Kunci Jawaban Soal Modul 2 Merancang Pembelajaran SD/Paket A

-- Sumber gambar : guru.kemdikbud.go.id --

Jawaban Soal Modul 2 Merancang Pembelajaran SD/Paket A

Perencanaan Pembelajaran SD (Paket A)

Baca juga

MODUL 2
Merancang Pembelajaran SD/ Paket A
Dikembangkan oleh Ditjen GTK Kemdikbudristek

1. Pemahaman bermakna dan pertanyaan pemantik
Latihan Pemahaman

Berikut yang bukan kriteria pertanyaan pemantik adalah
A. Inti dari topik pembelajaran
B. Berupa pertanyaan terbuka
C. Memikat ketertarikan murid pada topik yang akan dipelajari
D. Dapat dijawab tanpa perlu penyelidikan oleh murid

Jawaban : D

CERITA REFLEKTIF
Ketika sekolah dahulu, adakah pelajaran yang mau tidak mau diikuti, padahal tidak paham hingga saat ini, mengapa kita belajar hal tersebut? Ceritakan yuk!

Jawab :
Dahulu, tidak paham terhadap pelajaran suatu hal wajar. Biasanya karena hal-hal yang dianggap baru, sehingga sedikit sulit untuk menganalisisnya, apalagi jika dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari. Namun, setelah bereksplorasi maka akan mudah mengikutinya.

2. Merancang Asesmen Pembelajaran
Latihan Pemahaman

Indikator pencapaian kompetensi dibuat untuk
A. Memastikan tujuan pembelajaran sudah tercapai
B. Membuat pengukuran yang terarah
C. Memudahkan dalam merancang asesmen
D. Semua benar

Jawaban : D

Saat merancang asesmen kita menentukan hal-hal berikut, kecuali
A. Indikator pencapaian kompetensi
B. Pertanyaan pematik
C. Alat ukur yang akan dipakai
D. Panduan asesmen untuk murid

Jawaban : B

CERITA REFLEKTIF
Saat menjadi murid dahulu, bagaimana perasaan Ibu dan Bapak Guru saat mengerjakan ujian/ulangan?

Jawab :
Gerogi sudah tentu, takut dapat nilai kecil ya jelas pasti. Meskipun demikian, dapat membagi waktu bermain dan belajar dengan baik.

3. Merumuskan Modul Ajar
Latihan Pemahaman

SOAL!
Merancang modul ajar sebenarnya adalah proses kita merancang kegiatan belajar. Hal-hal yang perlu ditentukan saat merancang modul ajar adalah:
A. Rincian kegiatan belajar
B. Bahan ajar yang diperlukan murid
C. Dimensi profil pelajar pancasila yang akan ditumbuhkan
D. Semua benar

Jawaban : D

Berikut kondisi-kondisi yang membuat kita perlu memodifikasi modul ajar, kecuali
A. Sarana dan prasarana yang disarankan tidak tersedia
B. Kemampuan dan karakteristik murid yang berbeda
C. Capaian pembelajaran yang berbeda
D. Kondisi lingkungan sekolah yang berbeda

Jawaban : C

CERITA REFLEKTIF
Menurut Ibu dan Bapak guru, pembelajaran yang membosankan itu yang seperti apa?

Jawab :
Pembelajaran berbasis CBSA, Catat Buku Sampai Habis.

1. Post Test
1) Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini:
  1. Membuktikan pemahaman yang dicapai setelah mempelajari topik tertentu
  2. Meningkatkan motivasi intrinsik peserta didik
  3. Menjadi umpan balik proses pembelajaran
  4. Membantu dalam menjelaskan manfaat pembelajaran dan tujuan pembelajaran
Pernyataan di atas yang terkait manfaat dari pertanyaan pemantik ditunjukkan oleh nomor . . .
A. 1 dan 3
B. 1 dan 4
C. 1 dan 2
D. 3 dan 4

Jawaban : A

2) Pak Anto adalah seorang guru IPA kelas 6. Pak Anto sedang menyampaikan pembelajaran mengenai perubahan wujud benda. Pertanyaan pemantik yang dapat digunakan oleh Pak Anto dalam proses pembelajaran tersebut adalah . . . .
A. Bagaimana cara mengubah air menjadi es?
B. Apakah suhu mempengaruhi perubahan wujud benda?
C. Bagaimana hubungan antara suhu dengan perubahan wujud benda?
D. Apakah udara bisa mengalami perubahan wujud?

