-- Sumber gambar : guru.kemdikbud.go.id --
Jawaban Soal Modul 1 Mengenal Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran
Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran
Baca juga
MODUL 1
Mengenal Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran
Dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi serta ditinjau oleh Dion Efrijum Ginanto, S.Pd., MA., Ph.D
1. Tentang Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran
Latihan Pemahaman
Serangkaian kriteria indikator yang menunjukkan proses peserta didik untuk mencapai kompetensi pada tujuan pembelajaran dikenal dengan istilah …
A. Kriteria diagnostik tujuan pembelajaranB. K riteria ketercapaian tujuan pembelajaranC. K riteria kelulusanD. K riteria pemahaman tujuan pembelajaran
Jawaban : B
Di bawah ini merupakan pendekatan yang dapat digunakan pendidik dalam menetapkan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran, KECUALI…
A. Pendekatan menggunakan deskripsi kriteriaB. Pendekatan menggunakan rubrikC. Pendekatan menggunakan instrumen jurnal dan portfolioD. Pendekatan menggunakan skala tau interval nilai
Jawaban : C
CERITA REFLEKTIF
Bagaimana penentuan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran yang Ibu dan Bapak lakukan selama ini?
Jawab :
Penentuan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran dapat dilakukan dengan berbagai pendekatan, termasuk menggunakan instrumen jurnal dan portfolio. Namun, dari pernyataan Anda, tampaknya Anda mencari jawaban yang mencantumkan pendekatan selain menggunakan instrumen jurnal dan portfolio sebagai pilihan yang benar. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa pendekatan lain yang dapat digunakan oleh pendidik untuk menetapkan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran:
- Ujian Tertulis: Pendidik dapat menggunakan ujian tertulis atau tes sebagai salah satu metode untuk menilai pencapaian tujuan pembelajaran. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran dalam hal ini dapat berkaitan dengan skor yang harus dicapai peserta didik dalam ujian tersebut.
- Proyek atau Tugas: Pendidik dapat memberikan proyek atau tugas kepada peserta didik yang relevan dengan tujuan pembelajaran. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran dalam hal ini dapat berhubungan dengan kualitas dan kelengkapan proyek atau tugas yang diserahkan oleh peserta didik.
- Observasi dan Penilaian Langsung: Pendidik dapat melakukan observasi langsung terhadap peserta didik saat mereka melakukan aktivitas atau praktik yang terkait dengan tujuan pembelajaran. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran dalam hal ini mungkin terkait dengan kinerja peserta didik selama observasi tersebut.
- Diskusi dan Presentasi: Pendidik dapat mengadakan diskusi atau meminta peserta didik untuk melakukan presentasi terkait dengan topik yang diajarkan. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran dalam hal ini dapat berkaitan dengan kemampuan peserta didik dalam menyampaikan informasi dengan jelas dan logis.
- Penugasan Praktis atau Simulasi: Terutama dalam konteks pembelajaran keterampilan praktis, pendidik dapat memberikan penugasan praktis atau simulasi. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran dalam hal ini dapat terkait dengan kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan tugas-tugas praktis dengan benar.
2. Pendekatan untuk Menentukan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran
Latihan Pemahaman
Di bawah ini, pernyataan yang paling tepat terkait pendekatan
rubrik adalah...
A. Kriteria disusun secara detail untuk setiap muridB. Capaian kriteria dikonversi dengan angkaC. Kriteria dideskripsikan berdasarkan jenjang pemahaman muridD. Capaian kriteria disusun berdasarkan materi
Jawaban : C
Manakah alur yang tepat yang dilakukan Ibu Amrita untuk membuat deskripsi kriteria?
A. Menyusun kompetensi sesuai dengan kata kerja operasional, menetapkan instrumen pengukuran dan melakukan pengukuranB. Memeriksa prasyarat kompetensi, menetapkan indikator tujuan pembelajaran, menyusun instrumen pengukuran sesuai dengan kompetensi dan bentuk asesmenC. Menetapkan tujuan pembelajaran, menyusun kompetensi dan menentukan kata kerja operasionalD. Menentukan kata kerja operasional, menetapkan tujuan pembelajaran dan menyusun kompetensi yang sesuai dengan katakerja operasional
Jawaban : B
Hal-hal berikut ini yang tidak ditetapkan pada sat membuat pendekatan interval nilai adalah...
