Kunci Jawaban Soal MODUL 4 Mendidik dan Melatih Kecerdasan Budi Pekerti

-- Sumber gambar : guru.kemdikbud.go.id --

Jawaban Soal MODUL 4 Mendidik dan Melatih Kecerdasan Budi Pekerti

Merdeka Belajar

Baca juga

MODUL 4
Mendidik dan Melatih Kecerdasan Budi Pekerti
Dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi serta ditinjau oleh Simon Rafael dan Monika Irayati

1. Menumbuhkan Budi Pekerti
Latihan Pemahaman

Pernyataan yang salah tentang budi pekerti adalah…
A. Budi pekerti merupakan kodrat manusia.
B. Budi pekerti merupakan bulatnya jiwa manusia hasil bersatunya pikiran, perasaan dan kehendak.
C. Budi pekerti merupakan perpaduan cipta, rasa dan menghasilkan karya.
D. Budi pekerti atau watak hanya dibentuk di sekolah

Jawaban : C

Ki Hadjar Dewantara tidak serta merta percaya dengan dua teori pendidikan yang berkembang pada saat itu, sehingga Ia mengintegrasikan dua teori tersebut menjadi teori konvergensi. Kedua teori tersebut adalah …
A. Teori positif dan teori negatif
B. Teori tabula rasa dan teori negatif
C. Teori medan dan teori tabula rasa
D. Teori gestalt dan teori tabula rasa

Jawaban : B

CERITA REFLEKTIF
Bagaimana cara Anda menumbuhkan dan melatih budi pekerti murid selama ini? Sebelum masuk ke dalam sekolah, pada pintu gerbang siswa dibiasakan untuk menyapa, memberi salam, bersikap sopan, dan santun. Kemudian siswa juga dibiasakan untuk memarkirkan sepeda sesuai dengan tempatnya. Pada awal pembelajaran siswa dibiasakan untuk berdoa mengingat kepada sang Pencipta dan bersyukur atas kesempatan belajar pada hari ini. Pada pembahasan materi pembelajaran kita membiasanya siswa untuk menyapa guru dan teman, membiasakan siswa untuk meminta ijin jika ingin menggunakan barang orang lain, meminta maaf jika melakukan kesalahan, dan berterima kasih atas bantuan yang diberikan teman atau orang lain, serta pada akhir pembelajaran dibiasakan untuk mengucap salam perpisahan.

2. Post Test
1) Teori yang beranggapan bahwa kodrat anak ibarat kertas kosong yang dapat diisi dan ditulis oleh pendidik dengan pengetahuan dan wawasan yang diinginkan pendidik merupakan teori…
A. Hereditas
B. Negatif
C. Komplementer
D. Tabularasa

Jawaban : D

2) Proses belajar menumbuh kembangkan kecerdasan budi pekerti murid sehingga mampu…
A. Menebalkan tabiat asli dan watak biologis
B. Menyamarkan watak – watak baik murid
C. Menyamarkan tabiat asli dan watak biologis
D. Menebalkan watak – watak tidak baik murid

Jawaban : C

3) Ki Hadjar Dewantara membagi budi pekerti menjadi dua bagian, yaitu…
A. Biologis dan intelligible
B. Biologis dan fisiologis
C. Intelligible dan fisiologis
D. Tabularasa dan biologis

Jawaban : A

4) Ki Hadjar Dewantara beranggapan bahwa budi pekerti adalah kemampuan kodrat manusia atau individu yang berkaitan dengan bagian biologis dan berperan menentukan karakter seseorang. Berikut adalah bagian biologis yang dimaksud, kecuali…
    A. Rasa takut
    B. Cemas
    C. Percaya Diri
    D. Pengetahuan

Jawaban : D

5) Ketrampilan pikiran dan kemampuan menyerap pengetahuan adalah bagian intelligible yang dapat berubah jika…
A. dibiarkan tanpa intervensi
B. dipengaruhi keadaan dan lingkungan
C. memiliki bakat tertentu
D. Ada kemauan

Jawaban : B

6) Budi pekerti merupakan perpaduan dari kualitas berikut ini, kecuali…
    A. jiwa
    B. cipta
    C. karsa
    D. rasa

Jawaban : A

7) Tempat utama dan yang paling baik dalam melatih karakter murid adalah…
A. Sekolah
B. Keluarga
C. Sahabat
D. Taman Kanak-Kanak

Jawaban : B

8) Bagian yang berhubungan dengan rasa takut, cemas, senang, percaya diri, dan perasaan lainnya merupakan…yang berperan menentukan karakter seseorang.
A. bagian jasmani
B. bagian biologis
C. bagian intelligible
D. bagian keterampilan

Jawaban : B

9) Menurut Ki Hajar Dewantara, apa yang dimaksud dengan budi pekerti?
A. Bulatnya jiwa manusia yang merupakan hasil dari bersatunya gerak pikiran, perasaan, dan kehendak atau kemauan sehingga menimbulkan suatu tenaga.
B. Nilai-nilai karakter yang di dalamnya terdapat komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, serta tindakan untuk melakukan nilai-nilai tersebut.
C. Peraturan hidup yang timbul dari hasil pergaulan sekelompok manusia di dalam masyarakat dan dianggap sebagai tuntutan pergaulan sehari-hari masyarakat tersebut.
D. Perangai yang menetap kuat dalam jiwa manusia dan merupakan sumber timbulnya perbuatan tertentu dari dirinya secara mudah dan ringan tanpa perlu dipikirkan dan direncanakan sebelumnya

Jawaban : A

10) Apa yang dapat dilakukan oleh pendidik terhadap budi pekerti sebagai kemampuan kodrat murid?
A. Membantu murid menemukan budi pekertinya
B. Mengendalikan budi pekerti murid
C. Menemukan budi pekerti pada diri sendiri
D. Mengembangkan budi pekerti pada diri sendiri

Jawaban : A

11) Teori konvergensi didasarkan atas dua teori utama, yaitu…
A. Teori ‘negatif’ dan teori ‘positif’
B. Teori ‘afektif’ dan teori ‘tabularasa’
C. Teori ‘tabularasa’ dan teori ‘negatif’
D. Teori ‘hereditas’ dan teori ‘behaviorisme’

Jawaban : D

12) Memiliki sikap rendah hati dan memiliki rasa empati merupakan bagian dari kecakapan…
A. Kognitif
B. Afektif
C. Psikomotorik
D. Budi Pekerti

Jawaban : C

"Semoga bermanfaat dan selesai mengerjakan Soal Pelatihan Mandiri Mengajar Merdeka."


Jika ingin Copy paste postingan ini, mohon untuk di sertakan sumber postingan aslinya dari kita seperti : (Sumber situs : finmediata.my.id)

إرسال تعليق

Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Silakan sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kami telah mendeteksi bahwa Anda menggunakan pemblokiran iklan di browser Anda. Silahkan di nonaktifkan Adsblock-NYA!
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.