Kunci Jawaban Soal Modul 2 Berpikir Kritis dan Menyelesaikan Masalah

 

-- Sumber gambar : guru.kemdikbud.go.id --

Jawaban Soal Modul 2 Berpikir Kritis dan Menyelesaikan Masalah


Semangat Guru 2: Kompetensi Nonteknis Kurikulum Merdeka

Baca juga

MODUL 2
Berpikir Kritis dan Menyelesaikan Masalah
Dikembangkan oleh Adi Respati, M.Psi., M. Si

1. 4 Pertanyaan Refleksi
Latihan Pemahaman

SOAL!
Setelah menggunakan pertanyaan-pertanyaan yang memancing peserta didik untuk berpikir kritis, pertanyaan yang memancing peserta didik untuk menyelesaikan masalah adalah …
A. Apa yang saya pelajari?
B. Apa yang saya sudah mengerti?
C. Apa yang saya belum mengerti?
D. Bagaimana supaya saya mengerti?

Jawaban : D

CERITA REFLEKTIF
Pertanyaan-pertanyaan refleksi seperti apa saja yang paling sering Anda tanyakan kepada peserta didik di kelas Anda?

Jawab :
Pertanyaan yang mencoba mencari tahu mengenai seperti apa proses pembelajaran yang sudah dilakukan di kelas.
Apalagi tentu saja diperlukan berbagai pertimbangan yang jelas dan detail untuk mengubah beberapa yang kurang.

2. Langkah-langkah problem solving
Latihan Pemahaman

SOAL!
Urutan langkah-langkah yang paling sesuai dalam penyelesaian masalah adalah …
Merumuskan masalah - Menggagas alternatif solusi - Mengevaluasi solusi - Menimbang alternatif solusi - Mengimplementasi solusi
A. Merumuskan masalah - Menggagas alternatif solusi - Mengevaluasi solusi - Menimbang alternatif solusi - Mengimplementasi solusi
B. Merumuskan masalah - Menggagas alternatif solusi - Menimbang alternatif solusi - Mengimplementasi solusi - Mengevaluasi solusi
C. Merumuskan masalah - Menggagas alternatif solusi - Menimbang alternatif solusi -
Mengevaluasi solusi - Mengimplementasi solusi
D. Mengimplementasi solusi - Mengevaluasi solusi - Merumuskan masalah - Menggagas alternatif solusi - Menimbang alternatif solusi

Jawaban : B

CERITA REFLEKTIF
Ceritakan bagaimana Anda menyelesaikan masalah menggunakan tahap-tahap penyelesaian masalah yang telah dibahas.

Jawab :
Menyelesaikan masalah dapat dilakukan melalui beberapa tahapan seperti:
  1. Memahami masalah yang saat itu sedang terjadi
  2. Membuat rencana dengan mengidentifikasi operasi yang terlibat serta strategi yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah yang diberikan.
  3. Melaksanakan rencana yang sudah ditentukan.
  4. Mengecek kembali semua yang sudah dilakukan dan juga mempertimbangkan apakah solusi yang sudah dilakukan sesuai.

3. 5 disiplin berpikir kritis terhadap informasi
Latihan Pemahaman

SOAL!
Pilihan yang sesuai dengan disiplin “pelan-pelan dan berefleksi” dalam disiplin erpikir kritis terhadap informasi adalah …
A. Kita harus secara tangkas mengambil keputusan setuju atau menolak ketika dihadapkan dengan suatu informasi
B. Jika kita merefleksikan informasi terlebih dahulu, keputusan kita lebih cenderung terkontaminasi bias
C. Kita perlu untuk selalu “menunda dulu” keputusan kita, walaupun hanya beberapa detik, tergantung kebutuhan
D. Informasi yang sulit dan kompleks paling baik ditanggapi dengan sangat cepat

Jawaban : C

CERITA REFLEKTIF
Menurut Anda, disiplin berpikir kritis manakah yang paling butuh dilatih kepada peserta didik Anda? Berikan penjelasannya.

