Kunci Jawaban Soal MODUL 2 Mendidik dan Mengajar

-- Sumber gambar : guru.kemdikbud.go.id --

Kunci Jawaban Soal MODUL 2 Mendidik dan Mengajar

Merdeka Belajar

Baca juga

MODUL 2
Mendidik dan Mengajar
Dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi serta ditinjau oleh Simon Rafael dan Monika Irayati

1. Mendidik Menyeluruh
Latihan Pemahaman

TUJUAN PEMBELAJARAN

Definisi pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara adalah?
A. Tuntunan dalam hidup tumbuhnya murid. 
B. Tempat menaburkan benih-benih kebudayaan yang hidup dalam masyarakat sekaligus sebagai instrumen tumbuhnya unsur peradaban dan kebudayaan yang kita wariskan kepada anak cucu kita di masa depan.
C. Menuntun segala kodrat yang ada pada murid, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya, baik itu sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat.
D. Suatu cara menyampaikan ilmu atau manfaat bagi hidup anak-anak secara lahir maupun batin.
E. Semua benar.

Jawaban : E

CERITA REFLEKTIF
Ceritakan sosok guru yang menumbuhkan kekuatan dan potensi Anda sewaktu menjadi murid dulu? Guru yang menumbuhkan kekuatan dan potensi saya sewaktu menjadi murid yakni guru yang tidak  membeda-bedakan kemampuan muridnya. Beliau mendidik saya menjadi pribadi yang tanggung jawab, mandiri, memberikan kesempatan dan pengalaman untuk mencoba dan mengalami, belajar dari kesalahan, dan menghargai sesama.

2. Pendidikan selama Satu Abad
Latihan Pemahaman

Manakah budaya pendidikan zaman kolonial yang sudah tidak lagi dipraktekkan di kelas :
A. Meminta murid berdiri di depan kelas saat mereka lalai mengerjakan tugas.
B. Saat belajar, murid duduk rapi menghadap ke depan dan kelas hening.
C. Melakukan pemeringkatan murid berdasarkan nilai dari tes pengetahuan setiap mata pelajaran.
D. Cara pembuatan tugas dilakukan seragam, misalnya semua murid mengerjakan video, melalui tulisan, dsb.
E. Memukul murid karena tidak mengerjakan tugas.

Jawaban : E

CERITA REFLEKTIF
Praktik pendidikan kolonial apa yang pernah Anda lakukan selama menjadi guru?
Saya melakukan pembelajaran yang membuat siswa fokus pada nilai. Saya menekankan kemampuan kognisi siswa seperti latihan soal secara intensif ketika menjelang ujian. Sehingga ketika siswa mendapat nilai kurang saya memandang siswa gagal dalam belajar.

3. Menjadi manusia (secara) utuh
Latihan Pemahaman
Pendidikan atau "tuntunan" seharusnya memberikan murid:
A. didikan pengetahuan
B. didikan 'lahir'
C. didikan 'batin'
D. didikan hidup
E. didikan 'lahir dan batin'

Jawaban : E

CERITA REFLEKTIF
Jika kembali ke semester lalu dimana Anda merasa belum optimal mengasah nalar, kemampuan berpikir, dan mengembangkan kebutuhan batin murid Anda, di materi apa Anda mau mengajar kembali dan memperbaiki dengan cara apa?
Saya ingin kembali mengajar mengembangkan kebutuhan batin murid saya. Saya akan mencoba membangun empati terhadap murid . Empati adalah pondasi dari semua interaksi hubungan antarmanusia. Mampu merasakan kondisi emosional orang lain membuat kita dapat membangun relationship yang akrab dengan orang lain. Empati dipahami sebagai perasaan, pikiran, dan motif seseorang yang dapat dimengerti secara menyeluruh oleh orang lain. Disertai ungkapan penerimaan terhadap keadaan orang lain. Empati, baik untuk guru maupun peserta didik semakin diperlukan dalam pendidikan sebagai upaya mencapai keberhasilan proses pembelajaran.

