Kunci Jawaban Soal Modul 6 Dimensi Bernalar Kritis

-- Sumber gambar : guru.kemdikbud.go.id --

Jawaban Soal Modul 6 Dimensi Bernalar Kritis


Profil Pelajar Pancasila

Baca juga

MODUL 6
Dimensi Bernalar Kritis
Dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi serta di tinjau oleh Dr. Murti Ayu Wijayanti, M.Pd.

1. Dimensi Bernalar Kritis
Latihan Pemahaman

Berikut adalah cara yang tidak efektif dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kritis pada murid yaitu ...
A. Menguatkan kemampuan literasi dan numerasi
B. Membiasakan murid menghafal teori dan informasi yang didapat
C. Melatih murid menganalisis informasi dan menghasilkan kesimpulan
D. Membiasakan murid memahami dan menerjemahkan informasi yang didapat

Jawaban : B

CERITA REFLEKTIF
Ceritakan pengalaman yang berkesan ketika Ibu/Bapak mendapatkan pertanyaan kritis dari murid-muridnya.

Jawab :
Pertanyaan kritis merupakan sebuah softskill untuk menjadi siswa yang sukses. pengalaman ketika mendapatkan siswa bertanya kritis yaitu senang dan bersemangat dalam menjawab pertanyaan siswa.

2. Elemen dalam Dimensi Mandiri
Latihan Pemahaman

Salah satu bagian dari elemen memperoleh dan memproses informasi pada diri murid adalah kemampuan murid untuk mengajukan pertanyaan yang tepat.
A. Benar
B. Salah

Jawaban : A

Menurut alur perkembangannya, membiasakan murid untuk menjelaskan alasan yang relevan dan akurat dalam kesimpulan yang dibuatnya dapat dimulai pada jenjang ....
A. PAUD
B. SD
C. SMP
D. SMA/SMK

Jawaban : B

Kemampuan merefleksikan pemikiran dan proses berpikirnya akan membantu pelajar Indonesia untuk ...
A. Menyadari keterbatasan yang dimiliki
B. Menyadari adanya ruang untuk berkembang
C. Berpikir terbuka
D. Semua benar

Jawaban : D

CERITA REFLEKTIF
Apakah Ibu/Bapak pernah memiliki perubahan pandangan terhadap sesuatu? Kenapa perubahan pandangan itu terjadi?

Jawab :
Pernah. Perubahan pandangan akan terjadi jika hal itu baik bukan hanya untuk diri sendiri melainkan untuk orang lain yang dalam hal ini adalah murid.

3. Post Test
1) Kemampuan murid untuk merefleksikan hasil pemikiran atau kesimpulannya merupakan bagian
dari elemen...
A. Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan
B. Menganalisis dan mengevaluasi penalaran
C. Refleksi pemikiran dan proses berpikir
D. Refleksi pemahaman diri dan situasi yang dihadapi

Jawaban : C

2) Pak Doni memberikan kuis dengan tipe soal pilihan ganda. Namun ia juga meminta murid menjelaskan alasan dari jawabannya. Praktik yang dilakukan Pak Doni membuatnya mampu melihat hal berikut dari muridnya, kecuali ...
A. Pemahaman murid terhadap konsep
B. Miskonsepsi
C. Jawaban benar dan salah
D. Kesulitan yang dihadapi murid

Jawaban : C

3) Bu Omas mengajar IPA di kelas 7 (fase D). Tujuan pembelajarannya adalah siswa mampu memahami prosedur keselamatan kerja dalam laboratorium IPA. Dalam pembelajarannya, Bu Omas mengajak murid secara berkelompok untuk mengidentifikasi kecelakaan yang mungkin terjadi dalam laboratorium serta cara pencegahannya. Bu Omas juga memberikan label informasi pada peralatan dan bahan di laboratorium IPA untuk murid pelajari. Praktik yang dilakukan Bu Omas menstimulasi elemen....
A. Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan. Karena Bu Omas tidak memberi langsung prosedur keselamatan kerja melainkan mengarahkan murid untuk mencari dan membentuk sendiri pemahamanannya
B. Elemen menganalisis dan mengevaluasi gagasan. Karena dari label informasi ayng diberikan Bu Omas, murid harus menganalisis dahulu bahaya yang mungkin
C. Jawaban a dan b benar
D. Tidak ada jawaban yang benar

Jawaban : C

4) Yang bukan elemen dari dimensi bernalar kritis adalah ...
A. Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan
B. Memverifikasi penelusuran informasi
C. Menganalis dan mengevaluasi penalaran
D. Refleksi pemikiran dan proses pemikiran

Jawaban : A

5) Bu Neke adalah guru seni tari. Berikut adalah yang bisa Bu Neke lakukan di kelasnya untuk memfasilitasi muridnya bernalar kritis, kecuali...
A. Saling mereviu penampilan teman saat pentas
B. Membuka ruang diskusi mengenai interpretasi tari
C. Memberikan checklist komponen pertunjukkan saat menonton pentas tari
D. Menceritakan hal yang mereka pelajari saat menonton sebuah pentas tari

Jawaban : C

"Semoga bermanfaat dan selesai mengerjakan Soal Pelatihan Mandiri Mengajar Merdeka."


Jika ingin Copy paste postingan ini, mohon untuk di sertakan sumber postingan aslinya dari kita seperti : (Sumber situs : finmediata.my.id)

Post a Comment

Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Silakan sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kami telah mendeteksi bahwa Anda menggunakan pemblokiran iklan di browser Anda. Silahkan di nonaktifkan Adsblock-NYA!
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.