-- Sumber gambar : guru.kemdikbud.go.id --
Jawaban Soal Modul 2 Restitusi
Disiplin Positif
Baca juga
MODUL 2
Restitusi
Dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi serta ditinjau oleh Andri Nurcahyani dan Irfan Amali
1. Restitusi Disiplin (RDD)
Latihan Pemahaman
SOAL!
Apa saja sisi-sisi dari segitiga restitusi?
A. Menstabilkan kebutuhan, validasi keinginan dan kesepakatanB. Menstabilkan identitas, validasi kebutuhan dan nilai yang diyakiniC. Menstabilkan tujuan, validasi keinginan dan kepercayaanD. Menstabilkan kebutuhan, nilai yang diyakini
Jawaban : B
CERITA REFLEKTIF
Bagaimana Anda mendisiplinkan murid? (boleh menyebutkan lebih dari 1)
Jawab :
Dengan cara mendisiplinkan diri sendiri.
Memberikan tugas di luar kelas jika belum mengerjakan tugas
2. Sisi 1 Segitiga Restitusi: Stabilize the identity
Latihan Pemahaman
SOAL!
Apa tujuan dari dasar segitiga restitusi sisi satu menurut Dianne Gossen?
A. Mengubah identitas anak yang bersalah dari orang gagal menjadi orang suksesB. Mengubah dari kesuksesan menjadi perasaan bersalahC. Memvalidasi kebutuhan muridD. Semuan jawaban benar
Jawaban : A
CERITA REFLEKTIF
Kesalahan murid apa yang paling Anda ingat sampai membuat Anda marah? (boleh menyebutan lebih dari 1)
Jawab :
Membully teman sekelasnya.
Berkelahi dengan teman.
3. Sisi 2 Segitiga Restitusi: Validasi perilaku yang salah
Latihan Pemahaman
SOAL!
Berikut ini yang merupakan prinsip sisi dua dari segitiga restitusi adalah?
A. Seseorang tidak pernah mengambil pilihan yang terburukB. Seseorang tidak pernah mengambil pilihan yang terbaikC. Seseorang bisa berperilaku yang terbaikD. Seseorang tidak bisa berperilaku yang terbaik
Jawaban : C
CERITA REFLEKTIF
Kebutuhan murid apa yang paling Anda sering jumpai ketika mengajar? (boleh menyebutkan lebih 1)
Jawab :
Murid senang gurunya bercerita
4. Sisi 3 Segitiga Restitusi: Menanyakan keyakinan
Latihan Pemahaman
SOAL!
Bagaimana cara menggunakan sisi tiga dari segitiga
restitusi?
A. Menggali nilai-nilai yang diyakini bersamaB. Menggunakan nilai-nilai di masyarakatC. Membuat nilai-nilai sesuai keinginan guruD. Mengarahkan murid memercayai nilai yang diyakini guru
Jawaban : A
CERITA REFLEKTIF
Pernahkah murid anda bercerita tentang nilai yang ia yakini? (Ya/tidak)
Jawab :
Ya
5. Post Test
1) Dalam restitusi, penting bagi guru untuk memberikan pandangan baru pada murid-murid, bahwa disiplin adalah tentang bagaimana seseorang bisa….
A. Memenuhi kebutuhan dasar semua orangB. Mengikuti nasihat dan saran dari orang tua dan guruC. Patuh pada peraturan dan undang-undang yang berlakuD. Memenuhi kebutuhan dasar dirinya, dengan tetap memperhatikan kepentingan orang lain.
Jawaban : D
2) Restitusi disiplin diri adalah metode untuk penyusunan kembali model disiplin di sekolah, yang mengajak murid untuk melakukan hal-hal berikut, KECUALI ….
A. Mengidentifikasi kembali tindakannyaB. Menemukan pemecahan masalah yang bisa dilakukanC. Menganalisis dan memikirkan langkah yang tepat dalam pemecahan masalahnyaD. Menemukan masalah yang timbul untuk mengetahui penyebabnya dan siapa yang bersalah
Jawaban : D
3) Masing-masing murid memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, agar bisa menjalankan segitiga restitusi dengan lebih efektif, idealnya di kelas memiliki….
A. Keyakinan kelas
B. Perarturan kelas
C. Budaya sekolah
D. Peraturan sekolah
Jawaban : A
4) Pada saat ada murid melakukan kesalahan, guru perlu menormalkan kesalahan dan kegagalan tersebut, agar murid….
