-- Sumber gambar : guru.kemdikbud.go.id --
Jawaban Soal MODUL 1 Mendampingi Murid dengan Utuh dan Menyeluruh
Merdeka Belajar
Baca juga
MODUL 1
Mengenali dan Memahami Diri Sebagai Pendidik
Dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi serta ditinjau oleh Simon Petrus Rafael dan Monika Irayati
1. Mengenali Diri dan Perannya Sebagai Pendidik
Latihan Pemahaman
Sebelum memerdekakan murid dalam belajarnya, berikut yang dapat dilakukan guru?
A. Meminta murid belajar sendiri sesuai keinginannya
B. Tidak merasa perlu meningkatkan kompetensinya
C. Memaknai dan menghayati diri sebagai manusia yang merdeka untuk terus belajar
D. Mempercayakan kepada murid proses belajar tanpa bimbingan
Jawaban : C
CERITA REFLEKTIF
Peran apa yang paling dominan Anda lakukan kepada murid-murid Anda?
Agar dapat mengenali karakteristik dan kebutuhan murid, sebagai seorang Pendidik saya harus dapat berkomunikasi dengan murid, baik di dalam pembelajaran maupun di luar pembelajaran. Sisi positif keberlangsungan komunikasi dengan guru dan murid akan menimbulkan sisi positif lainnya yaitu senang belajar dengan belajar yang menyenangkan.
2. Apa Peran Saya Sebagai Guru
Latihan Pemahaman
Latihan Pemahaman : Sebagai guru, tindakan yang perlu dilakukan adalah
A. Menyelaraskan peran guru yang relevan dengan konteks murid dan zaman
B. Melanjutkan peran guru sebagai pusat sumber pengetahuan
C. Menghukum murid jika melaakukan kesalahan
D. Mengajari murid berdasarkan pengalaman mengajar guru
Jawaban : A
CERITA REFLEKTIF
Menurut Anda, guru seperti apa Anda di mata murid-murid Anda?
Guru merupakan seseorang yang membimbing dan melatih seseorang lainya yang bernama murid. Guru yang ada di mata mata murid yaitu guru yang bijak dan bisa mengajari murid.
3. Ingin Menjadi Guru Seperti Apa Saya
Latihan Pemahaman
Berikut ini hal-hal yang dilakukan guru untuk menginspirasi
muridnya, kecuali :
A. bertutur kata lembut kepada murid
B. mendengarkan pendapat murid
C. mempermalukan di depan murid lain
D. memotivasi untuk gemar dan senang belajar
Jawaban : C
CERITA REFLEKTIF
Jika Anda bisa kembali ke masa di mana Anda menjadi murid di bangku sekolah, siapa guru yang ingin Anda belajar dengannya?
Jika saya bisa kembali ke masa dimana saya sekolah, saya ingin belajar dengan guru matematika saya. Karena beliau sangat baik dan mengajar dengan baik.
4. Post Test
1) Murid-murid kita saat ini adalah generasi digital native, fasih berselancar di internet, mendapatkan pengetahuan bahkan mempelajari keterampilan sesuai kebutuhan belajar mereka. Apa yang dimaksud generasi digital native?
A. Generasi yang tumbuh di era transisi digitalB. Generasi yang tumbuh sebelum perkembangan teknologi digitalC. Generasi yang lahir dan tumbuh di dalam era digitalD. Generasi yang menemukan teknologi digital
Jawaban : C
2) Dengan menjadi guru, apa yang kelak akan dibentuk dengan menjadikan murid-murid sebagai bagian atau bahkan pemimpin masyarakat di masa depan?
A. Kesenian
B. Kebudayaan
C. Adat istiadat
D. Keterampilan
Jawaban : B
3) Jika seorang guru ingin muridnya menjadi manusia yang memiliki empati, maka ia perlu melakukan hal-hal berikut ini, kecuali….
A. Memastikan muridnya selalu sukses dalam proses belajarnyaB. Memahami keberagaman sifat dan karakter murid-muridnyaC. Membiasakan keberagaman sifat dan karakter murid-muridnyaD. Menempatkan dirinya sebagai rekan belajar setara sehingga timbul perasaan saling, memahami, menghargai, dan membutuhkan.
Jawaban : A
4) Untuk memberikan ilustrasi tentang pentingnya mendidik anak, Ki Hajar Dewantara menyamakannya seperti…
A. Mendidik keluargaB. Mendidik masyarakatC. Mendidik teman belajarD. Mendidik guru
Jawaban : B
5) Pendidik sejatinya menuntun tumbuh kodrat pada anak agar dapat memperbaiki….
A. Perilakunya
B. Dasar hidupnya
C. Kekuatan kodratnya
D. Potensinya
Jawaban : A
6) Apa definisi manusia merdeka menurut Ki Hajar Dewantara?
A. Manusia yang hidupnya bersandar pada kekuatan sendiri, namun perlu dibantu oleh orang-orang di sekitarnya untuk menentukan keputusan.B. Manusia yang hidupnya bersandar pada kekuatan sendiri baik lahir maupun batin, tidak tergantung dengan orang lain.C. Manusia yang fokus dengan kekuatan yang dimiliki sehingga dapat menjalankan kehidupannya dengan merdeka.D. Manusia yang berdiri sendiri tanpa memperdulikan orang lain sehingga dapat mengambil keputusan sesuai dengan hati dan pikirannya sendiri.
Jawaban : B
7) Berikut ini langkah-langkah awal yang harus dilakukan oleh seorang pendidik untuk menuntun murid-murid menjadi manusia yang merdeka, kecuali …
A. Memahami peran diri menjadi pendidikB. Menambah kapasitas diri sebagai pendidikC. Membuat perencanaan kegiatan belajarD. Adaptif, relevan dengan tujuan belajar murid-murid
Jawaban : B
8) Berikut adalah salah satu contoh penerapan belajar merdeka yang diterapkan dalam pendidikan di sekolah:
A. Mengajari murid-murid materi tentang kebudayaanB. Guru membuatkan peraturan yang harus dipatuhi di dalam kelasC. Mempercayakan murid-murid untuk bekerja dengan mandiri dan membimbingnya jika membutuhkan bantuanD. Murid-murid harus mengikuti seluruh rangkaian kegiatan belajar yang sudah dibuatkan oleh guru di sekolah
Jawaban : C
9) Sebagai guru, apa saja pengalaman belajar yang perlu dimaknai oleh murid?
A. Pengetahuan, keterampilan dan wawasan keilmuan, serta pendidikan karakterB. Pengetahuan, pengalaman dan keterampilan dan sikap untuk terus belajarC. Pengetahuan, keterampilan dan sikap untuk terus belajar, serta mendampingi murid untuk bisa memahami dan mencapai tujuan belajarnyaD. Keterampilan, wawasan pengetahuan, dan mengajarkan mereka bersosialisasi
Jawaban : A
10) Untuk menjadi guru yang dapat menghadapi perubahan zaman yang dinamis, keterampilan apa yang perlu dimiliki seorang guru?
A. Inovatif
B. Efektif
C. Adaptif
D. Reflektif
Jawaban : C
"Semoga bermanfaat dan selesai mengerjakan Soal Pelatihan Mandiri Mengajar Merdeka."
Jika ingin Copy paste postingan ini, mohon untuk di sertakan sumber postingan aslinya dari kita seperti : (Sumber situs : finmediata.my.id)