Kunci Jawaban Soal Modul 1 Penguatan Transisi PAUD-SD 1 : Di Awal Tahun Ajaran Baru

-- Sumber gambar : guru.kemdikbud.go.id --

Jawaban Soal MODUL 1 Penguatan Transisi PAUD-SD 1 : Di Awal Tahun Ajaran Baru

Penguatan Transisi PAUD-SD 1 : Di Awal Tahun Ajaran Baru

Baca juga

MODUL 1
Mengapa penguatan transisi PAUD-SD penting?
Dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi

1. Pentingnya Transisi PAUD-SD
Latihan Pemahaman

SOAL!
Berikut yang bukan merupakan perubahan PAUD dan SD di tahun ajaran 2023 dan 2024
A. PAUD dan SD melakukan asesmen awal
B. Pembelajaran di SD yang tidak diperbolehkan Calistung
C. Pak Udin SD memberikan pembelajaran yang membangun fase pandai
D. Penerimaan siswa baru tidak melakukan tes calistung

Jawaban : B

Berikut manakah yang merupakan konsep kesiapan sekolah?
A. Kemampuan membaca tulis dan hitung hanya dilakukan melalui pengenalan keaksaraan dan angka
B. Anak diharapkan mencapai kesiapan sekolah di usia 6 tahun ( sebelum masuk SD)
C. Anak sudah harus bisa membaca tulis dan hitung saat masuk SD
D. Kesiapan bersekolah tidak hanya berkemampuan baca tulis hitung

Jawaban : D

CERITA REFLEKTIF
Apakah ada hal baru yang anda pelajari dari materi ini? Silahkan tulis respon anda secara singkat?

Jawab :
Ada. Materi mengenai PAUD dan SD ini menjadi kegiatan pembelajaran yang memberikan pengalaman menyenangkan baik bagi pengajar dan peserta didik serta dapat digunakan untuk membangun kemampuan fondasi.

2. Pemenuhan Hak Anak PAUD-SD
Latihan Pemahaman

SOAL!
Dampak yang kita harapkan dari gerakan Transisi PAUD-SD adalah
A. Menunjukkan bahwa anak yang pernah mengikuti PAUD memiliki kesiapan lebih baik di SD
B. Setiap anak, dimanapun titik berangkatnya, dapat dibina kemampuan fondasinya
C. Guru dapat mencermati Apakah anak sudah "siap" atau "belum siap" bersekolah
D. Usaha untuk menyamakan kemampuan anak sebelum masuk SD

Jawaban : B

Siapa yang bertanggung jawab agar anak memiliki kemampuan-kemampuan fondasi?
A. Anak itu sendiri
B. Masyarakat dilingkungan anak
C. Dinas terkait
D. Orang tua dan satuan Pendidikan

Jawaban : D

Dampak yang kita harapkan dari transisi PAUD SD adalah?
A. Menunjukkan bahwa anak yang pernah mengikuti PAUD memiliki kesiapan lebih baik di SD
B. Setiap anak, dimanapun titik berangkatnya, dapat dibina kemampuan fondasinya
C. Guru dapat mencermati Apakah anak sudah "siap" atau "belum siap" bersekolah
D. Usaha untuk menyamakan kemampuan anak sebelum masuk SD

Jawaban : B

Siapa yang bertanggung jawab agar anak memiliki kemampuan-kemampuan fondasi?
A. Anak itu sendiri
B. Masyarakat dilingkungan anak
C. Dinas terkait
D. Orang tua dan satuan Pendidikan

Jawaban : D

CERITA REFLEKTIF
Apakah ada hal baru yang anda pelajari dari materi ini? Silahkan tulis respon anda secara singkat.

Jawab :
Ada. Materi yang saya baru Pelajari ialah beberapa hal yang akan mempengaruhi tumbuh kembang anak. hal yang mempengaruhi tumbuh kembang anak itu bisa bersamaan pula dengan pembangunan karakter dasar dalam diri mereka.
Adapun hal-hal yang mempengaruhi tumbuh kembang anak itu bisa berwujud pendidikan, cara berinteraksi dan kegiatan di rumah, makanan yang dikonsumsi, dan lain sebagainya.

3. Kebijakan Penguatan Transisi PAUD-SD
Latihan Pemahaman

SOAL!
Dalam kebijakan merdeka belajar merdeka bermain, terdapat strategi yang digunakan dalam gerakan transisi PAUD SD, yaitu...
A. Dukungan dinas terkait dan peningkatan komunitas.
B. Menyamaratakan literasi dan Modul numerasi untuk SD kelas 1.
C. Penguatan PAUD dan kesadaran pembelajaran PAUD SD.
D. Evaluasi internal dan evaluasi eksternal instansi PAUD.

