Kunci Jawaban Soal Modul 4 Dimensi Bergotong Royong

-- Sumber gambar : guru.kemdikbud.go.id --

 

Jawaban Soal Modul 4 Dimensi Bergotong Royong


Profil Pelajar Pancasila

Baca juga

MODUL 4
Dimensi Bergotong Royong
Dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi serta di tinjau oleh Dr. Bagus Takwin, M. Hum.

1. Dimensi Bergotong Royong
Latihan Pemahaman

Berikut yang bukan merupakan elemen dari Dimensi Bergotong Royong adalah
A. Kolaborasi
B. Berbagi
C. Kepedulian
D. Empati

Jawaban : D

CERITA REFLEKTIF

Apakah pengalaman bergotong royong Ibu/Bapak yang paling berkesan? Apa peran Ibu/Bapak dalam gotong royong tersebut?

Jawab :
Pengalaman gotong royong yang paling berkesan adalah pada saat bersama-sama memanfaatkan barang-barang bekas yang ada disekitar kita sebagai media belajar, serta mengubahnya menjadi produk baru sesuai dengan keinginan murid.

2. Elemen dalam Dimensi Bergotong Royong
Latihan Pemahaman

Menurut alur perkembangannya, membiasakan diri untuk berbagi ke orang sekitarnya bisa dimulai dilatih pada murid dari jenjang
A. PAUD
B. SD
C. SMP
D. SMA/K

Jawaban : A

Menumbuhkan elemen kepedulian berkaitan dengan kemampuan berempati murid.
A. Benar
B. Salah

Jawaban : A

Agar suatu kolaborasi berjalan lancar dan mencapai tujuan yang diharapkan, antara anggota kelompok harus saling ....
A. Bekerja sama
B. Berkomunikasi
C. Percaya
D. Semua benar

Jawaban : D

CERITA REFLEKTIF 
Apa hambatan yang biasanya Ibu/Bapak temui dulu ketika sekolah saat melakukan kerja kelompok? Bagaimana menghadapinya?

Jawab :
Hambatannya adalah menuntun murid untuk berani bereksplorasi berdasarkan kemampuannya. Hal tersebut sedikit sulit karena minat dan kemampuan murid. Meskipun demikian, sedikit demi sedikit bisa teratasi dengan cara selalu semangat mendampingi kompetensi murid.

3. Post Test
1) Pak Sukri adalah guru biologi di SMA Muara 3. SMA Muara 3 hanya memiliki 5 mikroskop untuk digunakan 20 murid. Memanfaatkan keadaan ini, Pak Sukri bisa menguatkan dimensi gotong royong dengan cara:
A. Membagi kelas ke dalam 4 kelompok, 1 kelompok menggunakan mikroskop, 3 lainnya berkegiatan lain
B. Membagi murid ke dalam beberapa kelompok, lalu memberi 1 mikroskop ke tiap kelompok
C. Menggunakan alarm untuk mengatur waktu penggunaan mikroskop tiap-tiap murid
D. Menggilir penggunaan mikroskop sesuai daftar hadir

Jawaban : B

2) Dalam konteks elemen kepedulian, murid perlu memiliki persepsi sosial yang berarti...
A. Mengenal orang di sekitar
B. Memahami mengapa orang lain bereaksi dan melakukan tindakan tertentu
C. Memberi nasehat pada orang yang membutuhkan
D. Mempertimbangkan pendapat orang lain

Jawaban : B

3) Berikut ini adalah elemen dari dimensi gotong royong, kecuali:
    A. Elemen kolaborasi
    B. Elemen kepedulian
    C. Elemen berbagi
    D. Elemen kerja sama

Jawaban : D

4) Agar bisa bergotong royong, murid perlu menguatkan dulu dimensi mandiri
A. Benar, karena berhubungan
B. Salah, bisa berjalan masing-masing

Jawaban : A

5) Bu Nila mendukung murid menguatkan elemen kolaborasi di kelas. Hal yang dilakukan Bu Nila adalah sebagai berikut, kecuali:
A. Mendorong murid membagi pekerjaan kelompok sesuai minat
B. Mendorong murid membagi pekerjaan kelompok sesuai kemampuan
C. Menghargai semua ucapan murid dengan tidak mematahkan pendapat murid tanpa argumen logis
D. Mendorong murid memahami reaksi teman sekelompoknya.

Jawaban : C

"Semoga bermanfaat dan selesai mengerjakan Soal Pelatihan Mandiri Mengajar Merdeka."


Jika ingin Copy paste postingan ini, mohon untuk di sertakan sumber postingan aslinya dari kita seperti : (Sumber situs : finmediata.my.id)


إرسال تعليق

Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Silakan sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kami telah mendeteksi bahwa Anda menggunakan pemblokiran iklan di browser Anda. Silahkan di nonaktifkan Adsblock-NYA!
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.