Kunci Jawaban Soal Modul 2 Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Dekoding

 

-- Sumber gambar : guru.kemdikbud.go.id --

Jawaban Soal Modul 2 Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Dekoding

Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Keterampilan Membaca Dekoding dan Pemahaman

Baca juga

MODUL 2
Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Dekoding
Dikembangkan oleh Inovasi

1. Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Dekoding - Kelompok Penguasaan Huruf
Latihan Pemahaman

SOAL!
Berikut ini, strategi yang tepat dalam melakukan pembelajaran pada kelompok penguasaan huruf ialah ....
A. Mengenalkan huruf dari kata-kata yang peserta didik kenal
B. Mengenalkan suku-suku kata sebagai bagian dari kata bermakna
C. Mengenalkan kata yang berhubungan dengan konteks tertentu
D. Meminta peserta didik membaca buku cerita secara mandiri

Jawaban : A

CERITA REFLEKTIF
Kesulitan apa yang pernah ibu dan bapak hadapi saat belajar membaca dahulu?

Jawab :
Membaca adalah salah satu kemampuan verbal untuk memahami suatu kata maupun kalimat tertentu. Berdasarkan soal, dapat disimpulkan bahwa kesulitan yang pernah dihadapi saat belajar membaca dahulu yaitu merangkai kata pada huruf yang berakhiran konsonan dan menggabungkan suatu kata tertentu.

2. Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Dekoding – Kelompok dengan Suku Kata
Latihan Pemahaman

SOAL!
Berikut merupakan variasi kegiatan dalam kelompok suku kata, kecuali ....
A. Mencari benda di sekitar yang berawalan dengan huruf a, i, m, n dan t
B. Membuat kata dari suku-suku kata
C. Menghitung jumlah suku kata dengan menggunakan tutup botol
D. Mengenali suku-suku kata sebagai agian dari kata bermakna

Jawaban : A

CERITA REFLEKTIF
Pengalaman kegiatan membaca menarik apa yang pernah
ibu dan bapak rasakan di kelas?

Jawab :
Pengalaman kegiatan membaca menarik yang pernah dirasakan dikelas yaitu ketika membacakan cerita tentang asal usul suatu daerah. Pada kegiatan tersebut banyak cerita menarik didalamnya.

3. Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Dekoding – Kelompok dengan Kata
Latihan Pemahaman

SOAL!
Selain belajar memahami makna kata, pada kelompok kata, peserta didik juga belajar memahami bahwa ....
A. Kalimat adalah serangkaian kata bermakna yang memiliki struktur
B. Huruf memiliki nama dan bunyi yang berbeda
C. Kata yang jarang dijumpai lebih sulit untuk dibaca
D. Kalimat harus dibaca dengan tepat sesuai dengan tanda baca

Jawaban : A

CERITA REFLEKTIF
Hal tersulit apa yang ibu dan bapak temukan saat membimbing siswa membaca?

Jawab :
Berikut beberapa kesulitan yang dialami ketika kita membimbing siswa belajar membaca yaitu:
1) Siswa cepat merasa bosan ketika diajarkan.
2) Siswa kesulitan dalam merangkai huruf.
3) Siswa kesulitan dalam membaca kata dasar.
4) Siswa ambat dalam mengeja huruf pada kata yang dibaca.

4. Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Dekoding – Kelompok dengan Membaca Lancar
Latihan Pemahaman

SOAL!
Peserta didik perlu belajar untuk membaca menggunakan tanda baca yang tepat, agar ....
A. Peserta didik mencapai tujuan pembelajaran yang sudah ditentukan
B. Pendengar dapat memahami informasi yang disampaikan dengan lebih baik
C. Sesuai dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran yang sudah dirumuskan
D. Pendidik dapat memberikan nilai yang bagus pada peserta didik

Jawaban : B

CERITA REFLEKTIF
Hal apa yang memotivasi ibu dan bapak untuk membaca?

Jawab :
Hal-hal yang menjadi motivasi untuk membaca ialah:
1) Membaca membuat kita mendapat ilmu pengetahuan baru dan wawasan yang luas.
2) Membaca membantu kita dalam menjaga fungsi otak dan daya ingat.
3) Membaca menyenangkan dan dapat mengisi waktu luang.

5. Post Test
1) Selama kegiatan terdiferensiasi, sebaiknya ibu dan bapak guru menggunakan kata yang sering dijumpai oleh peserta didik. Misalnya, kata dari buku cerita yang sedang digunakan. Pernyataan di atas adalah...
    A. Benar
    B. Salah

Jawaban : A

2) Variasi kegiatan yang dapat dilakukan dalam kelompok penguasaan huruf adalah...
A. Mencari benda di sekitar yang berawalan dengan huruf a, b, i, k, dan m
B. Mengenal huruf dari kata-kata yang menantang
C. Menghitung jumlah huruf dengan bertepuk tangan
D. Mengenal suku-suku kata sebagai bagian dari kata bermakna

Jawaban : A

3) Dalam kegiatan terdiferensiasi pada kelompok kata, pendidik hanya dapat menggunakan satu jenis kegiatan saja. Pernyataan di atas adalah...
    A. Benar
    B. Salah

Jawaban : B

4) Aden sudah fasih dalam membaca kata dan memahami makna kata. Aden pun sudah memahami bahwa kalimat terdiri dari serangkaian kata dan memiliki struktur. Maka, pada kegiatan membaca Aden dapat masuk ke dalam kelompok...
    A. Penguasaan huruf
    B. Suku kata
    C. Kata
    D. Membaca lancar

Jawaban : D

"Semoga bermanfaat dan selesai mengerjakan Soal Pelatihan Mandiri Mengajar Merdeka."


Jika ingin Copy paste postingan ini, mohon untuk di sertakan sumber postingan aslinya dari kita seperti : (Sumber situs : finmediata.my.id)

Post a Comment

Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Silakan sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kami telah mendeteksi bahwa Anda menggunakan pemblokiran iklan di browser Anda. Silahkan di nonaktifkan Adsblock-NYA!
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.