Kunci Jawaban Soal Modul 8 Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran

-- Sumber gambar : guru.kemdikbud.go.id --

Jawaban Soal Modul 8 Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran


Profil Pelajar Pancasila

Baca juga

MODUL 8
Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran
Dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi serta ditinjau oleh Stien J. Matakupan, M.Pd.

1. Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran
Latihan Pemahaman

Luaran jangka panjang dari kurikulum nasional adalah ..
A. Pengalaman belajar
B. Profil Pelajar Pancasila
C. Capaian pembelajaran
D. Alur Tujuan Pembelajaran

Jawaban : B 

Semua dimensi profil pelajar pancasila harus dikuatkan dalam 1 kegiatan pembelajaran.
A. Benar
B. Salah

Jawaban : B

CERITA REFLEKTIF
Apa pengalaman belajar yang paling berkesan bagi Ibu/Bapak Guru? Dari pengalaman belajar tersebut kira-kira kemampuan apa yang Ibu/Bapak dapatkan?

Jawab :
Pengalaman membuat rangkaian radio pada mapel elektronika secara berkelompok. Pengalaman tersebut mengajarkan saya akan berfikir kritis, kreatif, dan gotong royong dalam merencanakan dan mengatur dan menyelesaikan projek.

2. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Latihan Pemahaman

Ada hal-hal yang diperhatikan satuan pendidikan terkait projek penguatan Profil Pelajar Pancasila, kecuali ...
A. Kondisi lingkungan dan budaya setempat
B. Mata pelajaran yang berkolaborasi dalam projek
C. Pembelajaran berbasis projek disusun secara kontekstual
D. Mengacu pada tema-tema yang telah ditetapkan oleh Kemdikbud Ristek

Jawaban : B

CERITA REFLEKTIF
Apa projek yang paling berkesan yang Ibu/Bapak Guru pernah ikuti? Kemampuan apa yang berkembang saat Ibu/Bapak melakukan projek tersebut?

Jawab :
Projek mengamati konsep demokrasi di lingkungan setempat dengan cara mengamati dan atau mewawancarai panitia dan atau warga setempat secara individu. Kemampuan yang berkembang adalah dimensi mandiri pada kemampuan menulis serta merencanakan, mengatur jadwal proyek.

3. Profil Pelajar Pancasila dalam Ekstrakurikuler
Latihan Pemahaman

Dimensi yang dilatih ketika murid diberikan kebebasan memilih ekstrakurikuler yang diminati adalah ...
A. Kreatif
B. Bernalar Kritis
C. Mandiri
D. Berkebinekaan global

Jawaban : C

CERITA REFLEKTIF
Pengalaman ekstrakurikuler apa yang paling berkesan bagi Ibu/Bapak Guru? Kemampuan apa yang berkembang saat Ibu/Bapak terlibat dalam ekskul tersebut?

Jawab :
Ekstrakurikuler Pramuka. Kemampuan yang paling berkembang adalah kemandirian, gotong royong, dan kreatif.

4. Post Test
1) Bu Ilmi adalah guru mata pelajaran PPKn kelas X. Saat pembelajaran ia memberikan muridnya projek mengamati konsep gotong royong yang berkembang di lingkungan tempat tinggalnya. Projek dilaksanakan secara individu. Bu Ilmi memberi waktu 1 bulan untuk murid mengamati dan melakukan wawancara dengan pemimpin dan warga setempat. Ia mengarahkan muridnya untuk membuat perencanaan projek dan memberikan kebebasan murid menentukan bentuk laporan hasil projek. Praktik yang dilakukan Bu Ilmi adalah salah satu cara mengintegrasikan Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran, yaitu untuk dimensi ...
A. Dimensi bergotong royong, karena murid mempraktikan konsep gotong royong dalam projeknya
B. Dimensi mandiri, karena murid belajar membuat perencanaan projek dan mengatur jadwal wawancara
C. Dimensi kreatif, karena murid belajar menghasilkan gagasan yang orisinal dalam memilih tema projek
D. Tidak ada jawaban yang benar

Jawaban : B

2) Dalam kegiatan ekstrakurikuler, murid berinteraksi dan belajar bekerja sama dengan teman-teman yang berbeda dari teman sekelasnya. Hal ini termasuk penguatan dari dimensi...
A. Kreatif
B. Mandiri
C. Bernalar kritis
D. Berkebinekaan global

Jawaban : D

3) Yang termasuk luaran jangka panjang dari kurikulum nasional adalah...
A. Capaian Pembelajaran
B. Profil Pelajar Pancasila
C. Alur Tujuan Pembelajaran
D. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar

Jawaban : B

4) Perhatikan!
  1. Tema projek yang telah ditetapkan oleh Kemendikbud Ristek
  2. Mata pelajaran yang berkaitan
  3. Muatan elemen profil pelajar Pancasila yang ingin ditanamkan pada murid.
  4. Fase murid
  5. Keterkaitan tema dengan visi misi sekolah
  6. Kondisi lingkungan dan budaya lokal setempat
Dari ke-6 poin di atas, yang perlu diperhatikan oleh satuan pendidik saat pelaksanaan projek penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah...
    A. 1,2,3,4,5,6
    B. 1,2,3,4,6
    C. 1,3,4,6
    D. 1,2,3,6

Jawaban : A

5) Berikut yang bukan termasuk 3 cara dalam mengintegrasikan ke-6 dimensi Profil Pelajar Pancasila secara konsisten dalam program kurikulum adalah....
A. Terintegrasi dalam program dan kegiatan ekstrakurikuler
B. Menjadi bagian dalam pembelajaran sehari-hari di kelas
C. Termuat dalam visi misi sekolah
D. Pelaksanaan projek penguatan Profil Pelajar Pancasila

Jawaban : C

"Semoga bermanfaat dan selesai mengerjakan Soal Pelatihan Mandiri Mengajar Merdeka."


Jika ingin Copy paste postingan ini, mohon untuk di sertakan sumber postingan aslinya dari kita seperti : (Sumber situs : finmediata.my.id)



Post a Comment

Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Silakan sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kami telah mendeteksi bahwa Anda menggunakan pemblokiran iklan di browser Anda. Silahkan di nonaktifkan Adsblock-NYA!
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.