Kunci Jawaban Soal Modul 2 Bagaimana membangun lingkungan belajar yang mendukung transisi PAUD-SD

-- Sumber gambar : guru.kemdikbud.go.id --

Jawaban Soal Modul 2 Penguatan Transisi PAUD-SD 1 : Di Awal Tahun Ajaran Baru

Penguatan Transisi PAUD-SD 1 : Di Awal Tahun Ajaran Baru

Baca juga

MODUL 2
Bagaimana membangun lingkungan belajar yang mendukung transisi PAUD-SD?
Dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi

1. Ketercapaian Transisi PAUD-SD
Latihan Pemahaman

SOAL!
Pemberian motivasi agar anak dapat lebih semangat berusaha akan membangun “growth mindset”. Hal yang utama dan perlu dilakukan untuk membangun growth Mindset anak adalah dengan …
A. Memberikan hukuman jika tidak bisa mengerjakan tugas
B. Dengan menjanjikan hadiah berkat keberhasilannya
C. Memberikan penghargaan anak terhadap usahanya sendiri
D. Dengan memberikan tantangan yang sulit

Jawaban : C

Hak anak adalah mendapatkan pembinaan - bukan pelabelan. Karena berpusat pada niat untuk membina, maka segala kegiatan asesmen yang digunakan fungsinya adalah untuk merancang kegiatan pembelajaran berikutnya yang lebih baik. Oleh karenanya, teknik asesmen yang disarankan adalah …
A. Tes lisan dengan membaca
B. Tes pada pilihan ganda
C. Teknik observasi atau teknik kinerja
D. Tes dengan menyelesaikan soal berhitung

Jawaban : C

CERITA REFLEKTIF
Apakah ada hal baru yang anda pelajari dari materi ini? Silahkan tulis respon anda secara singkat.

Jawab :
Bagi saya, ada. Materi baru yang saya pelajari ialah beberapa hal yang akan berpengaruh pada tumbuh kembang anak. Hal-hal yang mempengaruhi tumbuh kembang seorang anak itu bisa bersamaan pula dengan pembangunan karakter/ sifat dasar dalam diri mereka.
Adapun hal-hal yang mempengaruhi tumbuh kembang seorang anak itu dapat berwujud pendidikan, cara berinteraksi dan kegiatan di rumah, makanan yang dikonsumsi, dan lain sebagainya.

2. Dua Minggu Awal Sekolah : Anak Mengenal Sekolah
Latihan Pemahaman

SOAL!
Salah satu tahapan kegiatan yang dapat membantu anak menunjukkan respon positif terhadap kegiatan pembelajaran di kelas adalah
A. Anak didik diajarkan penggunaan kata tolong, maaf, serta terima kasih melalui kegiatan menggambar berkelompok
B. Anak didik diajak mengenal lokasi di sekitar sekolah
C. Anak didik diberi label nama kemudian menyebutkannya
D. Anak didik dapat menceritakan hobinya di depan kelas

Jawaban : A

Guru menjelaskan cara, manfaat, dan mengajak anak berbaris untuk mencuci tangan bergantian di wastafel sekolah adalah salah satu cara agar anak…
A. Mengenal lingkungan sekolahnya
B. Memiliki sifat belajar yang positif
C. Memiliki growth mindset
D. Mengenali teman sekelasnya

Jawaban : A

Salah satu tahapan kegiatan yang dapat membantu anak menunjukkan respon positif terhadap kegiatan pembelajaran di kelas adalah
A. Anak didik diajarkan penggunaan kata tolong, maaf, serta terima kasih melalui kegiatan menggambar berkelompok
B. Anak didik diajak mengenal lokasi di sekitar sekolah
C. Anak didik diberi label nama kemudian menyebutkannya
D. Anak didik dapat menceritakan hobinya di depan kelas

Jawaban : A

Guru menjelaskan cara, manfaat, dan mengajak anak berbaris untuk mencuci tangan bergantian di wastafel sekolah adalah salah satu cara agar anak…
A. Mengenal lingkungan sekolahnya
B. Memiliki sifat belajar yang positif
C. Memiliki growth mindset
D. Mengenali teman sekelasnya

Jawaban : A

CERITA REFLEKTIF
Apakah ada hal baru yang anda pelajari dari materi ini? Silahkan tulis respon anda secara singkat.

Jawab :
Setelah mempelajari materi ini, terdapat hal menarik yang ditemukan yakni mengenai pertumbuhan dan perkembangan pada setiap anak berbeda-beda.

3. Dua Minggu Awal Sekolah : Sekolah Mengenal Anak
Latihan Pemahaman

SOAL!
Salah satu prinsip Penerapan Asesmen Awal sebagai upaya satuan pendidikan mengenal peserta didik adalah ...
A. Memanggil murid satu persatu ke depan kelas
B. Berpusat pada anak dan menyenangkan
C. Memudahkan orang tua
D. Dilakukan dengan bermain di luar kelas

Jawaban : B

Berikut bukan merupakan langkah dalam menyusun penerapan asesmen awal di dua minggu pertama di awal tahun ajaran baru...
A. Menetapkan kompetensi anak tanpa melakukan observasi atau memberikan kesempatan anak untuk kinerja
B. Merancang kegiatan yang bisa dipakai untuk mengamati perilaku
C. Dengan menentukan pelajaran yang linear
D. Mendokumentasikan informasi pada lembaran observasi

