Kunci Jawaban Soal Modul 1 Makna Kurikulum dalam Pendidikan

-- Sumber gambar : guru.kemdikbud.go.id --

Jawaban Soal Modul 1 Makna Kurikulum dalam Pendidikan

Kurikulum Merdeka

Baca juga

MODUL 1
Makna Kurikulum dalam Pendidikan
Dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi serta ditinjau oleh Itje Chodijah.

Daftar Materi

1. Tentang Kurikulum
Latihan Pemahaman

SOAL!
1) Hal Apa yang Sepatutnya Menjadi Acuan Utama Kurikulum?
A. Murid
B. Peraturan pemerintah
C. Pemikiran guru
D. Kebutuhan sekolah

Jawaban : A

2) Apa sifat kurikulum?
A. Rigid
B. Berubah-ubah
C. Dinamis
D. Pakem

Jawaban : C

3) Faktor apa saja yang bisa memengaruhi adaptasi kurikulum?
A. Geografi
B. Ekonomi
C. Penentu kebijakan
D. Kemauan pembuat kurikulum

Jawaban : A

CERITA REFLEKTIF
Jika dibandingkan saat Ibu dan Bapak Guru menjadi murid dahulu dan murid-murid sekarang, hal apa saja yang berbeda?

Jawab :
Perbedaannya adalah dari sisi penyampaian materi. Dulu, guru menuyampaikan materi ibarat air dituangkan ke dalam gelas. Namun sekaran, guru tidak hanya menyampaikan materi, tetapi juga mendapingi apa yang murid butuhkan.

4) Kurikulum dalam Pembelajaran
Latihan Pemahaman

SOAL!
Di dalam penerapan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan, terdapat komponen yang dapat kita kaji secara berkala dalam kurun waktu tertentu. Visi dan Misi tidak termasuk di dalam komponen tersebut. Penyataan di atas adalah...
    A. Benar
    B. Salah

Jawaban : B

CERITA REFLEKTIF
Setelah mempelajari materi ini, hal apa yang paling semangat ingin Ibu dan Bapak Guru coba?

Jawab :
Mencoba mendorong murid untuk membuat aksi nyata dalam isu sosial yang terjadi di sekitarnya berkaitan dengan materi yang mereka pelajari.

2. Post Test
1. Dalam mewujudkan pembelajaran yang transformatif pada projek pembelajaran yang akan dilakukan, Bu Monik mendorong murid untuk membuat aksi nyata dalam isu sosial yang terjadi di sekitarnya berkaitan dengan materi yang mereka pelajari. Agar murid melakukan aksi dengan tepat, Bu Monik sebaiknya terlebih dahulu mengajak murid untuk melakukan hal-hal berikut, kecuali...
A. Meminta murid mengevaluasi aksi yang telah dilakukan
B. mengajak murid untuk mengantisipasi semua konsekuensi atas aksi yang akan dilakukan 
C. mendorong murid untuk memahami tujuan dirinya dan antar murid dalam melakukan aksi nyata tersebut
D. mengajak murid untuk melihat rencana aksi yang akan dilakukan dari perspektif yang berbeda

Jawaban : A

2. Berikut yang merupakan hal-hal unik yang dimiliki sekolah atau yang disebut karakteristik satuan pendidikan adalah…
A. Kondisi daerah satuan pendidikan
B. latar belakang ekonomi murid
C. sarana dan prasarana satuan pendidikan
D. semua benar

Jawaban : D

3. Kurikulum dapat dimaknai sebagai segala sesuatu yang dipelajari murid.
A. Benar
B. Salah

Jawaban : A

4. Pernyataan yang tepat mengenai perubahan kurikulum adalah...
A. Kurikulum diubah untuk memberikan tantangan yang lebih besar bagi murid
B. Perubahan kurikulum merupakan semata-mata tuntutan kebutuhan industri.
C. Kurikulum diubah untuk memenuhi kebutuhan murid terhadap perubahan zaman
D. Perubahan kurikulum harus mengacu kepada pendidikan negara maju

