Kunci Jawaban Soal Modul 2 Pembelajaran Versi Kurikulum Medeka

-- Sumber gambar : guru.kemdikbud.go.id --

Jawaban Soal Modul 2 Pembelajaran Versi Kurikulum Medeka

Kurikulum Merdeka

Baca juga

MODUL 2
Pembelajaran Versi Kurikulum Merdeka
Dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi serta ditinjau oleh Itje Chodijah.

Daftar Materi

1. Prinsip Umum Pembelajaran
Latihan Pemahaman

SOAL!
1. Berikut yang tidak termasuk prinsip pembelajaran yang berpihak pada murid adalah?
A. Mempertimbangkan kebutuhan capaian belajar murid saat ini.
B. Membangun kapasitas belajar murid menjadi pembelajar sepanjang hayat.
C. Mendukung perkembangan kognitif dan karakter murid.
D. Mengusahakan seluruh materi selesai diajarkan dalam satu tahun ajaran.

Jawaban : D

CERITA REFLEKTIF
Ibu dan Bapak Guru, ceritakan yuk tentang waktu favorit bersama murid, ketika sedang melakukan apa?

Jawab :
  1. Ketika kami melakukan praktik pada LKPD di sana murid pertama kali menggunakan busur dan jangka untuk menentukan garis tinggi segitiga. Saat itu, antusiasme murid-murid yang tinggi dalam mengerjakan LKPD membuat saya senang dan bangga.
  2. Waktu favorit bersama siswa adalah ketika melakukan diskusi bersama tentang topik...., di mana saya mencoba memancing siswa untuk berani mengeluarkan pendapatnya tentang suatu hal.
  3. Di antara waktu favorit bersama murid misalnya ketika mendampingi siswa melakukan observasi tentang.... Sebab bisa melihat berbagai ide dan kreativitas siswa, serta antusiasme mereka dalam melakuakn observasi.
  4. Waktu favorit bersama siswa adalah ketika melihat mereka aktif dan antusias dalam mengerjakan suatu proyek berkelompok dalam topik atau tema.... di sana, saya melihat banyak siswa yang benar-benar terpancing untuk berpikir kreatif.
2. Capaian Pembelajaran
Latihan Pemahaman

SOAL1
1) Sebagai acuan pembelajaran, Capaian Pembelajaran diturunkan menjadi...
A. Modul ajar
B. Alur tujuan pembelajaran
C. Tujuan pembelajaran
D. RPP

Jawaban : C

2) Capaian Pembelajaran dibuat untuk rentang waktu…
A. 1 fase
B. 1 tahun ajaran
C. 1 semester
D. Tegantung kebutuhan

Jawaban : A

3) Dimensi-dimensi dalam profil pelajar pancasila dibangun sejak...
A. Mulai dari SMP hingga SMA/SMK
B. Dasar di SD saja
C. Fase fondasi di PAUD hingga lulus SMA/SMK
D. SD hingga SMA/SMK

Jawaban : C

CERITA REFLEKTIF

Perubahan apa yang Ibu/Bapak rasa akan paling signifikan di kelas dengan implementasi Kurikulum Merdeka?

Jawab :
Pembelajaran yang dinamis.

3. Struktur pembelajaran dengan Paradigma Baru
Latihan Pemahaman

Dalam Kurikulum Prototipe (Kurikulum Merdeka) terdapat program yang memberikan pembelajaran kontekstual dan mengasah kemampuan berpikir murid. Program ini mempunyai tujuh tema yang dapat dipilih oleh sekolah untuk dieksplorasi.
A. Program tersebut adalah...
B. Intrakurikuler.
C. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
D. Ekstrakurikuler.
E. Semua benar.

Jawaban : C

CERITA REFLEKTIF
Setelah mengenal perubahan utama pembelajaran pada kurikulum merdeka, hal apa yang paling membuat Ibu dan Bapak Guru bersemangat? Mengapa?

Jawab :
Hal utama yang menjadi penyemangat adalah peserta didik. Karena pembelajaran pada Kurikulum Merdeka lebih menyenangkan dan dinamis yang dapat disesuaikan dengan kondisi lingkungan.