A. Kriteria penilaianB. Interval nilaiC. Tindak lanjut (misalnya, terkait remedial)D. Capaian pembelajaran
Jawaban : D
CERITA REFLEKTIF
Berdasarkan ketiga pendekatan yang telah dipelajari, pendekatan apa yang paling sering Ibu dan Bapak gunakan? Mengapa?
Jawab:
Pernyataan yang paling tepat terkait pendekatan rubrik adalah "Kriteria dideskripsikan berdasarkan jenjang pemahaman murid." Dalam pendekatan rubrik, kriteria penilaian dinyatakan secara jelas dan dideskripsikan berdasarkan tingkat pemahaman atau pencapaian yang diharapkan dari peserta didik, seringkali dalam bentuk jenjang atau tingkat pencapaian yang berbeda.
Dalam konteks pertanyaan mengenai alur yang tepat yang dilakukan oleh Ibu Amrita untuk membuat deskripsi kriteria, alur yang tepat adalah:
- Memeriksa Prasyarat Kompetensi: Ini adalah langkah awal yang penting. Ibu Amrita harus memastikan bahwa peserta didik memiliki pemahaman dasar atau prasyarat yang diperlukan sebelum memulai penilaian tujuan pembelajaran.
- Menetapkan Indikator Tujuan Pembelajaran: Setelah memeriksa prasyarat kompetensi, langkah berikutnya adalah menetapkan indikator atau kriteria yang akan digunakan untuk menilai pencapaian tujuan pembelajaran. Ini mencakup pemahaman tentang apa yang diharapkan dari peserta didik.
- Menyusun Instrumen Pengukuran: Setelah menetapkan kriteria, Ibu Amrita perlu menyusun instrumen pengukuran yang akan digunakan untuk menilai peserta didik. Instrumen ini dapat berupa rubrik, tes tertulis, tugas, atau metode penilaian lainnya.
- Sesuai dengan Kompetensi dan Bentuk Asesmen: Selanjutnya, instrumen pengukuran harus sesuai dengan kompetensi yang ingin dievaluasi dan bentuk asesmen yang paling sesuai dengan tujuan pembelajaran. Misalnya, apakah itu mengharuskan peserta didik untuk menjawab pertanyaan tertulis, melakukan tugas praktis, atau melakukan presentasi.
3. Post Test
Fungsi kolom "Kesimpulan" baik pada rubrik, deskripsi kriteria, dan skala interval nilai berfungsi untuk ...
A. Menentukan predikat 'lulus' atau 'tidak lulus' bagi peserta didik.B. Memberikan informasi bahwa peserta didik sudah mengumpulkan tugasnyaC. Menentukan skor atau nilai vang diperoleh peserta didikD. Menentukan kualitas tugas peserta didik sekaligus menunjukkan bentuk intervensi yang perl dilakukan ole pendidik
Jawaban : D
A. Pendekatan menggunakan skala atau interval nilai.B. Pendekatan menggunakan deskripsi kriteria.C. Pendekatan menggunakan instrumen jurnal dan portfolio.D. Pendekatan menggunakan rubrik.
Jawaban : B
Pendekatan yang dapat memberikan deskripsi dan tahapan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran dengan sangat komprehensif ialah pendekatan...
A. Deskripsi Kriteria
B. Rubrik
C. Interval Nilai
D. Bloom
Jawaban : B
Ibu sulis mengajarkan materi tentang Bahasa Indonesia pada fase B. Dalam tujuan pembelajaran tertera “Peserta didik mampu membuat laporan hasil pengamatan berdasarkan hasil wawancara”.
Berikut ini indikator kompetensi yang tepat untuk membantu Ibu Sulis menulis deskripsi kriteria tersebut adalah….
A. Peserta didik menunjukkan kemampuan penulisan teks eksplanasi dengan runutB. Peserta didik menjelaskan teks eksplanasi dengan baikC. Peserta didik memahami teks eksplanasi dengan baikD. Peserta didik mampu mendengarkan wawancara dengan baik
Jawaban : A
Berikut ini yang bukan tujuan utama dari hasil asesmen menggunakan interval nilai, yaitu...
A. Mendapat pemetaan kemampuan peserta didik di kelas.B. Merancang proses pembelajaran berikutnya.C. Bahan akreditasi sekolah.D. Mengevaluasi proses pembelajaran.
Jawaban : C
"Semoga bermanfaat dan selesai mengerjakan Soal Pelatihan Mandiri Mengajar Merdeka."
Jika ingin Copy paste postingan ini, mohon untuk di sertakan sumber postingan aslinya dari kita seperti : (Sumber situs : finmediata.my.id)