Jawaban : C

Apa yang dimaksud dengan penguatan ekosistem dalam keselarasan pembelajaran PAUD-SD?
A. Terbentuknya forum komunikasi PAUD SD di 204 kabupaten/kota
B. Untuk kurikulum serta buku kelas 1 SD sudah disederhanakan
C. Terdapat modul sumber belajar mandiri buat guru PAUD SD
D. SD dibangun pada 1 lajur pertumbuhan

Jawaban : A

CERITA REFLEKTIF
Apakah ada hal baru yang anda pelajari dari materi ini? Silahkan tulis respon anda secara singkat.

Jawab :
Ada. 
Sesudah mempelajari materi ini, terdapat hal menarik yang kami ditemukan yakni mengenai pertumbuhan dan perkembangan pada setiap anak berbeda-beda karena itu harus disikapi dengan tepat.
Jadi apa jawaban pribadi Bapak dan Ibu Guru mengenai pertanyaan apakah ada hal baru yang Anda Pelajari dari materi ini? silahkan tulis respon Anda secara singkat? mungkin bahkan bisa dipastikan berbeda dengan jawaban di atas.

4. Post Test
1) Kepala Sekolah SD Mekar ingin merancang kegiatan masa perkenalan untuk murid kelas 1 SD yang baru di tahun ajaran ini. Kegiatan apakah yang tepat sesuai dengan konsep transisi PAUD SD?
A. Kegiatan permainan berkelompok untuk melihat kemampuan motorik dan interaksi murid.
B. Kegiatan lomba permainan yang bersifat meriah supaya murid-murid senang.
C. Kegiatan berkeliling sekolah dan berkenalan dengan kakak kelas untuk menumbuhkan jiwa keberanian.
D. Kegiatan lomba permainan antar kelas untuk menumbuhkan jiwa kompetensi.

Jawaban : A

2) Bu Widya adalah guru TK B, di awal semester bu Widya ingin mempersiapkan murid-muridnya supaya siap sekolah. Namun, Bu Widya resah karena beberapa muridnya belum bisa membaca. Apa yang seharusnya Bu Widya lakukan untuk kesiapan muridnya bersekolah?
A. Memperbanyak kegiatan menulis serta membaca di kelas
B. Memberikan kegiatan tambahan kepada murid-murid yang belum bisa membaca
C. Mengoptimalkan kemampuan fondasi murid
D. Menyarankan anak yang tidak siap sekolah untuk menunda sekolah dasar

Jawaban : C

3) SD Tunas melakukan seleksi masuk SD untuk siswa baru yang akan mendaftar untuk kelas 1. Apakah yang dilakukan SD Tunas telah sesuai dengan gerakan transisi PAUD SD?
A. Ya, karena SD yang belum siap akan kesulitan mengikuti pembelajaran di SD
B. Ya, agar anak bisa mempersiapkan diri untuk masuk SD di tahun berikutnya
C. Tidak, seleksi masuk tidak memiliki landasan pelaturan dari kemendikbudristek
D. Tidak, karena setiap anak berhak dibina kemampuan pondasinya

Jawaban : D

4) Gerakan transisi PAUD SD dilakukan dengan menguatkan PAUD sebagai fondasi pendidikan dasar dan dengan menyelaraskan pembelajaran di PAUD dengan pembelajaran di SD. Hal ini menunjukkan bahwa...
A. Pendidik di jenjang PAUD bertanggung jawab atas kesiapan anak masuk SD
B. transisi PAUD-SD harus dilaksanakan bersama-sama oleh semua pihak secara sinergis
C. Anak yang hendak masuk ke kelas 1 SD harus sudah mempunyai kemampuan fondasi.
D. SD akan melakukan tes untuk menentukan apakah anak telah siap masuk SD

Jawaban : B

5) Pendidik PAUD dan SD yang tanggap pada gerakan transisi PAUD SD akan melakukan persiapan tahun ajaran baru di antaranya dengan...
A. Mengevaluasi materi belajar yang telah diberikan kepada peserta didik di PAUD.
B. Mempelajari sumber belajar di PMM untuk memahami prinsip dan teknis transisi PAUD SD.
C. Menguatkan kemampuan calistung anak agar lancar mengikuti pembelajaran di SD.
D. Melengkapi SD dengan alat permainan seperti di TK agar anak merasa nyaman.

Jawaban : B 

"Semoga bermanfaat dan selesai mengerjakan Soal Pelatihan Mandiri Mengajar Merdeka."


Jika ingin Copy paste postingan ini, mohon untuk di sertakan sumber postingan aslinya dari kita seperti : (Sumber situs : finmediata.my.id)

Post a Comment

Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Silakan sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kami telah mendeteksi bahwa Anda menggunakan pemblokiran iklan di browser Anda. Silahkan di nonaktifkan Adsblock-NYA!
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.