Jawaban : C

3) Dalam penyusunan asesmen, penentuan alat ukur yang tepat sangat tergantung pada . . .
A. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran.
B. Aspek dan tingkat capaian peserta didik.
C. Capaian pembelajaran sesuai fase.
D. Lembar penilaian yang disiapkan.

Jawaban : A

1) Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam menyusun Asesmen adalah....
A. Menentukan apa bukti-bukti yang dapat menunjukkan pemahaman peserta didik
B. Menentukan indikator pencapaian kompetensi
C. Menentukan alat ukur yang tepat
D. Menentukan lembar asesmen yang akan digunakan

Jawaban : A

2) Pak Markus sedang merancang asesmen untuk pelajaran Seni Musik. Pak Markus ingin agar para peserta didik mampu merancang sebuah pagelaran seni secara berkelompok. Pak Markus memberikan kebebasan kepada para peserta didik untuk memilih jenis pagelaran musik yang akan ditampilkan. Untuk proses penilaiannya, Pak Markus memutuskan akan menggunakan rubrik. Pak Markus memutuskan akan menggunakan 3 aspek utama yaitu penampilan, harmonisasi, dan variasi alat musik yang digunakan. Yang tidak termasuk kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran menunjukkan harmonisasi dalam bermusik adalah....
A. 3 alat musik atau lebih digunakan sekaligus
B. Musik dan vokal terdengar harmonis 
C. Suara musik tidak mendominasi
D. Artikulasi dan nada tepat

Jawaban : A

3) Bu Ani sedang mempelajari modul ajar prakarya pengolahan yang didapat dari Platform Merdeka Mengajar. Modul tersebut membahas teknik pengawetan dengan metode pengasinan. Contoh kegiatan yang ada di modul ajar tersebut adalah cara membuat ikan asin secara tradisional. Sekolah Bu Ani berada di daerah pertanian yang jauh dari laut sehingga kesulitan untuk melakukan kegiatan yang sama
dengan modul ajar tersebut. Salah satu hasil alam yang melimpah di daerah Bu Ani adalah sawi. Apa yang bisa dilakukan oleh Bu Ani terkait hal ini sehingga aktivitas pada modul ajar tersebut menjadi kontkestual?
A. Mengajak peserta didik untuk tetap mempraktikan cara membuat ikan asin.
B. Mengajak peserta didik untuk mempraktikkan cara membuat sawi asin.
C. Mengajak peserta didik untuk stii wisata ke daerah pembuat ikan asin.
D. Mengajak peserta didik untuk melihat tayangan video terkait pembuatan ikan asin.

Jawaban : D

4) Pak Robert sedang mempelajari modul ajar yang didapatkannya dari Platform Merdeka Mengajar. Karena mayoritas muridnya tidak memiliki telepon genggam untuk mengakses internet, ada beberapa aktivitas dalam modul ajar yang tidak bisa ia terapkan. Oleh karena itu, ia memodifikasi aktivitas menjadi kegiatan serupa namun tidak memerlukan telepon genggam. Upaya modifikasi modul ajar yang dilakukan Pak Robert tergolong...
A. Modifikasi terkait sarana dan prasarana belajar.
B. Modifikasi terkait konten isi.
C. Modifikasi asesmen,
D. Modifikasi materi
E. Modifikasi modekl belajar

Jawaban : A

5) Perhatikan pernyataan-pernyataan di bawah ini terkait keunggulan media ajar:
  1. Bermanfaat untuk memberikan pengalaman sensorik.
  2. Memudahkan peserta didik untuk memahami materi yang berkaitan dengan fenomena alam
  3. Lebih disukai peserta didik karena melibatkan pengalaman audio visual yang disesuaikan dengan perkembangan peserta didik.
  4. Mudah dipahami karena disajikan menggabungkan gambar, suara, dan teks.
Berdasarkan pernyataan di atas, keunggulan menggunakan media ajar berupa video ditunjukkan pada nomor....
A.1 dan 2
B. 3 dan 4
C 1 dan 3
D 2 dan 4

