Kunci Jawaban Soal Modul 2 Mencapai Tujuan Pembelajaran

-- Sumber gambar : guru.kemdikbud.go.id --

Jawaban Soal Modul 2 Mencapai Tujuan Pembelajaran

Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran

Baca juga

MODUL 2
Mencapai Tujuan Pembelajaran
Dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi serta ditinjau oleh Dion Efrijum Ginanto, S.Pd., MA., Ph.D

1. Mencapai Tujuan Pembelajaran
Latihan Pemahaman

Kegiatan yang dapat dilakukan guru setelah mendapatkan
hasil asesmen, kecuali...
A. Melakukan refleksi proses belajar bersama peserta didik
B. Melakukan diferensiasi proses belajar
C. Melakukan refleksi diri
D. Menggunakan soal yang sama untuk remedial

Jawaban : D

Hal pertama yang sebaiknya dilakukan pendidik ketika mendapati peserta didik yang belum mencapai tujuan pembelajaran adalah...
A. marah
B. sedih
C. membuat soal remedial
D. melakukan refleksi bersama peserta didik

Jawaban : D

Hal pertama yang sebaiknya dilakukan pendidik ketika mendapati banyak sekali peserta didik yang belum mencapai tujuan pembelajaran adalah...
A. marah
B. sedih
C. membuat soal remedial
D. melakukan refleksi mengenai proses perencanaan mengajar

Jawaban : D

CERITA REFLEKTIF
Bagaimana cara Ibu dan Bapak menindaklanjuti ketercapaian tujuan pembelajaran peserta didik selama ini?

Jawab :
Cara Ibu dan Bapak menindaklanjuti ketercapaian tujuan pembelajaran peserta didik dapat bervariasi tergantung pada situasi dan kondisi yang ditemui. Di bawah ini adalah beberapa langkah yang umumnya dapat diambil oleh pendidik dalam menindaklanjuti ketercapaian tujuan pembelajaran peserta didik:
  1. Refleksi Bersama Peserta Didik: Ketika mendapati satu atau beberapa peserta didik belum mencapai tujuan pembelajaran, langkah pertama yang dapat diambil adalah melakukan refleksi bersama peserta didik. Ini melibatkan diskusi terbuka dengan peserta didik untuk memahami mengapa mereka belum mencapai tujuan pembelajaran. Pendidik dapat menanyakan pendapat peserta didik tentang hambatan atau kesulitan yang mereka hadapi.
  2. Pemahaman Individu: Setelah refleksi bersama peserta didik, pendidik dapat melakukan evaluasi individu terhadap masing-masing peserta didik yang belum mencapai tujuan pembelajaran. Ini membantu dalam mengidentifikasi area atau konsep spesifik yang mungkin memerlukan pemahaman tambahan.
  3. Pengaturan Dukungan Tambahan: Jika peserta didik memiliki kesulitan tertentu, pendidik dapat menyusun rencana dukungan tambahan. Ini dapat mencakup pengajaran ulang materi, bantuan tambahan, atau sumber daya ekstra untuk membantu peserta didik memahami konsep yang sulit.
  4. Penyesuaian Pembelajaran: Pendidik dapat mempertimbangkan penyesuaian dalam metode pengajaran atau materi pembelajaran. Mungkin diperlukan pendekatan yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan peserta didik yang beragam.
  5. Monitoring dan Evaluasi Lanjutan: Setelah memberikan dukungan tambahan dan melakukan penyesuaian, pendidik perlu terus memantau perkembangan peserta didik. Ini bisa melalui evaluasi tambahan, tugas atau ujian ulang, atau observasi kinerja peserta didik.
  6. Kolaborasi dengan Rekan Sejawat: Jika banyak peserta didik yang belum mencapai tujuan pembelajaran, pendidik dapat melakukan kolaborasi dengan rekan sejawat untuk memeriksa proses perencanaan mengajar dan memastikan bahwa tujuan pembelajaran dan metode pengajaran telah dirancang dengan baik.
  7. Komunikasi dengan Orang Tua atau Wali: Pendidik juga dapat berkomunikasi dengan orang tua atau wali peserta didik yang mengalami kesulitan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Ini dapat membuka saluran komunikasi untuk memahami lebih lanjut tantangan yang mungkin dihadapi peserta didik di rumah.
  8. Revaluasi Tujuan Pembelajaran: Terkadang, jika sejumlah besar peserta didik kesulitan mencapai tujuan pembelajaran, pendidik perlu merevaluasi tujuan tersebut untuk memastikan bahwa mereka realistis dan dapat dicapai oleh sebagian besar peserta didik.
2. Post Test
Pernyataan yang tidak sesuai dengan prinsip asesmen sumatif adalah...
A. Menilai pencapaian tujuan pembelajaran dan/atau CP peserta didik sebagai dasar penentuan kenaikan kelas.
B. Menilai pencapaian tujuan pembelajaran dan/atau CP peserta didik sebagai dasar penentuan kelulusan.
C. Penilaian yang digunakan untuk menyediakan informasi yang berkaitan dengan ketercapaian kurikulum oleh peserta didik.
D. Menilai proses belajar untuk memetakan kemampuan murid di awal.

Jawaban : D

Berikut ini pernyataan tentang salah satu contoh bentuk asesmen yang dirancang dengan adil juga proporsional yaitu ...
A. Projek yang mengikutsertakan minat siswa-siswi
B. Adanya projek pameran dalam waktu yang singkat
C. Bagi kelas 5 SD terdapat 200 soal tes pilihan ganda
D. Adanya soal latihan misalnya soal tes sama

Jawaban : A

Kegiatan yang kurang tepat dalam melakukan tindak lanjut ketercapaian tujuan pembelajaran adalah…
A. Melakukan tes ulang tanpa melakukan diferensiasi belajar
B. Melakukan refleksi proses belajar bersama peserta didik
C. Melakukan diferensiasi proses belajar
D. Melakukan refleksi diri

Jawaban : A

Hal yang dapat dilakukan tenaga pendidik jika mendapati kegagalan peserta didik mencapai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran karena kurang mempertimbangkan tahap perkembangan dan tingkat capaian peserta didik adalah…
A. Marah
B. Memberikan tes berulang
C. Memberikan soal tes yang sama seperti pada soal latihan
D. Memodifikasi alur tujuan pembelajaran memberikan penguatan pada konsep yang dibutuhkan

Jawaban : D

Bu Nia mendapati hampir semua peserta didik kesulitan saat mencapai tujuan pembelajaran yang ditentukan karena ada konsep dasar yang belum dipahami dengan baik. Hal yang dapat Bu Nia lakukan adalah...
A. Membuat soal remedial yang sama dengan soal latihan
B. Membuat soal remedial yang sama dengan soal sebelumnya
C. Memodifikasi alur tujuan pembelajaran untuk melakukan penguatan konsep dasar
D. Memberikan konsekuensi dan hukuman pada murid

Jawaban : C

"Semoga bermanfaat dan selesai mengerjakan Soal Pelatihan Mandiri Mengajar Merdeka."


Jika ingin Copy paste postingan ini, mohon untuk di sertakan sumber postingan aslinya dari kita seperti : (Sumber situs : finmediata.my.id)


Post a Comment

Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Silakan sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kami telah mendeteksi bahwa Anda menggunakan pemblokiran iklan di browser Anda. Silahkan di nonaktifkan Adsblock-NYA!
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.