Kunci Jawaban Soal Modul 2 Restitusi

 

-- Sumber gambar : guru.kemdikbud.go.id --

Jawaban Soal Modul 2 Restitusi


Disiplin Positif

Baca juga

MODUL 2
Restitusi
Dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi serta ditinjau oleh Andri Nurcahyani dan Irfan Amali

1. Restitusi Disiplin (RDD)
Latihan Pemahaman

SOAL!
Apa saja sisi-sisi dari segitiga restitusi?
A. Menstabilkan kebutuhan, validasi keinginan dan kesepakatan
B. Menstabilkan identitas, validasi kebutuhan dan nilai yang diyakini
C. Menstabilkan tujuan, validasi keinginan dan kepercayaan
D. Menstabilkan kebutuhan, nilai yang diyakini

Jawaban : B

CERITA REFLEKTIF
Bagaimana Anda mendisiplinkan murid? (boleh menyebutkan lebih dari 1)

Jawab :
Dengan cara mendisiplinkan diri sendiri. 
Memberikan tugas di luar kelas jika belum mengerjakan tugas

2. Sisi 1 Segitiga Restitusi: Stabilize the identity
Latihan Pemahaman

SOAL!
Apa tujuan dari dasar segitiga restitusi sisi satu menurut Dianne Gossen?
A. Mengubah identitas anak yang bersalah dari orang gagal menjadi orang sukses
B. Mengubah dari kesuksesan menjadi perasaan bersalah
C. Memvalidasi kebutuhan murid
D. Semuan jawaban benar

Jawaban : A

CERITA REFLEKTIF
Kesalahan murid apa yang paling Anda ingat sampai membuat Anda marah? (boleh menyebutan lebih dari 1)

Jawab :
Membully teman sekelasnya.
Berkelahi dengan teman.

3. Sisi 2 Segitiga Restitusi: Validasi perilaku yang salah
Latihan Pemahaman

SOAL!
Berikut ini yang merupakan prinsip sisi dua dari segitiga restitusi adalah?
A. Seseorang tidak pernah mengambil pilihan yang terburuk
B. Seseorang tidak pernah mengambil pilihan yang terbaik
C. Seseorang bisa berperilaku yang terbaik
D. Seseorang tidak bisa berperilaku yang terbaik

Jawaban : C

CERITA REFLEKTIF
Kebutuhan murid apa yang paling Anda sering jumpai ketika mengajar? (boleh menyebutkan lebih 1)

Jawab :
Murid senang gurunya bercerita

4. Sisi 3 Segitiga Restitusi: Menanyakan keyakinan
Latihan Pemahaman

SOAL!
Bagaimana cara menggunakan sisi tiga dari segitiga
restitusi?
A. Menggali nilai-nilai yang diyakini bersama
B. Menggunakan nilai-nilai di masyarakat
C. Membuat nilai-nilai sesuai keinginan guru
D. Mengarahkan murid memercayai nilai yang diyakini guru

Jawaban : A

CERITA REFLEKTIF
Pernahkah murid anda bercerita tentang nilai yang ia yakini? (Ya/tidak)

Jawab :
Ya

5. Post Test
1) Dalam restitusi, penting bagi guru untuk memberikan pandangan baru pada murid-murid, bahwa disiplin adalah tentang bagaimana seseorang bisa….
A. Memenuhi kebutuhan dasar semua orang
B. Mengikuti nasihat dan saran dari orang tua dan guru
C. Patuh pada peraturan dan undang-undang yang berlaku
D. Memenuhi kebutuhan dasar dirinya, dengan tetap memperhatikan kepentingan orang lain.

Jawaban : D

2) Restitusi disiplin diri adalah metode untuk penyusunan kembali model disiplin di sekolah, yang mengajak murid untuk melakukan hal-hal berikut, KECUALI ….
A. Mengidentifikasi kembali tindakannya
B. Menemukan pemecahan masalah yang bisa dilakukan
C. Menganalisis dan memikirkan langkah yang tepat dalam pemecahan masalahnya
D. Menemukan masalah yang timbul untuk mengetahui penyebabnya dan siapa yang bersalah

Jawaban : D

3) Masing-masing murid memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, agar bisa  menjalankan segitiga restitusi dengan lebih efektif, idealnya di kelas memiliki….
A. Keyakinan kelas
B. Perarturan kelas
C. Budaya sekolah
D. Peraturan sekolah