Jawaban : B

Tambahan Soal :
6) Tidak semua pertanyaan yang diajukan Guru kepada siswa adalah pertanyaan pemantik. Wiggins dan McTighe dalam bukunya The Understanding by Design menyatakan bahwa ada beberapa pertanyaan yang hanya mencari jawaban "resmi" dan benar (sesuai dengan buku teks) alih-alih membutuhkan jawaban dan penyelidikan yang mendalam. Jenis pertanyaan seperti ini akan mempersingkat proses penyelidikan yang sebetulnya diperlukan sebagai jantung pemahaman mendalam. Berdasarkan hal tersebut, manakah yang merupakan pertanyaan pemantik dibawah ini?
A. Seorang Guru PAUD membawa sebuah buku kemudian bertanya “Kira-kira siapa yang ada pada gambar ini?”
B. Seorang Guru Ekonomi bertanya “Apa pentingnya bagi kita mengetahui fakta angka inflasi naik setiap tahun?”
C. Seorang Guru Bahasa Indonesia bertanya “Apa saja cerita fiksi yang pernah kalian baca?”
D. Seorang Guru Geografi bertanya “Apakah bumi memiliki banyak lapisan tanah?”
E. Seorang Guru IPA bertanya “Bagaimana proses proses terjadinya hujan?”

Jawaban : C

7) Berikut pernyataan yang bukan merupakan kriteria dari pemahaman bermakna adalah...
A. Merupakan pemahaman praktis.
B. Mencerminkan kesimpulan dari pembelajaran.
C. Didapat melalui berbagai proses pencarian belajar.
D. Tidak memiliki jawaban 'benar' atau 'salah'.

Jawaban : A

8) Perhatikan pertanyaan-pertanyaan berikut ini :
  1. Bagaimana cara mengukur panjang sebuah meja?
  2. Alat apa saja yang dapat digunakan untuk mengukur meja?
  3. Bagaimana cara menggunakan timbangan?
  4. Apa yang bisa dilakukan untuk mengukur berat udara?
Bu Ami adalah seorang guru Fisika. Saat ini Bu Ami sedang menyampaikan pembelajaran mengenai pengukuran. Dari pertanyaan di atas, manakan pertanyaan pemantik yang dapat di gunakan oleh Bu Ami?
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 1 dan 4
D. 2 dan 3

Jawaban : C

9) Produk akhir merupakan salah satu asesmen sumatif, yaitu asesmen untuk evaluasi pada akhir proses pembelajaran. Salah satu tujuan dari adanya asesmen ini adalah...
A. Agar murid mendapatkan nilai
B. Untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
C. Agar guru bisa memberikan umpan balik seperti bagus, keren, pintar, pandai, cerdas, dan sebagainya
D. Untuk membandingkan yang didapatkan murid
E. Untuk menjadi data tambahan

Jawaban : B

10) Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini :
  1. Mengukur pencapaian hasil belajar
  2. Mengetahui kemampuan awal peserta didik
  3. Mengetahui kebutuhan belajar peserta didik
  4. Mendapatkan nilai dari pencapaian hasil belajar
Dari pernyataan di atas, fungsi asesmen formatif ditunjukkan oleh nomor . . . .
A. 1 dan 2.
B. 2 dan 3.
C. 1 dan 3.
D. 2 dan 4.

Jawaban : A

11) Ibu Yuki sedang melaksanakan PJJ. Ia hendak menggunakan modul ajar yang tersedia untuk pembelajaran selanjutnya. Setelah mempelajari modul ajar ia mendapat hal-hal berikut:
  • Isi modul ajar untuk pembelajaran luring
  • Modul ajar menyediakan lembar aktivitas yang bisa mengasah kemampuan berpikir proses
  • Modul ajar menyediakan rancangan asesmen yang bisa mendorong kompetensi muridnya secara menyeluruh
  • Jika akan menggunakan modul ajar tersebut, modifikasi yang perlu Ibu Yuki lakukan adalah ....
A. Mengganti rancangan asesmen yang sesuai dengan kebutuhan muridnya
B. Mengganti lembar aktivitas dengan lembar aktivitas dari pembelajaran tahun sebelumnya
C. Menyiapkan sarana seperti teknologi pendukung yang bisa mengakomodir aktivitas belajar
D. Mengganti bentuk asesmen menjadi kuis dengan bantuan aplikasi karena lebih mudah dilakukan secara daring.

