Kunci Jawaban Soal Modul 3 Penggunaan Hasil Asesmen SD/Paket A

-- Sumber gambar : guru.kemdikbud.go.id --

Jawaban Soal Modul 3 Penggunaan Hasil Asesmen SD/Paket A

Asesmen SD/Paket A

Baca juga

MODUL 3
Penggunaan Hasil Asesmen SD/Paket A
Dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi serta ditinjau oleh MM. Isti Handayani, M.Pd, Dion Efrijum Ginanto, S.Pd., MA., Ph.D dan Dr. Itje Chodidjah, MA

Daftar Materi

1. Merencanakan tindak-lanjut asesmen SD
Latihan Pemahaman

SOAL!
1) Di bawah ini yang bukan prinsip pola pikir bertumbuh adalah…
A. Kesalahan merupakan kesempatan untuk belajar lebih banyak lagi
B. Kecerdasan dan bakat bersifat tetap dan bawaan lahir
C. Umpan balik yang tepat berpengaruh pada motivasi belajar
D. Setiap orang tua itu unik, memiliki peta jalan belajar yang berbeda dan tidak perlu membandingkan dengan orang lain

Jawaban : B

2) Salah satu bentuk tindak lanjut dari hasil asesmen adalah mengubah strategi belajar.
A. Benar
B. Salah

Jawaban :A

CERITA REFLEKTIF
Ceritakan salah satu bentuk tindak lanjut dari hasil asesmen yang pernah Ibu/Bapak Guru lakukan di kelas.

Jawab :
Contoh pertanyaan tentang ceritakan salah satu bentuk tindak lanjut dari hasil asesmen yang pernah Ibu/Bapak guru lakukan di kelas ini perlu dijawab dengan benar sesuai pada isi modul 3.

2. Umpan Balik
Latihan Pemahaman

SOAL!
Anak tangga terakhir pada tangga umpan balik adalah pemberian
A. Nilai
B. Saran
C. Apresiasi
D. Perhatian

Jawaban :C

CERITA REFLEKTIF
Umpan balik seperti apa yang pernah Ibu dan Bapak Guru lakukan?

Jawab :
Pertanyaan umpan balik seperti apa yang pernah Ibu Bapak Guru lakukan dalam pembelajaran? merupakan salah satu soal cerita refleksi yang mesti dijawab pendidik.
Dalam pembelajaran, antara guru dan siswa perlu melakukan umpan balik. Tujuannya ialah membangun interaksi antara murid dan guru dan memperbaiki proses pembelajaran yang dirasa kurang.

3. Mengolah dan Melaprkan Hasil Asesmen
Latihan Pemahaman

SOAL!
1) Pihak yang menentukan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran adalah Kemdikbudristek.
    A. Benar
    B. Salah
 
Jawaban : B

2) Nilai akhir didapatkan dari hasil pengolahan data asesmen sumatif.
    A. Benar
    B. Salah

Jawaban : A

3) Alternatif pelaporan belajar oleh murid yang dapat dilakukan oleh guru adalah?
A. Konferensi
B. Portofolio
C. Pameran karya
D. Semua benar

Jawaban :D

4) Komponen rapor perlu memuat hal berikut kecuali …
A. Nilai akhir
B. Deskripsi
C. Nilai asesmen formatif
D. Catatan guru

Jawaban : C

5) Kriteria kenaikan kelas ditentukan dan dipertimbangkan oleh ....
A. Kemdikbudristek
B. Dinas pendidikan daerah
C. Pengawas sekolah
D. Satuan pendidikan

Jawaban :D

CERITA REFLEKTIF
Apa kesulitan yang Ibu/Bapak Guru hadapi saat ini ketika melakukan pengolahan hasil asesmen dan menyusun Laporan Hasil Belajar?

Jawab :
apa kesulitan yang Ibu Bapak Guru hadapi saat ini ketika melakukan pengolahan hasil asesmen dan penyusunan laporan hasil belajar mungkin jawabannya ialah pengalaman pribadi pendidik saat mengolah hasil penilaian.
Biasanya kesulitan yang ialah perbedaan format. Jadi format yang dipakai saat penilaian tak sesuai dengan format yang dipakai pada saat penyusunan laporan.

