Kunci Jawaban Soal Modul 3 Penguatan Literasi Sd

-- Sumber gambar : guru.kemdikbud.go.id --

Jawaban Soal Modul 3 Penguatan Literasi Sd


Penyesuaian Pembelajaran Dengan Kebutuhan Dan Karakteristik Murid Sd/Paket A

Baca juga


MODUL 3
Penguatan Literasi SD
Dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi serta ditinjau oleh Sofie Dewayani

Daftar Materi

1. Strategi Literasi
Latihan Pemahaman

SOAL!
1) Pilihlah satu strategi literasi di SD kelas awal yang benar!.
A. Memajang buu teks saja disekolah.
B. Melakukan kegiatan bercerita dan mendongeng untuk pengenalan kegiatan membaca.
C. Melakukan kegiatan membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia saja.
D. Murid diwajibkan menghafalkan semua bunyi huruf dan simbol dalam kurun waktu
tertentu.

Jawaban : B

2) Membuat pojok membaca di kelas yang berisi buku-buku dengan genre yang beragam tidak dapat membantu kemampuan literasi murid. Itu hanya membuat lingkungan kelas terasa sempit.
A. Benar
B. Salah

Jawaban : B

3) Jika satuan pendidikan tidak mempunyai banyak buku, bagaimana strategi yang dapat dilakukan untuk mendorong minat dan kegiatan membaca murid?
A. Mencari sumber bacaan lain seperti brosur, koran, poster yang dapat ditemukan dilingkungan sekolah.
B. Murid dibebaskan saja tidak usah membaca.
C. Menunggu saja buku dari pemerintah dikirimkan.
D. Mengajak murid untuk berbicara saja.

Jawaban : A

CERITA REFLEKTIF
Strategi literasi apa yang pernah Anda lakukan di kelas untuk menunjuang kompetensi literasi murid di SD? Setelah mempelajari materi ini, bagaimana Anda dapat memperbaiki strategi literasi di kelas?

Jawab :
Strategi literasi selain bacaan, berupa gambar, simbol, warna dan lain sebagainya.

2. Mengembangkan Kecakapan Bepikir
Latihan Pemahaman

SOAL!
Bu Lasmi ingin melihat kecakapan berpikir murid-muridnya. Bagaimanakah strategi yang dapat dilakukan oleh Bu Lasmi?....
A. Meminta muridnya hanya merangkum dari buku yang dibaca.
B. Membaca murid membaca buku sesuai denga materi saja, tidak perlu membaca buku lain.
C. Mengajak murid untuk menghubungkan pengetahuan yang sudah murid dapatkan dari buku dengan kehidupan sehari-harinya.
D. Membebaskan murid untuk tidak membaca.

Jawaban : C

CERITA REFLEKTIF
Setelah mempelajari materi ini, bagian yang mana yang merubah pandangan Anda terkait kecakapan berpikir murid?

Jawab :
Literasi bukan hanya sekedar membaca. Tapi bagaimana menanamkan literasi dalam kecakapan berpikir.

Post Test
1. Dalam video, kita telah belajar mengenai kegiatan "Kotak Huruf" sebagai salah satu strategi penguatan literasi di tingkat SD. Apa saja alat dan bahan yang perlu dipersiapkan guru sebelum memulai kegiatan "Kotak Huruf" tersebut?
  1. Kotak huruf.
  2. Buku cerita.
  3. Alat perekam suara.
  4. Kamera.
  5. Alat tulis.
  6. Contoh kain jarik.
  7. Boneka.
A. 3-4-5
B. 1-2-6
C. 2-4-6
D. 2-6-7

Jawaban : B

2. Mendongeng menggunakan boneka jari dapat menjadi salah satu cara yang dilakukan guru untuk menumbuhkan minat membaca dan menulis pada murid.
A. Benar
B. Salah

Jawaban : A

3. Kecakapan berpikir sangat diperlukan dalam keseharian kita. Tidak hanya pada orang dewasa, tetapi juga oleh anakanak. Apa contoh pemanfaatan kecakapan berpikir oleh murid tingkat SD?
A. Mampu membaca 50 kata per menit
B. Mampu menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan bacaan
C. Mampu mengurutkan angka dari yang terkecil hingga terbesar
D. Mampu membedakan informasi yang valid dan hoaks.

Jawaban : D

4. Minat baca bukanlah sesuatu yang bisa muncul tiba-tiba seiring dengan bertambahnya usia, perlu dilakukan usaha yang disengaja dan rutin untuk menumbuhkan minat tersebut.
A. Benar
B. Salah

Jawaban : A

5. Dalam menata lingkungan fisik kaya teks di sekolah, hanya ada dua tempat yang dapat dimanfaatkan guru, yaitu ruang kelas dan perpustakaan.
A. Benar
B. Salah

Jawaban : B

"Semoga bermanfaat dan selesai mengerjakan Soal Pelatihan Mandiri Mengajar Merdeka."


Jika ingin Copy paste postingan ini, mohon untuk di sertakan sumber postingan aslinya dari kita seperti : (Sumber situs : finmediata.my.id)

Post a Comment

Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Silakan sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kami telah mendeteksi bahwa Anda menggunakan pemblokiran iklan di browser Anda. Silahkan di nonaktifkan Adsblock-NYA!
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.