4. Post Test
1) Berikut pernyataan yang sesuai terkait pemahaman terhadap kata "pendidikan" dan "pengajaran" menurut Ki Hadjar Dewantara...
A. Tuntunan adalah salah satu bagian dari pengajaran
B. Tuntunan adalah salah satu bagian dari pendidikan
C. Pengajaran adalah salah satu bagian dari Pendidikan
D. Pendidikan adalah salah satu bagian dari tuntunan

Jawaban : C

2) Sifat pendidikan yang paling sesuai dengan bangsa kita menurut Ki Hadjar Dewantara adalah ...
A. Humanis, Oportunis, Kerakyatan
B. Humanis, Kerakyatanm dan Praktis
C. Humanis, Kerakyatan, dan Kebangsaan
D. Humanis, Kebangsaan dan Intelektualistis

Jawaban : C

3) Pengembangan budi pekerti (olah rasa, karakter), pikiran (olah pikir) dan jasmani (olah raga) murid melalui pendidikan tidak dapat dipisahkan, karena...
A. Penting untuk masa depan
B. Membuat diri murid menjadi seimbang
C. Akan menuntun bagaimana cara hidup dan memelihara hidup murid
D. Merupakan pokok pembelajaran dalam pendidikan

Jawaban : B

4) Berikut ini adalah bentuk praktik pengajaran, kecuali:
A. Guru menyampaikan cara membuat puisi
B. Guru mengamati minat murid terhadap puisi
C. Murid mempelajari ragam puisi yang disampaikan guru
D. Guru meminta murid membuat puisi sesuai teori yang diajarkan

Jawaban : B

5) Menurut Ki Hadjar Dewantara, sistem pendidikan barat mengedepankan rasio dan ilmu pengetahuan tanpa adanya...
A. Pendidikan emosional dan kecerdasan
B. Olah rasa dan pendidikan intelektual
C. Pendidikan intelektual dan emosional
D. Pendidikan emosional dan olah rasa

Jawaban : D

6) Dasar utama yang dicita-citakan Ki Hadjar Dewantara untuk mencapai keluhuran manusia, nusa dan bangsa adalah kemerdekaan setiap murid untuk mampu mengatur dirinya sendiri agar seperti tersebut di bawah ini, kecuali...
A. Berpikir merdeka dalam ketertiban bersama
B. Berperasaan
C. Dapat bekerja berdasarkan kehendak
D. Mengatur orang lain

Jawaban : D

7) Menurut Ki Hadjar Dewantara,... merupakan cara menyampaikan ilmu atau manfaat bagi hidup anak-anak secara lahir maupun batin.
    A. Menuntun
    B. Tuntunan
    C. Pendidikan
    D. Pengajaran

Jawaban : D

8) Menurut Ki Hadjar Dewantara, salah satu hasil dari "tuntunan" orang dewasa terhadap kekuatan-kekuatan yang dimiliki murid adalah...
A. Perubahan dasar hidup dan tumbuh kembangnya
B. Akal budi yang berkembang
C. Kekuatan murid yang semakin meningkat
D. Arah minat dan perubahan karakteristik diri

Jawaban : B

9) Ki Hadjar Dewantara mendefiniskan 'Pendidikan' sebagai "tuntunan" artinya ....
A. Tuntunan guru untuk membimbing murid
B. Tuntunan dalam promosi pembelajaran
C. Tuntunan murid untuk beradaptasi
D. Tuntunan dalam hidup tumbuhnya murid sesuai dengan kodratnya

Jawaban : D

10) Hanya fokus pada orientasi kognitif dalam pembelajaran dapat menyebabkan...
A. Murid malas belajar
B. Perkembangan kecakapan emosi dan sosial murid terabaikan
C. Murid tertekan untuk sekolah
D. Sistem penilaian tidak sesuai

Jawaban : B

11) Penanda manusia merdeka menurut Ki Hadjar Dewantara adalah berikut ini kecuali...
A. Berdaya
B. Berbudi pekerti
C. Beriman
D. Berkuasa atas kehendak diri

Jawaban : C

12) Apa definisi dari 'mendidik' yang paling tepat menurut Ki Hadjar Dewantara?
A. Menuntut segala kodrat yang ada pada murid, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik itu sebagai manusia maupun anggota masyarakat
B. Menurun kehidupan murid agar mereka mampu menghadapi perubahaan lingkungan dan menjaling hubungan sosial dan budaya yang ada di sekitarnya
C. Mengajarkan murid mengenai hal-hal yang belum diketahui sehingga membuatnya menjadi leih tau agar wawasan dan ketrampilan yang dimiliki menjadi lebih baik untuk masa depannya
D. Menetapkan kebutuhan murid dengan melihat karakteristik setiap murid agar proses pendidikannya dapat berjalan dengan lebih optimal 

Jawaban : A

SDsDsd

"Semoga bermanfaat dan selesai mengerjakan Soal Pelatihan Mandiri Mengajar Merdeka."


Jika ingin Copy paste postingan ini, mohon untuk di sertakan sumber postingan aslinya dari kita seperti : (Sumber situs : finmediata.my.id)

إرسال تعليق

Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Silakan sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kami telah mendeteksi bahwa Anda menggunakan pemblokiran iklan di browser Anda. Silahkan di nonaktifkan Adsblock-NYA!
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.