Kunci Jawaban Soal Modul 7 Dimensi Kreatif

-- Sumber gambar : guru.kemdikbud.go.id --

Jawaban Soal Modul 7 Dimensi Kreatif


Profil Pelajar Pancasila

Baca juga

MODUL 7
Dimensi Kreatif
Dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi serta di tinjau oleh Dr. Murti Ayu Wijayanti, M.Pd.

1. Dimensi Kreatif
Latihan Pemahaman

Berikut adalah elemen dari Dimensi Kreatif, kecuali..
A. Menghasilkan gagasan yang orisinal
B. Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal
C. Mengevaluasi hasil karya dan tindakan yang orisinal
D. Keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan

Jawaban : C

CERITA REFLEKTIF
Bagaimana pemahaman Ibu/Bapak Guru tentang 'kreatif' sebelum dan setelah menyimak video ini?


Jawab :
Sebelumnya saya berfikir bahwa kreatif hanya dalam bentuk karya benda namun ternyata kreatif beragam mulai dari menghasilkan ide yang orisinal, karya dan tindakan yang orisinal hingga keluwesan dalam mencari alternatif solusi permasalahan.

2. Elemen dalam Dimensi Kreatif
Latihan Pemahaman

Menurut alur perkembangannya, membiasakan murid untuk mempertimbangkan berbagai perspektif ketika akan merealisasikan suatu gagasan dapat dilatih pada jenjang ....
A. PAUD
B. SD
C. SMP
D. SMA/K

Jawaban : D
Meminta murid mengerjakan tugas/karya dengan cara yang sama dapat mendorong murid untuk menghasilkan karya yang orisinal.
A. Benar
B. Salah

Jawaban : B
Berikut yang merupakan indikator dari keluwesan berpikir dalam Dimensi Kreatif adalah ...
A. Mampu mengidentifikasi dan mencari solusi alternatif sebuah permasalahan
B. Bisa bereksperimen dengan berbagai pilihan secara kreatif saat menghadapi perubahaan situasi
C. Menyadari adanya perspektif dan pendapat berbeda terhadap sebuah permasalahan
D. Benar semua

Jawaban : D

CERITA REFLEKTIF
Ceritakan pengalaman nyata Ibu/Bapak Guru yang termasuk dalam elemen dimensi kreatif (bisa tentang menghasilkan gagasan/karya/tindakan orisinal atau tentang keluwesan berpikir).

Jawab :
Ketika awal pandemi dan pembelajaran harus beralih ke daring di mana ada materi yang siswa harus praktik langsung di laboratorium namun tidak bisa praktik di laboratorium sekolah, kami berinisiatif agar siswa tetap bisa praktik namun tetap di rumah. Akhirnya rumah mereka dijadikan laboratorium dadakan dengan bahan dan perlatan yang ada di rumah. Contoh pada praktik mengetes asam basa.

3. Post Test
1) Berikut adalah salah satu cara menstimulus pelajar yang kreatif di kelas, kecuali ....
A. Guru PAUD memberi instruksi warna yang digunakan di awal kegiatan mewarnai
B. Guru Ekonomi meminta murid menghasilkan karya yang memanfaatkan SDA di sekitarnya dan memiliki nilai jual
C. Guru Matematika memberi instruksi untuk menemukan beberapa cara dalam menyelesaikan permasalahan matematika
D. Guru Bahasa Indonesia meminta murid mengevaluasi teks argumentasi yang dibuatnya dan memikirkan dampak tulisannya terhadap orang lain

Jawaban : A

2) Bu Mega adalah guru bahasa Inggris di SMP. Untuk asesmen menulis, Bu Mega mengajak murid-muridnya menuliskan tentang rutinitas sehari-harinya dalam bentuk yang menarik. Bu Mega memberikan kebebasan pada murid untuk menghasilkan karya sesuai minat mereka. Hasilnya, muridnya ada yang menulis dalam bentuk komik, musik, cerpen, dan karya menarik lainnya. Praktik yang dilakukan Bu Mega adalah salah satu mengintegrasikan Dimensi Kreatif dalam pembelajaran, khususnya elemen...
A. Elemen menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal, karena murid didorong menghasilkan tugas dalam bentuk produk seni
B. Elemen keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan, karena murid diberikan beberapa tantangan dalam tugasnya
C. Jawaban a benar, namun alasan kurang tepat
D. Jawaban a dan b benar

Jawaban : B

3) Berikut yang bukan termasuk kriteria pelajar Indonesia yang kreatif adalah ....
A. Mampu memikirkan alternatif solusi
B. Mampu mempublikasikan gagasannya
C. Mampu menghasilkan gagasan dan karya orisinal
D. Dapat mengkombinasikan gagasan menjadi sesuatu yang baru

Jawaban : B

4) Agar bisa menghasilkan gagasan, murid perlu diberikan ....
A. Ruang berkreasi
B. Kebebasan mengeksplorasi idenya
C. Keleluasaan untuk mengembangkan tugas dengan caranya sendiri
D. Semua benar

Jawaban : D

5) Berikut hal yang bisa guru lakukan untuk melatih keluwesan berpikir murid dalam mencari alternatif solusi permasalahan adalah ...
A. Memberikan target belajar
B. Meberikan projek individu
C. Membimbing projek kelompok
D. Memberikan projek kelompok

Jawaban : B

"Semoga bermanfaat dan selesai mengerjakan Soal Pelatihan Mandiri Mengajar Merdeka."


Jika ingin Copy paste postingan ini, mohon untuk di sertakan sumber postingan aslinya dari kita seperti : (Sumber situs : finmediata.my.id)

Post a Comment

Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Silakan sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kami telah mendeteksi bahwa Anda menggunakan pemblokiran iklan di browser Anda. Silahkan di nonaktifkan Adsblock-NYA!
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.