Setiap tindakan yang dilakukan manusia, baik atau buruk, memiliki alasan atau tujuan. Tujuan dari setiap tindakan tersebut adalah memenuhi kebutuhan dasar. Berikut ini yang merupakan kebutuhan dasar, selain bertahan hidup, adalah ….
A. Merasa bersalah dan menyesalB. Tidak mengulangi kesalahan yang dibuatC. Berpikir bahwa gurunya memahami situasinyaD. Bisa mengakses bagian otak untuk berpikir rasional
Jawaban : D
5) Diane Gossen memberikan strategi untuk melakukan restitusi dengan segitiga restitusi. Segitiga ini akan membantu memahami perilaku murid dan membimbing murid untuk belajar dari kesalahannya dan menjadi individu yang lebih baik. Berikut adalah sisi-sisi segitiga restitusi ….
A. Menenangkan murid, memvalidasi perilaku murid yang salah, menanyakan keyakinan muridB. Menenanggkan murid, menunjukkan perilaku murid yang salah, menanyakan keyakinan muridC. Menstabilkan identitas murid, memvalidasi perilaku murid yang salah menanyakan keyakinan muridD. Menstabilkan identitas murid, menunjukkan perilaku murid yang salah, menanyakan keyakinan murid
Jawaban : C
6) Setiap tindakan yang dilakukan manusia, baik atau buruk, memiliki alasan atau tujuan. Tujuan dari setiap tindakan tersebut adalah memenuhi kebutuhan dasar. Berikut ini yang merupakan kebutuhan dasar, selain bertahan hidup, adalah ….
A. Cinta, kekuatan, kemandirian, dan kebahagiaanB. Cinta, penguasaan kebebasan, dan kesenanganC. Cinta, kesetaraan, kemandirian, dan kesenanganD. Kekuatan, kesetaraan, kebebasan, dan kebahagiaan
Jawaban : B
7) Berikut ini adalah kalimat yang bisa diucapkan oleh guru untuk mengubah identitas murid yang melakukan kesalahan dari orang gagal menjadi orang sukses, KECUALI ….
A. Kamu berhak kok merasa begituB. Ibu/Bapak Guru tahu kok kalau kamu anak baikC. Ibu/Bapak Guru juga pernah kok melakukan kesalahan ituD. Bukan kamu saja yang tidak berhasil dalam pembelajaran ini
Jawaban : A
8) Berikut tiga dari enam landasan filosofi mengapa restitusi muncul dan baik untuk dilakukan:
- Kesalahan adalah hal yang normal
- Manusia sering tidak tahu jika mereka berbuat salah
- Pada saat manusia disalahkan, ia menjadi lebih kuat
- Restitusi memperkuat individu
- Restitusi membuat individu merasa dihargai dan percaya terhadap diri sendiri
- Individu yang tumbuh dalam proses restitusi cenderung tidak melakukan hal yang sama kepada orang lain
A. Nomor 1, 2, dan 3
B. Nomor 1, 4, dan 5
C. Nomor 2, 3, dan 6
D. Nomor 4, 5, dan 6
Jawaban : B
9) Memahami alasan atau kebutuhan di balik perilaku seseorang merupakan langkah penting dalam berpindah dari evaluasi diri menuju restitusi diri. Sehingga penting bagi seseorang untuk ….
A. Mengetahui cara memenuhi kebutuhan dirinyaB. Memahami dampak dari perbuatannya pada orang lainC. Mengerti bahwa semua orang memiliki kebutuhan dasar yang samaD. Memahami bahwa perasaan negatif tidak ada hubungannya dengan kebutuhan dasar
Jawaban : D
10) Berikut ini adalah alasan mengapa penting bagi guru untuk bertanya pada muridnya tentang apa yang ia yakini, KECUALI?
A. Untuk dapat mengingatkan murid akan kesalahan-kesalahan yang telah dilakukanB. Untuk menemukan unsur-unsur yang membuat murid termotivasi secara internalC. Nilai-nilai kepercayaan yang diyakini murid merupakan salah satu latar belakang yang mendasari perilaku muridD. Untuk menemukan aspirasi sosok yang dicita-citakan yang membuat murid termotivasi untuk berperilaku tertentu
Jawaban : B
"Semoga bermanfaat dan selesai mengerjakan Soal Pelatihan Mandiri Mengajar Merdeka."
Jika ingin Copy paste postingan ini, mohon untuk di sertakan sumber postingan aslinya dari kita seperti : (Sumber situs : finmediata.my.id)