Kunci Jawaban Soal Modul 2 Persiapan Pembelajaran Berdiferensi

-- Sumber gambar : guru.kemdikbud.go.id --

Jawaban Soal Modul 2 Persiapan Pembelajaran Berdiferensi


Penyesuaian Pembelajaran Dengan Kebutuhan Dan Karakteristik Murid Sd/Paket A

Baca juga

MODUL 2
Persiapan Pembelajaran Berdiferensiasi
Dikembangkan oleh Sofie Dewayani

Daftar Materi

1. Memodifikasi Modul Ajar 1
Latihan Pemahaman

SOAL!
Saat kita ingin memodifikasi modul ajar, pemetaan murid adalah hal yang penting untuk dilakukan sebagai bekal kita untuk memodifikasi modul ajar sesuai kebutuhan murid.
A. Benar
B. Salah

Jawaban : A

CERITA REFLEKTIF
Setelah mempelajari materi ini, menurut Anda, apakah tantangan dalam melakukan modifikasi modul ajar? Bagaimana strategi Anda untuk menghadapinya?

Jawab :
Kesulitannya adalah bagaimana caranya menyesuaikan dengan kebutuhan murid.

2. Memodifikasi Modul Ajar 2
Latihan Pemahaman

SOAL!
1) Saat kita ingin memodifikasi modul ajar, pemetaan murid adalah hal yang penting untuk dilakukan sebagai bekal kita untuk memodifikasi modul ajar sesuai kebutuhan murid.
    A. Benar
    B. Salah

Jawaban : A

2) Pengelompokkan murid dapat didasarkan pada pilihan bebas guru, misalnya kedekatan orang tua murid, tingkat strata sosial, dan kedekatan murid.
    A. Benar
    B. Salah

Jawaban : B

CERITA REFLEKTIF
Setelah mempelajari materi ini, menurut Anda, apakah tantangan dalam melakukan modifikasi modul ajar? Bagaimana strategi Anda untuk menghadapinya?

Jawab :
Kesulitannya adalah bagaimana caranya menyesuaikan dengan kebutuhan murid.

3. Pelibatan Murid
Latihan Pemahaman

SOAL!
1) Sebagai pendidik, kita dapat melibatkan murid dalam belajar. Murid dapat dilibatkan dalam proses pembelajarannya dari tahap perencanaan hingga tahap refleksi. Pernyataan di atas adalah...
    A. Benar
    B. Salah

Jawaban : A

2) Pelepasan tanggung jawab bertahap adalah sebuah proses dimana tanggung jawab berpikir perlu secara bertahap bergeser dari guru hingga akhirnya peserta didik dapat mengaplikasikan sebuah ilmu secara mandiri. Pernyataan di atas adalah...
    A. Benar
    B. Salah

Jawaban : A

CERITA REFLEKTIF
Saat bersekolah dulu, apakah Ibu dan Bapak mempunyai peran dalam proses belajar? Jika ya, seperti apa peran yang dimiliki?

Jawab :
Ya, Sangat memiliki peran penting.
Karena peran orangtua salah satunya ialah, membantu mengerjakan PR dan menerangkan kembali soal tersebut, karena saat mengerjakan PR kita ada sedikit mengalami kesulitan maka dari itulah orangtua membantu dan menjelaskan lagi cara mengerjakan PR tersebut.
Peran orang tua sangat penting bagi kehidupan setiap anaknya. Untuk itu pastikan bahwa orang tua sadar akan perannya tersebut.

4. Post Test
1. Bagaimana perubahan peran Guru dalam sebuah kelas yang menerapkan pembelajaran berdiferensiasi?
A. Guru adalah sumber belajar utama dan murid mengikuti apa yang telah ditetapkan.
B. Guru bukan sumber belajar utama, sehingga murid bisa belajar dari siapa saja dan
mana saja.
C. Guru menjadi mediator antar murid agar terjadi transfer pengetahuan di kelas.
D. Guru menjadi motivator yang mengamati murid dari jauh selama proses belajar.

Jawaban : B

2. Pak Bonu ingin mengajak peserta didiknya untuk terlibat dalam proses pembelajaran, khususnya pada tahap perencanaan. Salah satu langkah yang bisa dilakukan oleh
Pak Bonu adalah 
A. Mengajak murid untuk menyepakati target dan tujuan belajar.
B. Mengajak murid berdiskusi terkait cara belajar dan strategi belajar yang diinginkan saat belajar.
C. A dan B adalah jawaban salah
D. A dan B adalah jawaban benar

Jawaban : D

3. Simak langkah-langkah berikut:
  1. Murid menentukan tujuan yang akan dicapai dan hal apa yang ingin dia ketahui
  2. Murid melakukan refleksi atas kemampuannya
  3. Guru memberikan gambaran rubrik sebagai harapan kompetensi dari capaian murid
  4. Guru menginformasikan tujuan belajar yang akan dicapai bersama
Alur tahapan pembuatan tujuan belajar oleh murid yang tepat adalah...
A. 1-2-3-4
B. 1-3-2-4
C. 4-3-2-1
D. 4-2-3-1

Jawaban : C

4. Bu Esther ingin membagi muridnya dalam kelompok sehingga ia dapat melakukan pembelajran berdiferensiasi sesuai dengan kebutuhan dan minat muridnya. Ternyata Bu Esther tetap kesulitan karena semua murid tetap bertanya padanya dan proses belajar masih berpusat pada guru. Apa yang dapat Bu Esther lakukan?
A. Bu Esther dapat melakukan praktik pelepasan tanggung jawab bertahap. Ia mengajak murid-murid dalam grup untuk bekerja sendiri-sendiri tanpa adanya pengawasan dari guru. Porsi tanggung jawab guru lebih besar dari murid.
B. Bu Esther dapat melakukan praktik pelepasan tanggung jawab bertahap. Ia mengajak murid-murid dalam grup untuk bekerja sendiri-sendiri dengan hasil karya yang sudah ditentukan dan tidak boleh diubah. Murid tidak perlu bekerja sama untuk dapat memahami konsep.
C. Bu Esther dapat melakukan praktik pelepasan tanggung jawab bertahap. Ia mengajak murid-murid dalam grup untuk menghasilkan sebuah karya yang berkaitan dengan konsep yang sedang dipelajari. Murid bekerja sama untuk memperkuat pemahaman konsep. Murid mempunyai porsi tanggung jawab yang lebih besar dibanding guru.
D. Semua salah

Jawaban : C

"Semoga bermanfaat dan selesai mengerjakan Soal Pelatihan Mandiri Mengajar Merdeka."


Jika ingin Copy paste postingan ini, mohon untuk di sertakan sumber postingan aslinya dari kita seperti : (Sumber situs : finmediata.my.id)

إرسال تعليق

Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Silakan sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kami telah mendeteksi bahwa Anda menggunakan pemblokiran iklan di browser Anda. Silahkan di nonaktifkan Adsblock-NYA!
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.