Jawaban : C

5. Bu Sondang mengajar di sebuah sekolah di daerah pegunungan dan perkebunan. Murid di kelasnya sedang mempelajari berbagai cara pengawetan makanan. Pada buku paket, Bu Sondang mendapati latihan yang harus dikerjakan murid adalah melakukan pengawetan ikan dengan penggaraman. Hal yang sebaiknya dilakukan Bu Sondang adalah...
A. Meminta murid untuk mengerjakanlatihan sesuai yang terdapat pada buku paket.
B. Melewati bagian latihan tersebut dan melanjutkan ke materi berikutnya.
C. Mengajak murid untuk melakukan pengwetan dengan teknik penggaraman pada makanan hewan lainnya.
D. Mengajak murid untuk melakukan berbagai teknik pengawetan buah atau sayuran yang ada di daerahnya

Jawaban : D

6. Sebagai salah satu kepala sekolah di daerah tertinggal, Bu Solihat mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kunjungan ke sebuah sekolah di luar negeri. Beliau melihat materi pelajaran di sana lebih tinggi daripada di Indonesia. Beliau berkesimpulan bahwa negara tersebut bisa jauh lebih maju dari Indonesia karena materi pembelajarannya lebih tinggi. Saat kembali ke sekolahnya, Bu Solihat menyampaikan hal tersebut kepada seluruh guru dan meminta guru untuk menaikkan level materi pembelajaran yang diberikan kepada murid. Ia berharap murid-muridnya akan dapat lebih maju dan bersaing dengan murid dari sekolah lain. Pendapat yang tepat mengenai hal yang dilakukan oleh Bu Solihat di atas adalah...
A. Hal tersebut tepat dilakukan karena negara maju patut menjadi contoh dalam pengembangan kurikulum. 
B. Hal tersebut tidak tepat dilakukan karena lebih cocok diterapkan terlebih dahulu di sekolah perkotaan.
C. Hal tersebut akan berhasil meningkatkan kompetensi dan daya saing murid di sekolahnya,
D. Hal tersebut dapat dilakukan dengan tetap memperhatikan karakter dan kebutuhan murid.

Jawaban : D

7. Berdasarkan hasil analisis diagnostik dan survey karakter, didapatkan bahwa murid SMP Merdeka Belajar secara umum memiliki karakter sebagai berikut: berasal dari keluarga petani dengan ekonomi menengah ke bawah memilih untuk bekerja atau menikah dibandingkan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi memiliki gawai dengan spesifikasi terbatas  memiliki ketertarikan dan potensi pada bidang seni dan olah raga hal berikut dapat dilakukan sekolah dalam rangka mengakomodasi kebutuhan murid dalam kurikulum di sekolah berdasarkan informasi di atas, kecuali....
A. Mengadakan ekstrakurikuler dalam bidang seni dan olah raga sesuai minat dan sumber daya yang ada B. Memasukkan pendidikan seksual dalam pembelajaran untuk meminimalisir pernikahan usia dini
C. Mengintegrasikan muatan kewirausahaan dalam pelajaran untuk menyiapkan murid menjadi pekerja
D. Melibatkan murid dalam usaha penghijauan sekolah

Jawaban : D

8. Alasan utama mengapa sekolah perlu melakukan adaptasi terhadap kurikulum dari pemerintah adalah... 
A. Tidak semua guru memiliki ompetensi yang dibuthkan untuk menjalankan kuriklum dari pemerintah.
B. Setiap satuan pendidikan memiliki karakteristik yang berbeda.
C. Kurikulum yang dikeluarkan oleh pusat masih perlu pengembangan secara berkelanjutan.
D. Guru membutuhkan kurikulum yangdapta lebih dipahami dan diaplikasikan di sekolah.

Jawaban : B

"Semoga bermanfaat dan selesai mengerjakan Soal Pelatihan Mandiri Mengajar Merdeka."


Jika ingin Copy paste postingan ini, mohon untuk di sertakan sumber postingan aslinya dari kita seperti : (Sumber situs : finmediata.my.id)

Post a Comment

Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Silakan sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kami telah mendeteksi bahwa Anda menggunakan pemblokiran iklan di browser Anda. Silahkan di nonaktifkan Adsblock-NYA!
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.