Kunci Jawaban Soal Modul 3 Merancang Projek Penguatan Profil Pancasila

-- Sumber gambar : guru.kemdikbud.go.id --

Jawaban Soal Modul 3 Merancang Projek Penguatan Profil Pancasila


Projek penguatan Profil Pelajar Pancasila SD/Paket A

Baca juga

MODUL 3
Merancang Projek Penguatan Profil Pancasila
Dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi

Daftar Materi

1. Persiapan Projek : Identifikasi
Latihan Pemahaman

SOAL!
1) Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar pancasila dapat dilakukan secara kolaboratif dengan melibatkan pemangku kepentingan yang dapat mendukung keberlangsungan projek di sekolah. Kapankah para pemangku kepentingan ini dapat berkolaborasi untuk kegiatan berprojek?
A. Pada awal projek untuk mendukung rancangan program
B. Pada tengah projek untuk mengawasi berproses
C. Pada akhir projek untuk mengevaluasi pelaksanaan projek
D. Semua benar

Jawaban : D

2) Apa yang dimaksud dengan Identifikasi tahapan Kesiapan satuan pendidikan?
A. Suatu upaya untuk menghimpun rencana membuat asesmen
B. Upaya untuk mengidentifikasi kesiapan sekolah sebelum memulai projek
C. Upaya untuk mengklasifikasi sekolah-sekolah dalam wilayah
D. Upaya untuk mengidentifikasi kesiapan orang tua dan murid

Jawaban : B

CERITA REFLEKTIF
Apa yang paling Ibu/Bapak sukai dari interaksi bersama sesama rekan guru?.

Jawab :
Menemukan ide baru serta budaya positif bersama rekan guru.

2. Pemilihan dan Pengembangan Tema Projek
Latihan Pemahaman

SOAL!
Berikut adalah beberapa hal yang dapat kita pertimbangkan untuk mengembangkan tema projek, kecuali
A. Kepentingan kepala sekolah dan guru
B. Isu-isu terkini
C. Perayaan nasional/internasional
D. Kebutuhan murid

Jawaban : A

CERITA REFLEKTIF
Setelah melihat materi ini, yang saya pelajari adalah.....

Jawab :
Akan berkolaborasi dengan rekan-rekan guru di sekolah dalam menyusun Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Dalam pembelajaran, antara guru dan siswa perlu melakukan umpan balik. Tujuannya ialah membangun interaksi antara murid dan guru dan memperbaiki proses pembelajaran yang dirasa kurang.

3. Perencanaan dan Pengembangan Tema Projek
Latihan Pemahaman

SOAL!
1) Apakah salah satu bentuk asesmen alternatif yang dapat digunakan untuk melihat keterampilan murid secara holistik?
A. Projek
B. Tes pilihan ganda
C. Tes esai
D. Tes membaca

Jawaban : A

CERITA REFLEKTIF
Apakah Ibu dan Bapak mempunyai pengalaman saat murid tidak memaknai materi pelajaran? Apa yang Ibu dan Bapak lakukan?

Jawab :
Memberikan sample lain yang lebih sesuai untuk murid.

4. Post Test
1. Bu Meiske dan tim fasilitas projek sedang merancang modul projek yang akan dilakukan di fase F. Berikut adalah contoh pengalokasian waktu yang dapat dilakukan, kecuali....
A. Menentapkan satu hari dalam seminggu sebagai hari pengerjaan projek.
B. Memberikan kebebasan bagi murid untuk menentukan sehingga tidak ada tanggal tetap
C. Menetapkan waktu dengan sistem blok untuk pelaksanaan projek
D. Menetapkan beberapa hari dalam satu minggu sebagai waktu pelaksanaan projek

Jawaban : B

2. Bagaimana peran projek sebagai asesmen?
A. Projek dapat memberikan pengalaman kepada murid
B. Dengan kegiatan berprojek dapat terlihat ketercapaian perkembangan murid secara holistik, bukan hanya hasil akhirnya saja
C. Projek menghubungkan murid dengan dunia nyata
D. Dalam projek, murid merasa mewakili penuh akan aktivitas yang dilakukannya

Jawaban : B

3. Setiap pemangku kepentingan mempunyai peran penting untuk mendukung program pembelajaran projek di satuan pendidikan. Murid dan orang tua bukanlah salah satu pemangku kepentingan yang bepengaruh dalam projek. Pernyatan di atas adalah...
A. Benar
B. Salah

Jawaban : B

4. Ketika konsep pembelajaran berbasis projek sudah dipahami sebagian pendidik (>50%) dan pembelajaran berbasis projek sudah menjadi kebiasaan sekolah tetapi belum terjadi lintas disiplin ilmu, berada dalam tahap manakah satuan pendidikannya?
A. Tahap Awal
B. Tahap berkembang
C. Tahap lanjutan
D. Dapat bebas memilih tahapan

Jawaban : D

5. Bu Loli sedang bingung memikirkan tema untuk dilaksanakan di semester 2. Terdapat dua pilihan yaitu, tema "Bangunlah Jiwa dan Raganya" dan "Gaya Hidup Berkelannjutan". Mengingat pada  semester 2 akan ada perayaan Hari Bumi, Bu loli dan Tim Fasilitator merasa tema "Gaya Hidup Bekelanjutan" sangatlah cocok untuk dilakukan. Di sisi lain "Bangunlah Jiwa dan Raganya" juga menarik untuk dijadikan tema projek. Langkah apakah yang dapat Ibu Loli dan tim fasilitas projek lakukan untuk mengkomodir tema-tema di atas?
A. Mengambil tema "Gaya Hidup Berkelanjutan" dalam kegiatan projek sedangkan tema "Bangunlah Jiwa dan Raganya" dapat diintegrasikan dalam rutinitas sehari-hari seperti olahraga rutin, diskusi personal antara guru dan murid, dan sesi cerita terkait pengalaman sosial-emosional
B. Bertanya pada mitra terdekat seperti pengawas dan kepala dinas untuk menentukan tema
C. Melakukan observasi dan pemeriksaan pencapaian murid, lalu membagi murid di kelas untuk melakukan projek dengan "Gaya Hidup Berkelanjutan" dan "Bangunlah Jiwa dan Raganya" sesuai peminatan dari hasil observasi
D. Semua benar

Jawaban : A

"Semoga bermanfaat dan selesai mengerjakan Soal Pelatihan Mandiri Mengajar Merdeka."


Jika ingin Copy paste postingan ini, mohon untuk di sertakan sumber postingan aslinya dari kita seperti : (Sumber situs : finmediata.my.id)

Post a Comment

Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Silakan sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kami telah mendeteksi bahwa Anda menggunakan pemblokiran iklan di browser Anda. Silahkan di nonaktifkan Adsblock-NYA!
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.