dapat diperoleh murid dalam satu atau lebih dari kegiatan pembelajaran.

2. Post Test
1) Bu Ani sedang mempelajari modul ajar prakarya pengolahan yang didapat dari Platform Merdeka Mengajar. Modul tersebut membahas teknik pengawetan dengan metode pengasinan. Contoh Salah satu kegiatan yang ada di modul ajar tersebut adalah cara membuat ikan asin secara tradisional. Sekolah Bu Ani berada di daerah pertanian yang jauh dari laut sehingga kesulitan untuk melakukan kegiatan yang sama dengan modul ajar tersebut. Salah satu hasil alam yang melimpah di daerah Bu Ani adalah sawi. Apa yang bisa dilakukan oleh Bu Ani terkait hal ini sehingga aktivitas pada modul ajar tersebut menjadi kontkestual?
A. Mengajak peserta didik untuk tetap mempraktikan cara membuat ikan asin.
B. Mengajak peserta didik untuk mempraktikkan cara membuat sawi asin.
C. Mengajak peserta didik untuk studi wisata ke daerah pembuat ikan asin.
D. Mengajak peserta didik untuk melihat tayangan video terkait pembuatan ikan asin.

Jawaban : B

2) Lingkungan belajar yang nyaman dapat diwujudkan dengan mewujudkan Budaya Sekolah yang
positif. Berikut yang bukan merupakan Faktor yang mempengaruhi Budaya Sekolah yang positif adalah . . . .
A. Asumsi-asumsi dasar yang dipegang oleh seluruh warga sekolah
B. Norma yang berlaku di lingkungan masyarakat
C. Keyakinan yang dipegang oleh seluruh warga sekolah
D. Asumsi pribadi dari salah satu pemangku kepentingan

Jawaban : C

3) Hal yang perlu dilakukan sebelum menyusun alur tujuan pembelajaran adalah ....
A. Menentukan metode pembelajaran
B. Menentukan rencana asesmen
C. Menentukan kedalaman materi
D. Mempelajari dan menguraikan CP
E. Menentukan produk akhir

Jawaban : A

4) Mengapa penting untuk menciptakan lingkungan yang nyaman melalui budaya sekolah yang positif?
A. Agar peserta didik tidak melanggar aturan sekolah.
B. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
C. Untuk menurunkan jumlah peserta didik yang bermasalah.
D. Untuk menegakkan aturan sekolah dengan tegas

Jawaban : B

5) Bu Ani sedang berdiskusi dengan teman guru kelas 1 dan 2. Mereka sedang mencoba untuk merancanng kegiatan pembelajaran selama setahun, namun mereka bingung harus memulai dari mana dan berpedoman pada dokumen yang mana sebagai langkah pertama mereka, mengingat sekolah mereka baru saja menyelesaikan revisi visi dan misi. Menurut Ibu dan Bapak dokumen pertama yang perlu mereka miliki sehingga modul pembelajaran yang dihasilkan sesuai dengan konteksnya adalah...
A. Dokumen Capaian Pembelajaran
B. Dokumen panduan pengembangan Projek
C. Dokumen Dimensi Profil Pelajar Pancasila
D. Dokumen panduan pengembangan kurikulum

Jawaban : D

6) Bagaimana pelaksanaan prinsip penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran yang kontekstual?
A. Fokus pada salah satu materi penting saja
B. Memperhatikan hubungan antar tujuan pembelajaran
C. Fokus pada salah satu capaian kompetensi saja
D. Memperhatikan kebutuhan belajar peserta didik

Jawaban : C

7) Langkah pertama yang harus dilakukan ketika menulis tujuan pembelajaran dengan alternatif kedua adalah…
A. Mengidentifikasi kata kunci pada CP
B. Mengelompokan hasil identifikasi sesuai kompetensi dan lingkup materinya
C. Merumuskan tujuan pembelajaran
D. Memetakan Alur Tujuan Pembelajaran

Jawaban : A

8) Level taksonomi Marzano yang tertinggi adalah
    A. Pemahaman
    B. Analisis
    C. Sistem diri
    D. Metakognisi