Jawab :
Menurut pandangan saya, disiplin berpikir kritis yang paling butuh dilatih kepada peserta didik adalah kemampuan menganalisis dan menciptakan argumen logis.
Kemampuan menganalisis diartikan sebagai kemampuan untuk menelaah suatu permasalahan dengan jeli dan teliti.
Berpikir Kritis adalah suatu keterampilan yang seharusnya dimiliki oleh semua orang. Hal ini akan menjadikan seseorang bisa berkomunikasi dan bertahan hidup di era global. Manfaat lainnya yaitu agar seseorang bisa lebih mandiri, percaya diri, dan mampu memecahkan persoalan dengan cara yang bijak. Menurut saya, disiplin berpikir kritis yang perlu dilatih kepada siswa yaitu kemampuan menganalisis dan menciptakan argumen logis. Karena dengan dua hal tersebut siswa akan mudah untuk membandingkan dan membedakan hal hal dan mereka juga akan dapat mengetahui bagian bagian kecil dari hal hal tersebut, jadi bukan hanya intinya saja tetapi secara keseluruhannya. Selain itu berargumen logis ini sesuai dengan tujuan berpikir kritis dimana berpikir secara alasan dan reflektif.

4. Metakognisi: berpikir tentang berpikir
Latihan Pemahaman

SOAL!
Pilihan-pilihan di bawah ini menggambarkan metakognisi, kecuali …
A. Kemampuan metakognisi dapat meningkatkan kemampuan seseorang dalam menyesuaikan proses belajar ketika menghadapi situasi baru
B. Metakognisi adalah proses merencanakan, memonitor, dan mengases pemahaman seseorang tentang proses berpikirnya
C. Metakognisi merupakan proses pengenalan diri yang cukup dilakukan sekali
D. Pertanyaan “Apa keunggulan/kelemahan saya?” dapat membantu kita untuk memahami stimulus apa saja yang menggiatkan atau menghambat diri kita dalam berpikir

Jawaban : C

CERITA REFLEKTIF
Bagaimana metakognisi dapat membantu peserta didik berpikir kritis di kelas?

Jawab :
Bagaimana metakognisi dapat membantu peserta didik berpikir kritis di kelas pahami dulu bahwa
aspek metakognitif pada pembelajaran sejarah ialah capaian dasar guna memahami konten pembelajaran serta bisa menunjukkan keterampilan memecahkan perolehan yang dapat dicapai murid.
Kegiatan metakognisi yang didukung scaffolding yang cocok akan mendorong dan memberi manfaat bagi murid agar memperoleh kemampuan kognitif.
Pemanfaatan strategi metakognisi yang baik bisa menghasilkan hasil optimal guna mendorong pencapaian berpikir kritis dan kreatif murid.
Agar menghasilkan keharmonisan antara aspek metakognisi dan kognisi pada proses belajar mengajar diperlukan guru yang profesional sebab keterampilan metakognisi ialah salah satu komponen penting dari kecerdasan interpersonal.

Langkah-langkah Pembelajaran dengan Metakognisi:
1) Tahap diskusi awal (Introductory Discussion)
Pertama guru menjelaskan tujuan topik yang akan dipelajari. Siswa dibagi bahan ajar, dan penanaman konsep berlangsung dengan menjawab pertanyaan yang tertera dalam bahan ajar tersebut. Siswa dibimbing menanamkan kesadaran dengan bertanya dan menjawab kepada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam bahan ajar.
2) Tahap Kerja Mandiri/Individu (Independent Work)
Siswa diberikan persoalan dengan topik sama dan mengerjakan sendiri. Guru berkeliling kelas dan memberikan timbal balik secara individual. Pengaruh metakognitif akan menuntun siswa untuk memusatkan perhatian pada kesalahannya dan memberikan petunjuk agar siswa dapat mengoreksinya sendiri. Guru membantu mengawasi cara berpikirnya, tidak hanya memberikan jawaban benar ketika membuat kesalahan tetapi menuntun proses berpikirnya agar siswa menemukan jawaban yang benar.
3) Tahap Penyimpulan
Penyimpulan yang dilakukan siswa merupakan rekapitulasi dari apa yang telah dilakukan dikelas. Pada tahap ini siswa menyimpulkan sendiri, dan guru membimbing dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan seperti: Apa yang kamu pelajari hari ini? Apa yang kamu pelajari tentang dirimu sendiri dalam menyelesaikan soal matematika yang diberikan?

