-- Sumber gambar : guru.kemdikbud.go.id --
Jawaban Soal Modul 1 Membaca Bersama.
Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Membaca Bersama dan Membaca Terbimbing
Baca juga
MODUL 1
Membaca Bersama
Dikembangkan oleh Inovasi
1. Kegiatan Membaca Bersama
Latihan Pemahaman
SOAL!
1) Kegiatannmembaca bersama dapat meningkatkan keterampilan peserta didik dalam memaknai
kosakata baru. Pernyataan di atas adalah…
A. Benar
B. Salah
Jawaban : A
2) Kegiatan membaca bersama dapat meningkatkan keterampilan peserta didik dalam memahami
bacaan. Pernyataan di atas adalah…
A. Benar
B. Salah
Jawaban : A
3) Kegiatan membaca bersama dapat meningkatkan keterampilan peserta didik dalam membuat
koneksi dan memprediksi alur cerita. Pernyataan di atas adalah…
A. Benar
B. Salah
Jawaban : A
CERITA REFLEKTIF
Bagaimana perasaan ibu dan bapak saat mendapat nilai yang bagus saat bersekolah dulu? Apa yang guru lakukan saat itu?
Jawab :
Tentu saja ketika mendapat nilai yang bagus, sebagai seorang siswa pasti merasa bangga dan senang. Ketika mendapat nilai yang bagus, guru akan memberi ucapan selamat dan nasihat agar terus mempertahankan nilai yang didapat untuk ke depannya.
2. Pengelolaan Kelas Membaca Bersama
Latihan Pemahaman
SOAL!
Pada kegiatan membaca bersama, buku besar diletakkan di atas penyangga agar…
A. Peserta didik dapat melihat teks dan ilustrasi dengan jelasB. Peserta didik dapat melihat teks dan ilustrasi dengan jelasC. Peserta didik bisa memahami bacaan dengan lebih baikD. Pendidik dapat melihat seluruh peserta didik dengan jelas
Jawaban : A
CERITA REFLEKTIF
Pernahkah ibu dan bapak melihat lingkungan belajar yang sangat nyaman? Coba deskripsikan lingkungan tersebut.
Jawab :
Pernah.
Berikut ini adalah ciri-ciri lingkungan belajar yang nyaman yaitu :
1) Minimalkan Gangguan
Salah satu karakteristik kunci dari lingkungan belajar yang baik adalah bahwa gangguan dijaga seminimal mungkin.
2) Budaya Belajar yang Mendukung
Saat Anda bekerja dengan sekelompok pelajar, berapapun usianya, Anda perlu menciptakan lingkungan belajar di mana terdapat dukungan penuh untuk membantu proses belajar.
3) Feedback Positif
Menghargai pekerjaan, usaha, atau kemajuan yang baik adalah salah satu karakteristik terpenting dari lingkungan belajar yang baik.
4) Variasikan Pendekatan
Pembelajaran Elemen lain dari lingkungan belajar yang baik yang akan membantu memadukan berbagai hal dan membuat Anda tetap terlibat adalah memvariasikan pendekatan pembelajaran yang Anda gunakan.
5) Penetapan Rutinitas yang Jelas
Saat Anda menyiapkan lingkungan untuk diri sendiri, akan sangat membantu untuk menerapkan rutinitas ke dalam cara dan waktu Anda bekerja di sana.
Dapat disimpulkan bahwa lingkungan belajar yang nyama adalah lingkungan belajar yang memenuhi beberapa kriteris di atas.
3. Post Test
1) Salah satu cara yang dapat dilakukan pendidik untuk membantu peserta didik dalam memahami informasi pada buku adalah dengan ...
A. Membacakan cerita kepada peserta didikB. Meminta peserta didik mendeskripsikan dan menceritakan gambar yang terdapat pada bukuC. Meminta peserta didik membaca buku secara mandiriD. Meminta peserta didik membaca buku besar secara lantang di depan kelas
Jawaban : B
2) Salah satu cara yang dapat dilakukan pendidik untuk membantu peserta didik dalam memaknai kosa kata baru adalah dengan ...
A. Membacakan cerita kepada peserta didikB. Memberi pertanyaan mengenai arti kata yang terdapat pada bukuC. Meminta peserta didik membaca buku secara mandiriD. Meminta peserta didik membaca buku besar secara lantang di depan kelas
Jawaban : B
3) Salah satu cara yang dapat dilakukan pendidik untuk meningkatkan keterampilan membuat koneksi dalam kegiatan membaca bersama adalah ...
A. Membacakan cerita kepada peserta didikB. Mengaitkan gambar pada buku dengan kehidupan peserta didik sehari hariC. Meminta peserta didik membaca buku secara mandiriD. Meminta peserta didik membaca buku besar secara lanang di depan kelas
Jawaban : B
4) Hal penting yang perlu pendidik lakukan untuk menciptakan area kegiatan membaca bersama yang nyaman dan kondusif adalah ...
A. Memastikan peserta didik telah duduk dan dapat melihat buku bacaan dengan jelasB. Membawa buku besar sambil berjalan ketika membacakan ceritaC. Fokus pada buku besar dan memunggungi peserta didik ketika membacaD. Menggunakan alat penunjuk untuk menunjuk peserta didik
"Semoga bermanfaat dan selesai mengerjakan Soal Pelatihan Mandiri Mengajar Merdeka."
Jika ingin Copy paste postingan ini, mohon untuk di sertakan sumber postingan aslinya dari kita seperti : (Sumber situs : finmediata.my.id)