-- Sumber gambar : guru.kemdikbud.go.id --
Jawaban Soal MODUL 3 Mendampingi Murid dengan Utuh dan Menyeluruh
Merdeka Belajar
Baca juga
MODUL 3
Mendampingi Murid dengan Utuh dan Menyeluruh
Dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi serta ditinjau oleh Simon Petrus Rafael dan Monika Irayati
1. KodratKeadaaan
Latihan Pemahaman
Dasar pendidikan yang berkaitan dengan "sifat" dan "bentuk" dimana murid berada disebut:
A. TrikonB. Kodrat KeadaanC. Kodrat AlamD. Kodrat Zaman
Jawaban : C
Kodrat Keadaan merupakan…
A. Bagian terpenting dari saat mengajarB. Bagian yang harus disadari oleh guruC. Bagian yang tidak terpisahkan dari dasar pendidikan muridD. Bagian yang terpisahkan dari pembelajaran
Jawaban : C
Melalui pembelajaran di tiktok, menurut Bapak/ Ibu, kompetensi abad 21 apa saja yg bisa terasah?
A. Berpikir kritisB. Kreatif dan InovatifC. KomunikasiD. KolaborasiE. Semua jawaban benar
Jawaban : E
CERITA REFLEKTIF
Dengan kemajuan teknologi saat ini, media apa yang akan Anda gunakan untuk mengasah keterampilan abad ke-21 murid Anda? Kita dapat memanfaatkan teknologi tablet ataupun handphone atau alat seperti proyektor. dimana nantinya dalam media tersebut akan ditampilkan sebuah isu permasalahan yang terjadi serta dapat juga menampilkan materi yang akan kita berikan kepada siswa. Nantinya dari hal tersebut akan kita kaitkan dengan model pembelajaran yang berbasis inkuiri dimana berfokus untuk menggerakkan para murid untuk melampaui keingintahuannya pada ranah berpikir kritis dan hal ini dapat mendorong siswa untuk dapat mengajukan sebuah pertanyaan dan dapat mengetahui seberapa pemahaman siswa terkait yang telah disampaikan dari media tersebut.
2. Trikon Latihan Pemahaman : Pembelajaran murid sebaiknya berkesinambungan dari waktu ke waktu. Dalam asas trikon, pernyataan tersebut merupakan asas?
A. KonsentrisB. KonvergenC. KontinuitasD. Konvergensitas
Jawaban : C
CERITA REFLEKTIF
Proses pembelajaran seperti apa yang ingin Anda perbaiki dengan menggunakan asas Trikon?
Guru akan memberikan projek kelompok kepada siswa pada materi pendeskripsian tempat dengan memberi pertanyaan mengenai keunikan tersendiri dari desa siswa tersebut bila dibandingkan dengan desa lainnya.
Hal itu tidak terlepas dari kenyataan bahwa program untuk memajukan desatelah dimiliki setiap desa terkait seperti objek wisata unggulan yang dalam urusan pengelolaan biasanya dilakukan oleh BUMDes.
3. Post Test
1) Salah satu prinsip dalam melakukan perubahan berkaitan dengan kemajuan kebudayaan yang dilakukan secara berkesinambungan dan terus menerus. Prinsip tersebut adalah…
A. Kontinyu
B. Konvensi
C. Konvergen
D. Konsentris
Jawaban : A
2) Berikut adalah manfaat pembelajar sepanjang hayat yang dapat dimiliki, kecuali…
A. Mengoptimalkan potensi diriB. Meningkatkan kualaitas hidup secara berkesinambunganC. Hidup dengan minimalis dan secukupnyaD. Menghadapi tantangan masa depan dan mengubahnya menjadi peluang
Jawaban : C
3) Menurut Ki Hadjar Dewantara, kodrat keadaan terdiri dari…
A. Kodrat alam dan kodrat zaman.B. Kodrat alam dan kodrat dunia.C. Kodrat zaman dan kodrat dunia.D. Kodrat dunia dan kodrat akhirat
Jawaban : A
4) Apa saja yang sangat dibutuhkan murid untuk membantu mereka menguatkan kekuatan-kekuatan kodratnya?
A. Pembelajaran kontekstual dan lingkungan yang mendukung.B. Peran guru sebagai fasilitator dan lingkungan yang mendukung.C. Peran guru sebagai fasilitator dan pembelajaran kontekstual.D. Keterampilan hidup dan peran guru sebagai penghubung.
Jawaban : C
5) Kebudayaan menuju arah kesatuan kebudayaan dunia (kemanusiaan) merupakan penjelasan dari…
A. Kontunuitas
B. Konvensi
C. Konvergen
D. Konsentris
Jawaban : C
6) Saat ini guru bukan lagi sebagai satu-satunya sumber belajar murid. Lalu apa yang dapat guru lakukan?
A. Guru dapat berperan sebagai sumber instruksi pembelajaran mandiri.B. Guru dapat berperan sebagai pengawas proses belajar di sekolah.C. Guru dapat berperan sebagai penghubung murid dengan sumber belajar di sekitar murid.D. Guru dapat berperan mencitpatakan tujuan belajar murid untuk mencerdaskan bangsa.
Jawaban : C
7) Berikut ini merupakan kemampuan yang harus dimiliki pendidik terkait potensi yang ada pada setiap murid …
A. Kepekaan dalam mengidentifikasi potensi yang ada pada setiap murid.B. Kepekaan dalam menentukan potensi untuk setiap muridC. Menemukan dan menggali potensi kesenian yang ada pada setiap murid.D. Semangat dalam mengintervensi minat yang ada pada setiap murid.
Jawaban : A
8) Murid sebagai individu yang unik sejatinya mendapatkan tuntunan yang sesuai dengan…
A. Minat dan potensinyaB. Tuntutan masa depanC. Target belajar di sekolahD. Kebutuhan lingkungannya
Jawaban : B
9) Berikut ini adalah contoh kegiatan yang tepat dalam merespon keunikan potensi yang ada dalam setiap murid…
A. Melakukan ujian sumatif mata pelajaran Seni BudayaB. Memberikan ruang untuk mengembangkan keunikan potensi muridC. Menyarankan murid untuk masuk penjurusan IPSD. Mengharuskan murid untuk bergabung kedalam ekskul teater
Jawaban : B
10) Selain peran guru sebagai penghubung, hal berikut juga dibutuhkan murid untuk membantu mereka menguatkan kekuatan-kekuatan kodratnya…
A. Pembelajaran mandiriB. Pembelajaran praktisC. Pembelajaran demokratisD. Pembelajaran kontekstual
Jawaban : D
"Semoga bermanfaat dan selesai mengerjakan Soal Pelatihan Mandiri Mengajar Merdeka."
Jika ingin Copy paste postingan ini, mohon untuk di sertakan sumber postingan aslinya dari kita seperti : (Sumber situs : finmediata.my.id)