Kesimpulannya:
Pengetahuan metakognisi diperoleh dari proses kognitif. Metakognisi berwujud pengetahuan dari seseorang tersimpan di otak tepatnya di dalam memori jangka panjang.

5. Post Test
1) Saat sedang melakukan eksperimen di laboratorium biologi dan mencatat macam-macam organel sel, seorang peserta didik menyatakan kebingungannya terhadap perbedaan antara organel sel tumbuhan dengan organel sel hewan. Oleh karena itu, peserta didik tersebut pun memotret hasil observasi mikroskopnya agar bisa ia tanyakan secara langsung kepada gurunya. Peserta didik tersebut sudah dapat menunjukkan penerapan pertanyaan refleksi …
A. Apa yang saya pelajari?
B. Apa yang saya sudah mengerti?
C. Apa yang saya belum mengerti?
D. Bagaimana supaya saya bisa mengerti?

Jawaban : D

2) Seorang guru sejarah sedang mengajar mengenai G30S PKI di kelasnya. Beliau mencoba untuk merancang pembelajaran dengan menayangkan sebuah film dokumenter yang diceritakan dari sisi para perwira militer. Kemudian, beliau juga menampilkan sebuah video wawancara dari anak-anak yang orangtuanya dibunuh karena dianggap sebagai pendukung PKI. Berikutnya, guru tersebut pun membuka diskusi agar para peserta didik dapat membahas pengalaman-pengalaman berbeda dari kedua sisi terhadap sebuah peristiwa yang sama. Disiplin berpikir kritis yang sedang ingin dilatih oleh guru tersebut di dalam kelasnya adalah …
A. Pelan-pelan dan berefleksi
B. Terbuka terhadap sudut pandang lain
C. Antisipasi berbagai dampak
D. Bertanggung jawab terhadap keputusan

Jawaban : B

3) Seorang peserta didik datang ke guru BK di sekolahnya untuk melakukan konseling mengenai hambatan belajarnya dalam mata pelajaran kimia. Untuk membimbingnya lebih lanjut, guru BK tersebut mencoba untuk membuat beberapa pertanyaan agar peserta didik tersebut dapat mengenali stimulus apa saja yang membuat dirinya giat atau terhambat. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang dapat ditanyakan pertama kali untuk menggali proses belajar dari peserta didik tersebut, kecuali …
A. Apakah kamu merasa lebih paham ketika teori-teori yang diajarkan dapat diuji langsung
di laboratorium?
B. Apakah kamu belajar dengan baik jika memiliki teman untuk mendiskusikan materi
pelajaran bersama?
C. Apakah kamu kuat dalam menghafal rumus-rumus kimia?
D. Bagaimana cara agar proses belajarmu lebih efektif?

Jawaban : C

4) Langkah problem-solving di mana kita mencoba untuk menuliskan sebanyak mungkin solusi yang mungkin bisa dipraktikkan dinamakan …
A. Menggagas alternatif solusi
B. Menimbang alternatif solusi
C. Mengimplementasi solusi
D. Mengevaluasi solusi

Jawaban : A

"Semoga bermanfaat dan selesai mengerjakan Soal Pelatihan Mandiri Mengajar Merdeka."


Jika ingin Copy paste postingan ini, mohon untuk di sertakan sumber postingan aslinya dari kita seperti : (Sumber situs : finmediata.my.id)

إرسال تعليق

Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Silakan sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kami telah mendeteksi bahwa Anda menggunakan pemblokiran iklan di browser Anda. Silahkan di nonaktifkan Adsblock-NYA!
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.