Jawaban : C

12) Bu Anita seorang guru Matematika SD. Pada modul ajar yang didapatkan dari Platform Merdeka Mengajar, Bu Anita sangat tertarik dengan aktivitas peserta didik dalam menghitung volume bangun ruang. Namun di sekolah Bu Anita, alat peraga bangun ruang yang dibutuhkan belum tersedia, yang tersedia hanya alat peraga bangun datar dengan jumlah yang cukup banyak. Langkah yang dapat dilakukan Bu Anita agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan pada modul ajar tersebut adalah . . . .
A. Melakukan modifikasi pada tujuan pembelajaran
B. Melakukan modifikasi pada alat dan bahan praktik
C. Melakukan modifikasi pada langkah pembelajaran
D. Melakukan modifikasi pada modul ajar secara keseluruhan

Jawaban : A

13) Bu Anita seorang guru Matematika SD. Pada modul ajar yang didapatkan dari Platform Merdeka Mengajar, Bu Anita sangat tertarik dengan aktivitas peserta didik dalam menghitung volume bangun ruang. Namun di sekolah Bu Anita, alat peraga bangun ruang yang dibutuhkan belum tersedia, yang tersedia hanya alat peraga bangun datar dengan jumlah yang cukup banyak. Langkah yang dapat dilakukan Bu Anita agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan pada modul ajar tersebut adalah . . . .
A. Melakukan modifikasi pada tujuan pembelajaran
B. Melakukan modifikasi pada alat dan bahan praktik
C. Melakukan modifikasi pada langkah pembelajaran
D. Melakukan modifikasi pada modul ajar secara keseluruhan

Jawaban : D

14) Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini :
1. Mengetahui pencapaian hasil belajar peserta didik
2. Memperoleh data berupa nilai dari pencapaian hasil belajar
3. Mendapatkan gambaran kemampuan awal yang dimiliki peserta didik
4. Mengetahui kebutuhan belajar peserta didik
Dari pernyataan di atas, fungsi asesmen sumatif ditunjukkan oleh nomor . . . .
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 1 dan 3
D. 2 dan 4

Jawaban : A

15) Pak Markus sedang merancang asesmen untuk pelajaran Seni Musik. Pak Markus ingin agar para peserta didik mampu merancang sebuah pagelaran seni secara berkelompok. Pak Markus memberikan kebebasan kepada para peserta didik untuk memilih jenis pagelaran musik yang akan ditampilkan. Untuk proses penilaiannya, Pak Markus memutuskan akan menggunakan rubrik. Pak Markus akan menggunakan rubrik yang menilai 3 aspek yaitu penampilan, harmonisasi, dan variasi alat musik yang digunakan. Untuk menilai ketercapaian Tujuan Pembelajaran, maka yang perlu dilakukan Pak Markus adalah . . . .
A. Menentukan tujuan pembelajaran
B. Menentukan jenis asesmen
C. Menentukan capaian pembelajaran
D. Menentukan kriteria ketercapaian

Jawaban : D

16) Bu Ani sedang mempelajari modul ajar prakarya pengolahan yang didapat dari Platform Merdeka Mengajar. Modul tersebut membahas teknik pengawetan dengan metode pengasinan. Contoh kegiatan yang ada di modul ajar tersebut adalah cara membuat ikan asin secara tradisional. Sekolah Bu Ani berada di daerah pertanian yang jauh dari laut sehingga kesulitan untuk melakukan kegiatan yang sama dengan modul ajar tersebut. Salah satu hasil alam yang melimpah di daerah Bu Ani adalah sawi. Apa yang bisa dilakukan oleh Bu Ani terkait hal ini sehingga aktivitas pada modul ajar tersebut menjadi kontkestual?
A. Mengajak peserta didik untuk tetap mempraktikan cara membuat ikan asin.
B. Mengajak peserta didik untuk mempraktikkan cara dalam penyusunan asesmen Pak Markus sedang merancang ra membuat sawi asin.
C. Mengajak peserta didik untuk studi wisata ke daerah pembuat ikan asin.
D. Mengajak peserta didik untuk melihat tayangan video terkait pembuatan ikan asin.

