Kunci Jawaban Soal Modul 2 Bagaimana Proses Perencanaan Dilakukan

 

-- Sumber gambar : guru.kemdikbud.go.id --

Jawaban Soal Modul 2 Bagaimana Proses Perencanaan Dilakukan


Perencanaan Untuk Perbaikan Untuk Satuan Pendidikan

Baca juga


MODUL 2
Bagaimana Proses Perencanaan Dilakukan?
Dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi serta di tinjau oleh Santoso, MSE

1. Siklus Perencanaan
Latihan Pemahaman

SOAL!
Siklus perencanaan meliputi hal-hal di bawah ini, kecuali:
A. Identifikasi
B. Refleksi
C. Telusuri
D. Benahi

Jawaban : C

CERITA REFLEKTIF
Dari siklus perencanaan yang telah dijelaskan dalam video pembelajaran, ceritakan tahapan apa yang pernah Anda lakukan dalam proses perencanaan program!

Jawab :
Data tambahan berdasarkan analisis kelemahan dan kekuatan Rapor Pendidikan satuan pendidikan.

2. Sumber data PBD
Latihan Pemahaman

SOAL!
Di bawah ini, data manakah yang menjadi sumber data utama dalam proses PBD di Satuan Pendidikan?
A. Rapor pendidikan
B. Asesmen nasional
C. Masukan dari orangtua murid
D. Semua benar

Jawaban : A

CERITA REFLEKTIF
Ceritakan bagaimana Anda selama ini mengumpulkan data tambahan untuk digunakan sebagai pertimbangan dalam membuat perencanaan program!

Jawab :
Data tambahan berdasarkan analisis kelemahan dan kekuatan Rapor Pendidikan satuan pendidikan.

3. Siapa yang terlibat dalam PBD
Latihan Pemahaman

SOAL!
Latihan Pemahaman : Siapa yang terlibat dalam Perencanaan Berbasis Data?
A. Kepala sekolah
B. Guru
C. Siswa
D. Semua Benar

Jawaban : D

CERITA REFLEKTIF

Yang terlibat dalam proses perencanaan program satuan pendidikan yaitu seluruh warga sekolah.

Jawab :

4. Hasil Akhir Perencanaan Berbasis Data
Latihan Pemahaman

SOAL!
Latihan Pemahaman : Apa hasil akhir dari PBD?
A. Rapor Pendidikan
B. Profil Pendidikan
C. RKT dan RKAS
D. Perencanaan program
E. Semua benar

Jawaban : C

CERITA REFLEKTIF
Bagaimana selama ini Anda menetapkan program untuk dilaksanakan dan dianggarkan dalam satu tahun ajaran?

Jawab :
Penetapan program yang dilaksanakan dan dianggarkan dalam satu tahun ajaran oleh satuan pendidikan berdasarkan rapor mutu pendidikan yang digunakan sebagai dasar penyusunan RKT & RKAS.

5. Post Test
1) Inti dari perencanaan berbasis data adalah:
A. Menemukan akar masalah
B. Melakukan pemutakhiran data
C. Membaca Rapor Pendidikan
D. Menentukan pilihan kegiatan

Jawaban : A
2) Jika Satuan Pendidikan membutuhkan data tambahan, data manakah yang dapat digunakan?
    A. Warga Sekolah
    B. Dapodik
    C. Tracer Study
    D. Data GPK

Jawaban : A

3) Tujuan diadakannya Perencanaan Berbasis Data adalah...
A. Memperbaiki permasalahan peningkatan mutu pendidikan dengan lebih sederhana dan bermakna.
B. Meningkatkan mutu pendidikan dengan sebatas pemenuhan dokumen administrasi
C. Meningkatkan mutu pendidikan dengan mengukur beragam hal
D. Memperbaiki layanan pendidikan dengan melakukan pengisian borang berkali-kali

Jawaban : A

4) Berikut adalah perencanaan program yang membutuhkan biaya, kecuali...
A. Pengadaan buku sekolah
B. Perbaikan lapangan sekolah
C. Pelatihan guru
D. Pembangunan perpustakaan
E. Semua membutuhkan biaya

Jawaban : C

"Semoga bermanfaat dan selesai mengerjakan Soal Pelatihan Mandiri Mengajar Merdeka."


Jika ingin Copy paste postingan ini, mohon untuk di sertakan sumber postingan aslinya dari kita seperti : (Sumber situs : finmediata.my.id)

إرسال تعليق

Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Silakan sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kami telah mendeteksi bahwa Anda menggunakan pemblokiran iklan di browser Anda. Silahkan di nonaktifkan Adsblock-NYA!
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.