Post Test
1. Untuk memberikan wawasan dan gambaran yang kontekstual mengenai peran murid SMP Merdeka Belajar pada masa yang akan datang, Pak Ardianto bekerja sama dengan sebuah partai politik dalam mengadakan projek pembelajaran berbasis pelayanan masyarakat. Apakah hal yang dilakukan oleh Pak Ardianto tersebut tepat?
A. Tepat, karena pembelajaran dengan paradigma baru mendorong murid untuk belajar secara kontekstual.
B. Tidak tepat, Pak Ardianto seharusnya dapat memilih komunitas yang netral untuk berkolaborasi dalam pembelajaran
C. Tepat, karena sekolah merdeka untuk melibatkan pihak manapun dalam menyelenggarakan pembelajaran
D. Tidak tepat, karena kegiatan tersebut lebih cocok diterapkan pada murid SMA/SMK

Jawaban : B

2. Salah satu perubahan struktur kurikulum pada kurikulum prototipe (Kurikulum Merdeka) di SMP adalah…
A. Pembelajaran IPA dan IPS dilakukan secara terpadu menjadi IPAS
B. Murid dapat memilih mata pelajaran peminatan yang disediakan oleh sekolah
C. Mata pelajaran informatika merupakan mata pelajaran wajib.
D. Muatan pembelajaran IPAS terintegrasi dalam mata pelajaran lain

Jawaban : C

3. Contoh penerapan asesmen dalam Kurikulum Prototipe (Kurikulum Merdeka) yang tepat adalah…
A. Bu Atikah menggunakan nilai ulangan sebagai satu-satunya sumber penilaian untuk murid
B. Pak Jimi melakukan penilaian sikap, ketrampilan dan pengetahuan secara terpisah di kelas.
C. Bu Linda melakukan asesmen diagnostik untuk membuat pemetaan kemampuan awal murid di awal semester.
D. Sekolah menetapkan seluruh guru harus menggunakan tes tulis sebagai asesmen sumatif

Jawaban : C

4. Berikut ini merupakan penerapan pembelajaran berdiferensiasi di kelas, kecuali…
A. Guru mengelompokkan murid sesuai dengan kebutuhan dan karakteristiknya
B. Murid diberikan keleluasaan untuk memilih bahan belajar untuk mendukung proses belajarnya.
C. Seluruh murid hanya mempelajari materi dari video pembelajaran yang dibuat guru
D. Guru melibatkan murid untuk menentukan target belajarnya di kelas.

Jawaban : C

5. Projek penguatan profil pelajar pancasila dilaksanakan dengan alokasi waktu sendiri, tidak terikat dengan mata pelajaran apapun.
    A. Benar
    B. Salah

Jawaban : B

6. Di awal tahun pelajaran, Bu Sari mengidentifikasi murid di kelasnya (fase C) masih memiliki kemampuan membaca seperti di fase A. Hal yang sebaiknya tidak dilakukan Bu Sari adalah…
A. Meminta murid tersebut untuk kembali belajar di kelas sebelumnya
B. memberikan pengayaan dan jam tambahan membaca
C. Merancang perangka ajar yang sesuai dengan kemampuan
D. Memberikan pendampingan pada murid tersebut

Jawaban : D

7. Capaian pembelajaran berisi kompetensi inti dan konten esensial yang harus dicapai dalam satu fase.
    A. Benar
    B. Salah

Jawaban : A

8. Belajar merupakan proses membangun pengetahuan baru dan dilakukan sendiri oleh murid. Pengetahuan baru ini dibangun dari kemampuan awal, pengalaman belajar, dan interaksi sosial yang dimiliki murid. Pandangan tersebut sesuai dengan teori belajar yang digunakan dalam penyusunan capaian pembelajaran, yaitu…
A. Behaviorisme
B. Konstruktivisme
C. Kognitivisme
D. Taksonomi Bloom

Jawaban : B

"Semoga bermanfaat dan selesai mengerjakan Soal Pelatihan Mandiri Mengajar Merdeka."


Jika ingin Copy paste postingan ini, mohon untuk di sertakan sumber postingan aslinya dari kita seperti : (Sumber situs : finmediata.my.id)

إرسال تعليق

Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Silakan sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kami telah mendeteksi bahwa Anda menggunakan pemblokiran iklan di browser Anda. Silahkan di nonaktifkan Adsblock-NYA!
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.