Jawaban : C

9) Bu Maria mengajar IPS di Fase D. Saat menyusun ATP, Bu Maria dan rekan guru IPS dari kelas 7-9 mengatur agar tujuan pembelajaran yang lebih komleks di ajarkan di kelas 8 dan 9. Mereka memfokuskan kelas 7 untk pembelajaran yang lebih sederhana agar ada ruang bagi gur kelas 7 untuk membimbing murid-murid yang masih menyesuaikan dari fase C ke fase D. Metode pengurutan yang dilakukan oleh Bu Maria dan timnya adalah…
A. Scaffolding
B. Pengurutan Deduktif
C. Pengurutan dari mudah ke yang lebih sulit
D. Pengurutan dari yang konkret ke yang abstrak

Jawaban : C

10) Untuk mengajarkan pembagian kepada peserta didik, Bu Sara mengajarkan pengurangan kepada peserta didik . Metode pengurutan konten yang dilakukan oleh Bu Sara adalah . . .
A. Pengurutan konkret - abstrak
B. Pengurutan deduktif
C. Pengurutan hierarki
D. Pengurutan mudah - sulit

Jawaban : C

11) Dalam pembelajaran Fisika, Bu Sara menyusun Alur Tujuan Pembalajaran dimulai dari mengenal satuan internasional, vektor, Gerak Lurus Beraturan, Gerak Lurus Berubah Beraturan. Metode pengurutan yang dilakukan oleh Bu Sara adalah . . . .
A. Pengurutan konkret – abstrak
B. Pengurutan deduktif
C. Pengurutan hierarki
D. Pengurutan mudah – sulit

Jawaban : D

12) Metode pengurutan yang meningkatkan standar performa sekaligus mengurangi bantuan secara bertahap merupakan penjelasan metode dalam penyusunan ATP yaitu…
A. Pengurutan Deduktif
B. Pengurutan Hierarki
C. Pengurutan Prosedural
D. Scaffolding

Jawaban : D

13) Dalam penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran geografi, Pak Andi memulai dari Tujuan Pembelajaran mengenai peta secara umum sebelum melanjutkan dengan Tujuan Pembelajaran mengenai peta-peta tematik. Metode penyusunan ATP yang digunakan oleh Pak Andi adalah . . . .
A. Pengurutan konkret - abstrak
B. Pengurutan deduktif
C. Pengurutan procedural X
D. Pengurutan mudah – sulit

Jawaban : A

14) Berikut ini yang BUKAN merupakan informasi yang bisa ditemukan pada Capaian pembelajaran adalah . . . .

A. Konten materi yang perlu dikuasai oleh peserta didik
B. Kompetensi yang harus dimiliki oleh peserta didik
C. Tujuan akhir pembelajaran yang harus dicapai peserta didik
D. Jenis asesmen yang harus diberikan kepada peserta didik

Jawaban : D

15) Perhatikan langkah dalam penyusunan visi dan misi sekolah berikut:
  1. Wawancara.
  2. Pemilihan informasi yang relevan.
  3. Analisis karakteristik atau konteks sekolah.
  4. Merumuskan misi sekolah.
  5. Merumuskan visi sekolah.
Urutan yang tepat dalam menyusun visi dan misi sekolah
adalah....
A. 1-2-3-4-5.
B. 1-2-3-5-4.
C. 2-1-3-5-4.
D. 2-1-5-4-3.
E. 1-3-2-4-5.

Jawaban : B

16) Berikut ini yang BUKAN merupakan alternatif dalam merumuskan Tujuan Pembelajaran adalah...
A. Merumuskan tujuan pembelajaran secara langsung berdasarkan CP.
B. Merumuskan tujuan pembelajaran dengan menganalisis kompetensi dan lingkup Materi pada CP.
C. Merumuskan tujuan pembelajaran Lintas Elemen CP.
D. Merumuskan tujuan pembelajaran sesuai dengan keinginan pendidik

Jawaban : B

"Semoga bermanfaat dan selesai mengerjakan Soal Pelatihan Mandiri Mengajar Merdeka."


Jika ingin Copy paste postingan ini, mohon untuk di sertakan sumber postingan aslinya dari kita seperti : (Sumber situs : finmediata.my.id)

إرسال تعليق

Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Silakan sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kami telah mendeteksi bahwa Anda menggunakan pemblokiran iklan di browser Anda. Silahkan di nonaktifkan Adsblock-NYA!
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.