Jawaban : A

Salah satu pada prinsip Penerapan Asesmen Awal sebagai upaya satuan pendidikan tentang peserta didik yaitu....
A. Memanggil anak didik satu persatu ke depan kelas
B. Berpusat pada anak dan menyenangkan
C. Memudahkan orang tua
D. Dilaksanakan dengan peserta didik bermain di luar kelas

Jawaban : B

Berikut bukan merupakan langkah dalam menyusun penerapan asesmen awal di dua minggu pertama di awal tahun ajaran baru...
A. Menetapkan kompetensi anak tanpa melakukan observasi atau memberikan kesempatan anak untuk kinerja
B. Merancang kegiatan yang bisa dipakai untuk mengamati perilaku
C. Menentukan pelajaran yang linear
D. Mendokumentasikan informasi pada lembaran observasi

Jawaban : B

CERITA REFLEKTIF
Apakah ada hal baru yang anda pelajari dari materi ini? Silahkan tulis respon anda secara singkat.

Jawab :
Pertumbuhan dan perkembangan pada setiap anak dipengaruhi oleh banyak faktor.
Misalnya, kualitas pendidikan yang diajarkan, kesempatan berinteraksi dan kegiatan di rumah, konsumsi makanan bergizi pada saat tumbuh, serta lain sebagainya.

4. Post Test
1) Setelah tiga hari pertama memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk berkenalan dengan lingkungan belajar, Bu Guru Sari menetapkan mulai dari hari keempat hingga ke-10 akan melakukan asesmen awal. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan potret capaian awal murid. Hasilnya akan digunakan sebagai basis perancangan kegiatan pembelajaran selanjutnya. Berikut rancangan kegiatan Bu Sari:
  1. Mengobservasi peserta didik saat memberikan permainan menggambar berkelompok
  2. Melakukan observasi melalui permainan jingkat-jingkat
Asesmen awal yang dilakukan oleh guru Sari memperhatikan prinsip-prinsip yang ada di bawah ini, kecuali :
A. Sederhana dan realitas dan tidak menjadi tambahan pekerjaan bagi guru Sari
B. Berpusat pada anak dan menyenangkan karena tidak menggunakan testing
C. Bermakna, karena hasil dari asesmen yang dilakukan dapat dijadikan acuan dalam perkembangan aspek kemampuan fondasi
D. Mengakomodir semua aspek fondasi

Jawaban : A

2) Pada masa awal sekolah, Guru kelas 1 SD Ara dan Cita melakukan beberapa kegiatan, di antaranya adalah tes membaca teks di buku pelajaran dan memberikan soal berhitung. Dalam kegiatan tersebut guru mereka menemukan beberapa hal, sehingga Ia merasa perlu mengatur strategi lain keesokan harinya. Berikut adalah hasil asesmen dan pemetaannya:
  1. Ara= Ara sering menolak untuk masuk ke kelas. Hal ini terjadi sejak Ara diberikan tugas membaca, kemampuan yang masih sulit untuk ia kuasai.
  2. Cita = Cita anak yang periang, namun setelah diberikan guru soal berhitung dalam bentuk permainan menggunakan kartu tebak angka, Ia mampu menjawab 3 dari 10 soal yang diberikan. Sejak saat itu Cita merasa malu dan tidak bersemangat kembali ke sekolah keesokan harinya.
Jika merujuk pada enam aspek kemampuan fondasi, aspek kemampuan yang perlu dikembangkan dalam kasus Ara adalah...
A. Pemaksaan terhadap Belajar yang positif
B. Kematangan emosi
C. Keterampilan sosial
D. Keterampilan motorik

Jawaban : A

3) Contoh kegiatan efektif yang dilakukan pada hari pertama masuk sekolah untuk mengenali potensi peserta didik ialah?
A. Anak diminta untuk menempelkan nama mereka dengan stiker dan saling berkenalan
B. Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berkeliling sekolah dan berkenalan dengan petugas sekolah
C. Guru memberikan waktu kepada orang tua untuk mengantarkan anaknya dan meminta mereka untuk menceritakan kesehariannya di rumah
D. Guru memberikan kesempatan kepada setiap anak untuk menyampaikan identitas dirinya: nama, alamat, hobi, anggota, keluarga, kebiasaan yang dilakukan di rumah atau hal lain yang ingin anak sampaikan

Jawaban : D

4) Bu Sri adalah seorang guru SD. Saat ini Bu Sri tengah menyusun kegiatan masa pengenalan anak dengan sekolah. Dimulai dari kegiatan pengenalan dengan kelas dan alat belajar, mengajak peserta didik untuk berkeliling ke seluruh area, hingga mengenalkan seluruh peserta didik kepada semua warga sekolah dan pembiasaan proses pembelajarannya. Tujuan utama Bu Sri melakukan kegiatan-kegiatan tersebut adalah?
A. Menumbuhkan motivasi belajar, interaksi dan perilaku positif
B. Mengenali potensi peserta didik
C. Mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah lainnya
D. Membantu peserta didik baru beradaptasi dan lingkungan sekolah dan sekitarnya

Jawaban : D

"Semoga bermanfaat dan selesai mengerjakan Soal Pelatihan Mandiri Mengajar Merdeka."


Jika ingin Copy paste postingan ini, mohon untuk di sertakan sumber postingan aslinya dari kita seperti : (Sumber situs : finmediata.my.id)


Post a Comment

Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Silakan sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kami telah mendeteksi bahwa Anda menggunakan pemblokiran iklan di browser Anda. Silahkan di nonaktifkan Adsblock-NYA!
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.