Kunci Jawaban Soal Modul 3 Dimensi Berkebinekaan Global

-- Sumber gambar : guru.kemdikbud.go.id --

Jawaban Soal Modul 3 Dimensi Berkebhinekaan Global


Profil Pelajar Pancasila

Baca juga

MODUL 3
Dimensi Berkebinekaan Global
Dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi serta di tinjau oleh Halim Miftahul Khoiri, M.A.

1. Dimensi Berkebinekaan Global
Latihan Pemahaman

Harapan dari dimensi berkebinekaan global adalah lahirnya pelajar yang ....
A. Memiliki semangat nasionalisme
B. Mewujudkan masyarakat inklusif
C. Memegang teguh nilai-nilai luhur Pancasila
D. Semua benar

Jawaban : D

CERITA REFLEKTIF
Apa pengalaman Ibu/Bapak yang paling berkesan ketika berinteraksi dengan budaya/bahasa yang berbeda? Bagaimana Ibu/Bapak menanggapi hal tersebut?

Jawab :
Saling menghargai budaya/bahasa orang lain, selain itu kita menjadi saling mengenal antara satu dengan yang lainnya.

2. Elemen dalam Dimensi Berkebinekaan Global
Latihan Pemahaman

SOAL!
Perbedaan budaya tidak hanya terkait bahasa, suku bangsa, atau adat istiadat. Berikut yang termasuk dalam perbedaan budaya dan dapat menjadi tantangan berinteraksi yaitu ....
A. Sosial-ekonomi
B. Profesi
C. Keyakinan
D. Semua benar

Jawaban : D

Strategi utama dalam menguatkan elemen mengenal dan menghargai budaya adalah melalui mata pelajaran Seni dan Budaya.
A. Benar
B. Salah

Jawaban : B

Elemen yang menumbuhkan kemampuan memaknai pengalaman kebinekaan pada diri murid yaitu elemen ....
A. Mengenal dan menghargai budaya
B. Komunikasi dan interaksi antarbudaya
C. Refleksi dan bertanggungjawab terhadap pengalaman kebinekaan
D. Berkeadilan sosial

Jawaban : C

Berikut yang bukan merupakan bagian dari elemen berkeadilan sosial adalah ....
A. Aktif membangun masyarakat yang inklusif, adil dan berkelanjutan
B. Mendalami budaya dan identitas budaya
C. Berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan bersama
D. Memahami peran individu dalam demokrasi

Jawaban : B

CERITA REFLEKTIF
Adakah budaya/adat/tradisi yang khas di sekolah Ibu/Bapak? Seperti apakah itu?

Jawab :
Setiap hari Kamis sekolah kami menggunakan pakaian adat dan bahasa daerah sebagai bahasa untuk komunikasi serta pengantar dalam pembelajaran.

3. Post Test
1) Anak-anak sejak kecil perlu diperkenalkan dengan budaya di mana ia hidup agar menghargai dan menghormati budayanya. Berikut ini manakah cara yang paling tepat dilakukan guru untuk mengenalkan dan menghargai budaya kepada anak?
A. Bemain permainan daring modern
B. Menghafalkan nama produk/hasil budaya yang ada
C. Membiasakan penggunaan contoh budaya luar saat mengajar
D. Memberikan tugas mewawancarai orang di sekitarnya tentang asal-usul budaya/kebiasaan masyarakat

Jawaban : D

2) Perhatikan!
  1.  Berkomunikasi antarbudaya
  2. Menghilangkan stereotipe dan prasangka
  3. Menimbang dan menumbuhkan berbagai perspektif
  4. Menyelaraskan perbedaan budaya
  5. Dari pilihan di atas, manakah yang merupakan sub-elemen 6. dari elemen komunikasi dan interaksi budaya…
A. 2 dan 4
B. 2 dan 3
C. 1 dan 3
D. 1 dan 4

Jawaban : B

3) Satya mempunyai banyak sekali teman dengan latar belakang yang berbeda-beda. Ia sering melihat kebiasaan temannya yang berbeda dengan dirinya. Tak jarang ia berbeda pendapat dengan temannya hingga membuatnya kesal dan menganggapnya kurang baik. Sebagai guru, apa yang harus dilakukan agar Satya dapat belajar dari pengalaman kebinekaannya?
A. Menasehati Satya dan temannya karena membuat kegaduhan ketika berpendapat
B. Memisahkan Satya dari teman yang dianggap berbeda dan kurang baik
C. Meminta Satya mengalah dan mengikuti pendapat temannya
D. Mengajak Satrya merefleksikan pengalamannya dengan pertanyaan-pertanyaan yang tepat

Jawaban : D

4) Berikut ini merupakan elemen-elemen dari dimensi Berkebinekaan Global, kecuali...
A. Komunikasi dan interaksi antar budaya
B. Menghormati keanekaragaman budaya
C. Mengenal dan menghargai budaya
D. Berkeadilan sosial

Jawaban : B

5) Berikut ini manakah yang merupakan contoh perilaku yang mencerminkan elemen berkeadilan sosial…
A. Murid diberikan kesempatan mengungkapkan pendapat dan suaranya
B. Murid diberikan aturan yang dibuat oleh guru dan sekolahnya
C. Murid dilatih berkompetisi dengan murid lain.
D. Murid diajar dengan metode dan strategi pembelajaran yang sama di kelas

Jawaban : A

"Semoga bermanfaat dan selesai mengerjakan Soal Pelatihan Mandiri Mengajar Merdeka."


Jika ingin Copy paste postingan ini, mohon untuk di sertakan sumber postingan aslinya dari kita seperti : (Sumber situs : finmediata.my.id)

Post a Comment

Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Silakan sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kami telah mendeteksi bahwa Anda menggunakan pemblokiran iklan di browser Anda. Silahkan di nonaktifkan Adsblock-NYA!
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.