4. Post Test
1. Pengolahan nilai akhir didapatkan dari data…
A. Asesmen formatif
B. Asesmen sumatif
C. Asesmen formatif dan sumatif
D. Dapat asesmen formatif atau asesmen sumatif tergantung pada pertimbangan satuan pendidikan

Jawaban : D

2. Umpan balik adalah komentar atau respons terhadap karya dan proses belajar murid yang relevan dengan teknik penilaian formatif yang diberikan.
A. Benar
B. Salah

Jawaban : A

3. Seseorang yang memiliki pola pikir bertumbuh berkeyakinan bahwa kecerdasan dan bakat dapat dikembangkan seiring berjalannya waktu, usaha, dan belajar yang diikuti kesungguhan dan ketekunan.
A. Benar
B. Salah

Jawaban :A

4. Penulisan deskripsi di rapor murid berdasarkan pada ....
A. Capaian Pembelajaran
B. Alur tujuan pembelajaran
C. Point penting dari materi yang sudah diberikan
D. Semua benar
 
Jawaban : D

5. Perhatikan salah satu hasil asesmen diagnostik siswa kelas 4 pada mata pelajaran Matematika berikut. Sebagian besar pemahaman murid tentang satuan panjang dan berat belum memadai. Manakah bentuk tindak-lanjut dalam hal strategi pembelajaran yang sesuai terkait hasil asesmen tersebut?
A. Mengubah strategi belajar yang sudah dilakukan, antara lain dengan mengganti alat bantu mengajar dan mengantarkan materi lewat cara yang lain
B. Mengubah teknik asesmen
C. Tetap melanjutkan pembelajaran. Murid-murid yang kemampuannya sudah memadai berperan sebagai tutor teman sebaya.
D. Merancang program pembelajaran kontekstual. Pemahaman dan penerapan konsep pengukuran berat dan panjang dilakukan dalam kegiatan memasak dan membuat kemasan makanan, disertai diferensiasi kebutuhan para murid.

Jawaban :D

6. Perhatikan beberapa pernyataan berikut.
  1. Kesalahan dalam belajar itu wajar. Jika diterima, dikomunikasikan, dan dicarikan jalan keluar, maka kesalahan akan menstimulasi perkembangan otak murid.
  2. Belajar bukan tentang pemahaman, penalaran, penerapan, serta kemampuan menilai dan berkarya secara mendalam, tetapi tentang kecepatan. 3) Ekspektasi guru yang positif tentang kemampuan murid akan sangat mempengaruhi performa murid.
  3. Setiap murid itu sama, memiliki peta jalan belajar yang seragam, dan perlu dibandingkan dengan teman-temannya.
  4. Pengkondisian lingkungan belajar (fisik dan psikis) di sekolah dan rumah akan mempengaruhi pencapaian hasil belajar.
Manakah pernyataan yang kurang sesuai dalam menerapkan pola pikir bertumbuh?
A. 1 dan 3
B. 2 dan 4
C. 3 dan 5
D. 2 dan 3
E. 1 dan 5

Jawaban : A

7. Pak Karsan adalah Kepala Sekolah SMP Insan Maju. Mendekati akhir semester, ia mendapati isu bahwa mayoritas orang tua dalam keterlibatan belajar anak masih rendah. Respon dalam grup chat pun rendah karena mayoritas orang tua sibuk bertani. Sebagian murid juga masih kurang inisiatif untuk berkomunikasi dengan orang tuanya mengenai hambatan belajarnya. Keterlibatan orang tua paling tinggi yaitu saat pembagian rapor. Dengan kondisi seperti itu, sebaiknya strategi apa yang paling tepat Pak Karsan terapkan di sekolahnya?
A. Menghimbau guru untuk menyampaikan masalah ini dengan orang tua saat pembagian rapor.
B. Membuat portofolio untuk divariasikan bersamaan dengan pembagian rapor
C. Mengadakan pameran karya murid saat pembagian rapor
D. Mengadakan konferensi belajar antara guru, murid, dan orang tua saat pembagian rapor

Jawaban : D

8. Perhatikan cuplikan percapakan guru Bahasa Indonesia dan siswa berikut.
  • Guru: "Menurutmu, adakah yang bisa ditambahkan pada teks argumentasi buatanmu?
  • Murid: "Hmm... judul?
  • Guru: "Ya, menambahkan judul akan memudahkan pembaca mengetahui topik apa yang mau kamu angkat. Bagaimana dengan sumber fakta yang kamu sampaikan?
  • Murid: "Oh, iya benar Bu! Aku lupa belum kasih referensi"
    A. Klarifikasi
    B. Nilai
    C. Perhatian
    D. Saran
    E. Apresiasi

Jawaban : D

"Semoga bermanfaat dan selesai mengerjakan Soal Pelatihan Mandiri Mengajar Merdeka."


Jika ingin Copy paste postingan ini, mohon untuk di sertakan sumber postingan aslinya dari kita seperti : (Sumber situs : finmediata.my.id)

Post a Comment

Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Silakan sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kami telah mendeteksi bahwa Anda menggunakan pemblokiran iklan di browser Anda. Silahkan di nonaktifkan Adsblock-NYA!
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.