-- Sumber gambar : guru.kemdikbud.go.id --
Jawaban Soal Modul 2 Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Dekoding
Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Keterampilan Membaca Dekoding dan Pemahaman
Baca juga
MODUL 2
Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Dekoding
Dikembangkan oleh Inovasi
1. Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Dekoding - Kelompok Penguasaan Huruf
Latihan Pemahaman
SOAL!
Berikut ini, strategi yang tepat dalam melakukan pembelajaran pada kelompok penguasaan huruf ialah ....
A. Mengenalkan huruf dari kata-kata yang peserta didik kenalB. Mengenalkan suku-suku kata sebagai bagian dari kata bermaknaC. Mengenalkan kata yang berhubungan dengan konteks tertentuD. Meminta peserta didik membaca buku cerita secara mandiri
Jawaban : A
CERITA REFLEKTIF
Kesulitan apa yang pernah ibu dan bapak hadapi saat belajar membaca dahulu?
Jawab :
Membaca adalah salah satu kemampuan verbal untuk memahami suatu kata maupun kalimat tertentu. Berdasarkan soal, dapat disimpulkan bahwa kesulitan yang pernah dihadapi saat belajar membaca dahulu yaitu merangkai kata pada huruf yang berakhiran konsonan dan menggabungkan suatu kata tertentu.
2. Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Dekoding – Kelompok dengan Suku Kata
Latihan Pemahaman
SOAL!
Berikut merupakan variasi kegiatan dalam kelompok suku kata, kecuali ....
A. Mencari benda di sekitar yang berawalan dengan huruf a, i, m, n dan tB. Membuat kata dari suku-suku kataC. Menghitung jumlah suku kata dengan menggunakan tutup botolD. Mengenali suku-suku kata sebagai agian dari kata bermakna
Jawaban : A
CERITA REFLEKTIF
Pengalaman kegiatan membaca menarik apa yang pernah
ibu dan bapak rasakan di kelas?
Jawab :
Pengalaman kegiatan membaca menarik yang pernah dirasakan dikelas yaitu ketika membacakan cerita tentang asal usul suatu daerah. Pada kegiatan tersebut banyak cerita menarik didalamnya.
3. Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Dekoding – Kelompok dengan Kata
Latihan Pemahaman
SOAL!
Selain belajar memahami makna kata, pada kelompok kata, peserta didik juga belajar memahami bahwa ....
A. Kalimat adalah serangkaian kata bermakna yang memiliki strukturB. Huruf memiliki nama dan bunyi yang berbedaC. Kata yang jarang dijumpai lebih sulit untuk dibacaD. Kalimat harus dibaca dengan tepat sesuai dengan tanda baca
Jawaban : A
CERITA REFLEKTIF
Hal tersulit apa yang ibu dan bapak temukan saat membimbing siswa membaca?
Jawab :
Berikut beberapa kesulitan yang dialami ketika kita membimbing siswa belajar membaca yaitu:
1) Siswa cepat merasa bosan ketika diajarkan.
2) Siswa kesulitan dalam merangkai huruf.
3) Siswa kesulitan dalam membaca kata dasar.
4) Siswa ambat dalam mengeja huruf pada kata yang dibaca.
4. Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Dekoding – Kelompok dengan Membaca Lancar
Latihan Pemahaman
SOAL!
Peserta didik perlu belajar untuk membaca menggunakan tanda baca yang tepat, agar ....
A. Peserta didik mencapai tujuan pembelajaran yang sudah ditentukanB. Pendengar dapat memahami informasi yang disampaikan dengan lebih baikC. Sesuai dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran yang sudah dirumuskanD. Pendidik dapat memberikan nilai yang bagus pada peserta didik
Jawaban : B
CERITA REFLEKTIF
Hal apa yang memotivasi ibu dan bapak untuk membaca?
Jawab :
Hal-hal yang menjadi motivasi untuk membaca ialah:
1) Membaca membuat kita mendapat ilmu pengetahuan baru dan wawasan yang luas.
2) Membaca membantu kita dalam menjaga fungsi otak dan daya ingat.
3) Membaca menyenangkan dan dapat mengisi waktu luang.
5. Post Test
1) Selama kegiatan terdiferensiasi, sebaiknya ibu dan bapak guru menggunakan kata yang sering dijumpai oleh peserta didik. Misalnya, kata dari buku cerita yang sedang digunakan. Pernyataan di atas adalah...
A. Benar
B. Salah
Jawaban : A
2) Variasi kegiatan yang dapat dilakukan dalam kelompok penguasaan huruf adalah...
A. Mencari benda di sekitar yang berawalan dengan huruf a, b, i, k, dan mB. Mengenal huruf dari kata-kata yang menantangC. Menghitung jumlah huruf dengan bertepuk tanganD. Mengenal suku-suku kata sebagai bagian dari kata bermakna
Jawaban : A
3) Dalam kegiatan terdiferensiasi pada kelompok kata, pendidik hanya dapat menggunakan satu jenis kegiatan saja. Pernyataan di atas adalah...
A. Benar
B. Salah
Jawaban : B
4) Aden sudah fasih dalam membaca kata dan memahami makna kata. Aden pun sudah memahami bahwa kalimat terdiri dari serangkaian kata dan memiliki struktur. Maka, pada kegiatan membaca Aden dapat masuk ke dalam kelompok...
A. Penguasaan huruf
B. Suku kata
C. Kata
D. Membaca lancar
Jawaban : D
"Semoga bermanfaat dan selesai mengerjakan Soal Pelatihan Mandiri Mengajar Merdeka."
Jika ingin Copy paste postingan ini, mohon untuk di sertakan sumber postingan aslinya dari kita seperti : (Sumber situs : finmediata.my.id)