-- Sumber gambar : guru.kemdikbud.go.id --
Jawaban Soal Modul 2 Mencapai Tujuan Pembelajaran
Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran
Baca juga
MODUL 2
Mencapai Tujuan Pembelajaran
Dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi serta ditinjau oleh Dion Efrijum Ginanto, S.Pd., MA., Ph.D
1. Mencapai Tujuan Pembelajaran
Latihan Pemahaman
Kegiatan yang dapat dilakukan guru setelah mendapatkan
hasil asesmen, kecuali...
A. Melakukan refleksi proses belajar bersama peserta didikB. Melakukan diferensiasi proses belajarC. Melakukan refleksi diriD. Menggunakan soal yang sama untuk remedial
Jawaban : D
Hal pertama yang sebaiknya dilakukan pendidik ketika mendapati peserta didik yang belum mencapai tujuan pembelajaran adalah...
A. marahB. sedihC. membuat soal remedialD. melakukan refleksi bersama peserta didik
Jawaban : D
Hal pertama yang sebaiknya dilakukan pendidik ketika mendapati banyak sekali peserta didik yang belum mencapai tujuan pembelajaran adalah...
A. marahB. sedihC. membuat soal remedialD. melakukan refleksi mengenai proses perencanaan mengajar
Jawaban : D
CERITA REFLEKTIF
Bagaimana cara Ibu dan Bapak menindaklanjuti ketercapaian tujuan pembelajaran peserta didik selama ini?
Jawab :
Cara Ibu dan Bapak menindaklanjuti ketercapaian tujuan pembelajaran peserta didik dapat bervariasi tergantung pada situasi dan kondisi yang ditemui. Di bawah ini adalah beberapa langkah yang umumnya dapat diambil oleh pendidik dalam menindaklanjuti ketercapaian tujuan pembelajaran peserta didik:
- Refleksi Bersama Peserta Didik: Ketika mendapati satu atau beberapa peserta didik belum mencapai tujuan pembelajaran, langkah pertama yang dapat diambil adalah melakukan refleksi bersama peserta didik. Ini melibatkan diskusi terbuka dengan peserta didik untuk memahami mengapa mereka belum mencapai tujuan pembelajaran. Pendidik dapat menanyakan pendapat peserta didik tentang hambatan atau kesulitan yang mereka hadapi.
- Pemahaman Individu: Setelah refleksi bersama peserta didik, pendidik dapat melakukan evaluasi individu terhadap masing-masing peserta didik yang belum mencapai tujuan pembelajaran. Ini membantu dalam mengidentifikasi area atau konsep spesifik yang mungkin memerlukan pemahaman tambahan.
- Pengaturan Dukungan Tambahan: Jika peserta didik memiliki kesulitan tertentu, pendidik dapat menyusun rencana dukungan tambahan. Ini dapat mencakup pengajaran ulang materi, bantuan tambahan, atau sumber daya ekstra untuk membantu peserta didik memahami konsep yang sulit.
- Penyesuaian Pembelajaran: Pendidik dapat mempertimbangkan penyesuaian dalam metode pengajaran atau materi pembelajaran. Mungkin diperlukan pendekatan yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan peserta didik yang beragam.
- Monitoring dan Evaluasi Lanjutan: Setelah memberikan dukungan tambahan dan melakukan penyesuaian, pendidik perlu terus memantau perkembangan peserta didik. Ini bisa melalui evaluasi tambahan, tugas atau ujian ulang, atau observasi kinerja peserta didik.
- Kolaborasi dengan Rekan Sejawat: Jika banyak peserta didik yang belum mencapai tujuan pembelajaran, pendidik dapat melakukan kolaborasi dengan rekan sejawat untuk memeriksa proses perencanaan mengajar dan memastikan bahwa tujuan pembelajaran dan metode pengajaran telah dirancang dengan baik.
- Komunikasi dengan Orang Tua atau Wali: Pendidik juga dapat berkomunikasi dengan orang tua atau wali peserta didik yang mengalami kesulitan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Ini dapat membuka saluran komunikasi untuk memahami lebih lanjut tantangan yang mungkin dihadapi peserta didik di rumah.
- Revaluasi Tujuan Pembelajaran: Terkadang, jika sejumlah besar peserta didik kesulitan mencapai tujuan pembelajaran, pendidik perlu merevaluasi tujuan tersebut untuk memastikan bahwa mereka realistis dan dapat dicapai oleh sebagian besar peserta didik.
2. Post Test
Pernyataan yang tidak sesuai dengan prinsip asesmen sumatif adalah...
A. Menilai pencapaian tujuan pembelajaran dan/atau CP peserta didik sebagai dasar penentuan kenaikan kelas.B. Menilai pencapaian tujuan pembelajaran dan/atau CP peserta didik sebagai dasar penentuan kelulusan.C. Penilaian yang digunakan untuk menyediakan informasi yang berkaitan dengan ketercapaian kurikulum oleh peserta didik.D. Menilai proses belajar untuk memetakan kemampuan murid di awal.
Jawaban : D
Berikut ini pernyataan tentang salah satu contoh bentuk asesmen yang dirancang dengan adil juga proporsional yaitu ...
A. Projek yang mengikutsertakan minat siswa-siswiB. Adanya projek pameran dalam waktu yang singkatC. Bagi kelas 5 SD terdapat 200 soal tes pilihan gandaD. Adanya soal latihan misalnya soal tes sama
Jawaban : A
Kegiatan yang kurang tepat dalam melakukan tindak lanjut ketercapaian tujuan pembelajaran adalah…
A. Melakukan tes ulang tanpa melakukan diferensiasi belajarB. Melakukan refleksi proses belajar bersama peserta didikC. Melakukan diferensiasi proses belajarD. Melakukan refleksi diri
Jawaban : A
Hal yang dapat dilakukan tenaga pendidik jika mendapati kegagalan peserta didik mencapai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran karena kurang mempertimbangkan tahap perkembangan dan tingkat capaian peserta didik adalah…
A. MarahB. Memberikan tes berulangC. Memberikan soal tes yang sama seperti pada soal latihanD. Memodifikasi alur tujuan pembelajaran memberikan penguatan pada konsep yang dibutuhkan
Jawaban : D
Bu Nia mendapati hampir semua peserta didik kesulitan saat mencapai tujuan pembelajaran yang ditentukan karena ada konsep dasar yang belum dipahami dengan baik. Hal yang dapat Bu Nia lakukan adalah...
A. Membuat soal remedial yang sama dengan soal latihanB. Membuat soal remedial yang sama dengan soal sebelumnyaC. Memodifikasi alur tujuan pembelajaran untuk melakukan penguatan konsep dasarD. Memberikan konsekuensi dan hukuman pada murid
Jawaban : C
"Semoga bermanfaat dan selesai mengerjakan Soal Pelatihan Mandiri Mengajar Merdeka."
Jika ingin Copy paste postingan ini, mohon untuk di sertakan sumber postingan aslinya dari kita seperti : (Sumber situs : finmediata.my.id)