-- Sumber gambar : guru.kemdikbud.go.id --
Jawaban Soal Modul 4 Pembelajaran Terdiferensiasi dalam Memahami Bacaan
Pembelajaran Terdiferensiasi dengan Keterampilan Membaca Dekoding dan Pemahaman
Baca juga
MODUL 4
Pembelajaran Terdiferensiasi dalam Memahami Bacaan
Dikembangkan oleh Inovasi
1. Membaca Bersama
Latihan Pemahaman
SOAL!
Kegiatan membaca bersama bertujuan untuk mengembangkan kegiatan membaca, meningkatkan kelancaran membaca, memperkaya kosakata, dan meningkatkan pemahaman membaca peserta didik.
Pernyataan di atas adalah…
A. Benar
B. Salah
Jawaban : A
CERITA REFLEKTIF
Kegiatan membaca seperti apa yang membosankan menurut
ibu dan bapak?
Jawab :
Kegiatan membaca yang membosankan menurut saya adalah kegiatan membaca di tempat, di waktu, dengan buku, dan dengan siapa yang tidak tepat. Karena kegiatan membaca membutuhkan konsentrasi agar dapat memahami isi buku dengan tepat.
2. Mengurutkan Peristiwa dengan Gambar Berseri
Latihan Pemahaman
SOAL!
Pada kegiatan literasi menggunakan gambar berseri, peserta didik diminta untuk menyusun secara gambar/kalimat secara urut untuk membentuk suatu cerita yang runut.
Pernyataan di atas adalah…
A. Benar
B. Salah
Jawaban : A
CERITA REFLEKTIF
Bagaimana perasaan ibu dan bapak saat mendengarkan cerita dengan alur yang berurutan?
Jawab :
Saya merasa sangat puas dan bersemangat karena bisa menambah ilmu dan wawasan mengenai suatu peristiwa atau kejadian, serta mendapatkan pemahaman baru dari informasi yang telah diperoleh.
3. Mengisi Peta Cerita untuk Menanggapi Bacaan
Latihan Pemahaman
SOAL!
Tujuan dari kegiatan peta cerita sederhana adalah…
A. Untuk melihat keterampilan peserta didik dalam kegiatan menulisB. Untuk melihat keterampilan pemahaman peserta didik terhadap isi ceritaC. Untuk melihat keterampilan peserta didik dalam membaca buku ceritaD. Untuk melihat keterampilan peserta didik dalam mengidentifikasi kosakata baru
Jawbaan : B
CERITA REFLEKTIF
Bagaimana perasaan ibu dan bapak saat mendapatkan banyak informasi dalam satu waktu?
Jawab :
Perasaan saya saat mendengarkan cerita dengan alur berurutan adalah senang, karena lebih mudah memahami isi dan makna dari cerita yang dibacakan.
4. Post Test
1) Kegiatan literasi terdiferensiasi sesuai kemampuan peserta didik dengan menggunakan gambar berseri dapat dilakukan dengan...
A. Meminta satu kelompok mengurutkan kalimat bertema laut, dan kelompok lain mengurutkan kalimat bertema pegununganB. Meminta satu kelompok mengurutkan gambar dan kelompok lain mengurutkan kalimatC. Meminta satu kelompok mengurutkan gambar bertema binatang, dan kelompok lain mengurutkan gambar bertema profesiD. Memberikan tugas yang sama pada setiap kelompok membaca
2) Kurikulum dapat dimaknai sebagai segala sesuatu yang dipelajari murid...
A. Benar
B. Salah
Jawaban : A
3) Pak Bintang akan melakukan kegiatan membaca bersama untuk meningkatkan pemahaman bacaan peserta didiknya. Berikut langkah-langkah dalam kegiatan membaca bersama yang harus Pak Bintang perhatikan, kecuali...
A. Membuat kesepakatan bersama selama kegiatan membaca berlangsungB. Memberikan pertanyaan terkait bacaan maupun kosa kata pada bacaanC. Menghimbau peserta didiknya untuk bertanya secara langsung ketika ada yang mau ditanyakanD. Memotivasi peserta didiknya untuk mencoba membaca kata yang ditunjuk
Jawaban : C
"Semoga bermanfaat dan selesai mengerjakan Soal Pelatihan Mandiri Mengajar Merdeka."
Jika ingin Copy paste postingan ini, mohon untuk di sertakan sumber postingan aslinya dari kita seperti : (Sumber situs : finmediata.my.id)