Jawaban : A

4) Pada saat ada murid melakukan kesalahan, guru perlu menormalkan kesalahan dan kegagalan tersebut, agar murid….
Setiap tindakan yang dilakukan manusia, baik atau buruk, memiliki alasan atau tujuan. Tujuan dari setiap tindakan tersebut adalah memenuhi kebutuhan dasar. Berikut ini yang merupakan kebutuhan dasar, selain bertahan hidup, adalah ….
A. Merasa bersalah dan menyesal
B. Tidak mengulangi kesalahan yang dibuat
C. Berpikir bahwa gurunya memahami situasinya
D. Bisa mengakses bagian otak untuk berpikir rasional

Jawaban : D

5) Diane Gossen memberikan strategi untuk melakukan restitusi dengan segitiga restitusi. Segitiga ini akan membantu memahami perilaku murid dan membimbing murid untuk belajar dari kesalahannya dan menjadi individu yang lebih baik. Berikut adalah sisi-sisi segitiga restitusi ….
A. Menenangkan murid, memvalidasi perilaku murid yang salah, menanyakan keyakinan murid
B. Menenanggkan murid, menunjukkan perilaku murid yang salah, menanyakan keyakinan murid
C. Menstabilkan identitas murid, memvalidasi perilaku murid yang salah menanyakan keyakinan murid
D. Menstabilkan identitas murid, menunjukkan perilaku murid yang salah, menanyakan keyakinan murid

Jawaban : C

6) Setiap tindakan yang dilakukan manusia, baik atau buruk, memiliki alasan atau tujuan. Tujuan dari setiap tindakan tersebut adalah memenuhi kebutuhan dasar. Berikut ini yang merupakan kebutuhan dasar, selain bertahan hidup, adalah ….
A. Cinta, kekuatan, kemandirian, dan kebahagiaan
B. Cinta, penguasaan kebebasan, dan kesenangan
C. Cinta, kesetaraan, kemandirian, dan kesenangan
D. Kekuatan, kesetaraan, kebebasan, dan kebahagiaan

Jawaban : B

7) Berikut ini adalah kalimat yang bisa diucapkan oleh guru untuk mengubah identitas murid yang melakukan kesalahan dari orang gagal menjadi orang sukses, KECUALI ….
A. Kamu berhak kok merasa begitu
B. Ibu/Bapak Guru tahu kok kalau kamu anak baik
C. Ibu/Bapak Guru juga pernah kok melakukan kesalahan itu
D. Bukan kamu saja yang tidak berhasil dalam pembelajaran ini

Jawaban : A

8) Berikut tiga dari enam landasan filosofi mengapa restitusi muncul dan baik untuk dilakukan:
  1. Kesalahan adalah hal yang normal
  2. Manusia sering tidak tahu jika mereka berbuat salah
  3. Pada saat manusia disalahkan, ia menjadi lebih kuat
  4. Restitusi memperkuat individu
  5. Restitusi membuat individu merasa dihargai dan percaya terhadap diri sendiri
  6. Individu yang tumbuh dalam proses restitusi cenderung tidak melakukan hal yang sama kepada orang lain
A. Nomor 1, 2, dan 3
B. Nomor 1, 4, dan 5
C. Nomor 2, 3, dan 6
D. Nomor 4, 5, dan 6

Jawaban : B

9) Memahami alasan atau kebutuhan di balik perilaku seseorang merupakan langkah penting dalam berpindah dari evaluasi diri menuju restitusi diri. Sehingga penting bagi seseorang untuk ….
A. Mengetahui cara memenuhi kebutuhan dirinya
B. Memahami dampak dari perbuatannya pada orang lain
C. Mengerti bahwa semua orang memiliki kebutuhan dasar yang sama
D. Memahami bahwa perasaan negatif tidak ada hubungannya dengan kebutuhan dasar

Jawaban : D

10) Berikut ini adalah alasan mengapa penting bagi guru untuk bertanya pada muridnya tentang apa yang ia yakini, KECUALI?
A. Untuk dapat mengingatkan murid akan kesalahan-kesalahan yang telah dilakukan
B. Untuk menemukan unsur-unsur yang membuat murid termotivasi secara internal
C. Nilai-nilai kepercayaan yang diyakini murid merupakan salah satu latar belakang yang mendasari perilaku murid
D. Untuk menemukan aspirasi sosok yang dicita-citakan yang membuat murid termotivasi untuk berperilaku tertentu

Jawaban : B


"Semoga bermanfaat dan selesai mengerjakan Soal Pelatihan Mandiri Mengajar Merdeka."


Jika ingin Copy paste postingan ini, mohon untuk di sertakan sumber postingan aslinya dari kita seperti : (Sumber situs : finmediata.my.id)

إرسال تعليق

Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Silakan sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kami telah mendeteksi bahwa Anda menggunakan pemblokiran iklan di browser Anda. Silahkan di nonaktifkan Adsblock-NYA!
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.