Jawaban : D

17) Pak Markus sedang merancang asesmen untuk pelajaran Seni Musik. Pak Markus ingin agar para peserta didik mampu merancang sebuah pagelaran seni secara berkelompok. Pak Markus memberikan kebebasan kepada para peserta didik untuk memilih jenis pagelaran musik yang akan ditampilkan. Untuk proses penilaiannya, Pak Markus memutuskan akan menggunakan rubrik. Pak Markus memutuskan akan menggunakan 3 aspek utama yaitu penampilan, harmonisasi, dan variasi alat musik yang digunakan. Yang tidak termasuk kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran menunjukkan harmonisasi dalam bermusik adalah . . . .
A. Peserta 3 alat musik atau lebih digunakan sekaligus
B. Musik dan vokal terdengar harmonis
C. Suara musik tidak mendominasi
D. Artikulasi dan nada tepat

Jawaban : A

18) Bu Ani sedang mempelajari modul ajar yang didapatkannya dari Platform Merdeka Mengajar. Salah satu kegiatan yang ada di modul ajar tersebut adalah cara membuat ikan asin secara tradisional. Sekolah Bu Ani berada di daerah pertanian yang jauh dari laut sehingga kesulitan untuk melakukan kegiatan yang sama dengan modul ajar tersebut. Salah satu hasil alam yang melimpah di daerah Bu Ani adalah sawi. Bu Ani mengajak peserta didik untuk membuat sawi asin. Upaya modifikasi modul ajar yang dilakukan oleh Bu Ani dengan memperhatikan . . . .
A. Pembelajaran kontekstual
B. Pemahaman pembelajaran
C. Pembelajaran berkesinambungan
D. Konten isi pembelajaran

Jawaban : A

19) Perhatikan pernyataan-pernyataan di bawah ini terkait keunggulan media ajar :
  1. Bermanfaat untuk memberikan pengalaman sensorik.
  2. Memudahkan peserta didik untuk memahami materi yang berkaitan dengan fenomena alam
  3. Lebih disukai peserta didik karena melibatkan pengalaman audio visual yang disesuaikan dengan perkembangan peserta didik.
  4. Mudah dipahami karena disajikan menggabungkan gambar, suara, dan teks.
Berdasarkan pernyataan di atas, keunggulan menggunakan media ajar berupa video ditunjukkan pada nomor . . . .
A. 1 dan 2
B. 3 dan 4
C. 1 dan 3
D. 2 dan 4

Jawaban : B

20) Berikut merupakan peran media ajar dalam proses pembelajaran yang berpusat pada murid
kecuali …
A. Meningkatkan pemahaman murid.
B. Membuat pelajaran menjadi lebih menarik dan efektif.
C. Jika sesuai minat murid dapat meningkatkan motivasi murid dalam belajar.
D. Untuk menggantikan guru mengajar siswa tanpa perlu berinteraksi lagi
E. Pemilihan media yang sesuai dengan tingkat kompetensi murid dapat membantu guru merancang pembelajaran berdiferensiasi yang sesuai kebutuhan murid.

Jawaban : D

"Semoga bermanfaat dan selesai mengerjakan Soal Pelatihan Mandiri Mengajar Merdeka."


Jika ingin Copy paste postingan ini, mohon untuk di sertakan sumber postingan aslinya dari kita seperti : (Sumber situs : finmediata.my.id)

إرسال تعليق

Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Silakan sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kami telah mendeteksi bahwa Anda menggunakan pemblokiran iklan di browser Anda. Silahkan di nonaktifkan Adsblock-NYA!
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.