Kunci Jawaban Soal Modul 3 Kenaikan Kelas dan Kelulusan

-- Sumber gambar : guru.kemdikbud.go.id  --

Jawaban Soal Modul 3 Kenaikan Kelas dan Kelulusan

Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran

Baca juga

MODUL 3
Kenaikan Kelas dan Kelulusan
Dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi serta ditinjau oleh Dion Efrijum Ginanto, S.Pd., MA., Ph.D

1. Kenaikan Kelas pada Kurikulum Merdeka
Latihan Pemahaman

Kriteria kenaikan kelas ditentukan oleh...
A. Regulasi Kurikulum Merdeka
B. Keputusan rapat dewan guru
C. Dinas Pendidikan Kota
D. Kemendikbudristek

Jawaban : B

Tindak lanjut yang perlu diambil pendidik sat ada peserta didik yang tidak dapat mencapai tujuan pembelajaran antara lain adalah...
A. Memberikan perlakuan khusus, misalnya strategi belajar lain atau tambahan waktu.
B. Mengubah rang lingkup capaian pembelajaran sesuai kebutuhan peserta didik.
C. Melakukan pengolahan nilai sehingga peserta didik bisa memenuhi tujuan pembelajaran.
D. Melaporkan kondisi murid pada dinas pendidikan kota/kabupaten untuk ditangani.

Jawaban : A

Kenaikan kelas pada dua fase yang berbeda dapat dilakukan dengan...
A. Melaksanakan arahan dari dinas pendidikan.
B. Mempertimbangkan kebutuhan belajar peserta didik.
C. Memperhatikan nilai ketuntasan minimal.
D. Memenuhi keinginan murid dan orang tua.

Jawaban : B

CERITA REFLEKTIF
Apa yang menjadi pertimbangan Ibu dan Bapak dalam menentukan kenaikan kelas selama ini?

Jawab :
Dalam menentukan kenaikan kelas, pendidik dan dewan guru biasanya mempertimbangkan berbagai faktor untuk memastikan bahwa peserta didik telah mencapai tingkat pemahaman dan kompetensi yang diperlukan untuk melanjutkan ke kelas berikutnya. Berikut adalah beberapa pertimbangan yang umumnya menjadi faktor dalam proses penentuan kenaikan kelas:
  1. Pencapaian Tujuan Pembelajaran: Salah satu faktor utama adalah apakah peserta didik telah mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan untuk kelas tersebut. Ini dapat dievaluasi melalui berbagai metode penilaian, termasuk ujian, tugas, proyek, dan observasi kinerja peserta didik.
  2. Kemajuan Akademik: Pendekatan ini mencakup penilaian kemajuan peserta didik sepanjang tahun ajaran. Pendidik melihat apakah peserta didik telah membuat kemajuan dalam pemahaman dan keterampilan mereka sepanjang tahun, bahkan jika mereka belum sepenuhnya mencapai tujuan pembelajaran.
  3. Kesiapan Konsep: Pendidik juga dapat mempertimbangkan sejauh mana peserta didik memiliki pemahaman yang cukup tentang konsep-konsep dasar yang akan digunakan di kelas berikutnya. Jika ada konsep-konsep yang belum dipahami, maka pendidik dapat memberikan dukungan tambahan sebelum melanjutkan.
  4. Partisipasi dan Kerja Keras: Partisipasi aktif peserta didik dalam proses pembelajaran dan upaya keras yang mereka lakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran juga dapat menjadi pertimbangan. Pendidik dapat melihat apakah peserta didik telah berkomitmen untuk belajar dan mengembangkan keterampilan mereka.
  5. Keselarasan dengan Standar Kurikulum: Penentuan kenaikan kelas juga harus selaras dengan standar kurikulum yang berlaku. Peserta didik harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh otoritas pendidikan atau kurikulum yang berlaku.
2. Kelulusan pada Kurikulum Merdeka
Latihan Pemahaman

Pada Kurikulum Merdeka, siapa yang berhak menentukan kelulusan peserta didik?
A. Dinas pendidikan kota/kabupaten
B. Komite Pembelaiaran
C. Satan Pendidikan
D. Kemendikbudristek

Jawaban : C

CERITA REFLEKTIF
Apa yang menjadi pertimbangan Ibu dan Bapak dalam menentukan kelulusan selama ini?

Jawab :
Dalam Kurikulum Merdeka atau kurikulum apa pun, penentuan kelulusan peserta didik biasanya menjadi tanggung jawab pihak sekolah, terutama dewan guru dan kepala sekolah. Mereka yang memiliki pengetahuan dan wewenang untuk menilai pencapaian peserta didik berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan dalam kurikulum dan kebijakan pendidikan yang berlaku. Satan Pendidikan bukanlah entitas yang memiliki otoritas untuk menentukan kelulusan peserta didik.
Pertimbangan yang menjadi dasar dalam menentukan kelulusan peserta didik dapat beragam tergantung pada kebijakan sekolah dan wilayah. Beberapa pertimbangan umum yang digunakan dalam proses penentuan kelulusan antara lain:
  1. Pencapaian Akademik: Ini mencakup penilaian terhadap pencapaian tujuan pembelajaran dalam berbagai mata pelajaran. Peserta didik harus memenuhi standar akademik yang ditetapkan untuk lulus.
  2. Ujian Akhir atau Evaluasi Akhir: Banyak kurikulum memiliki ujian akhir atau evaluasi akhir yang dijadikan salah satu faktor penentu kelulusan. Hasil ujian ini biasanya berkontribusi besar dalam penilaian akademik.
  3. Partisipasi dan Kehadiran: Kehadiran peserta didik di kelas dan partisipasi aktif mereka dalam proses pembelajaran juga dapat menjadi pertimbangan. Kehadiran yang baik dan partisipasi yang aktif dapat mencerminkan komitmen peserta didik terhadap pendidikan.
  4. Pengembangan Keterampilan: Selain aspek akademik, pengembangan keterampilan seperti kemampuan berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi juga dapat menjadi pertimbangan.
  5. Kepatuhan terhadap Norma Sekolah: Kepatuhan peserta didik terhadap aturan dan norma sekolah, serta perilaku yang positif dan etis, juga dapat mempengaruhi penilaian kelulusan.
3. Post Test
Berikut ini yang bukan merupakan bentuk asesmen sumatif yang dapat diselenggarakan oleh satuan pendidikan adalah…
A. Tes tertulis
B. Portofolio
C. Tugas performa
D. Rubrik

Jawaban : D

Untuk peserta didik yang mengalami hambatan berupa ketidakhadiran, pendidik perlu bekerjasama dengan orang tua dan melibatkan peserta didik untuk mencari solusi sejak awal. Hal ini dilakukan agar…
A. Tercipta komunikasi dan kerja sama yang baik antara sekolah, peserta didik, dan orang tua
B. Keputusan tidak meluluskan seorang peserta didik hanya diambil pada kejadian-kejadian luar biasa
C. Dapat mempertimbangkan rekaman perjalanan belajar peserta didik secara menyeluruh
D. Masalah yang ada tidak menumpuk di akhir masa sekolah dan menghambat kelulusan peserta didik

Jawaban : D

Salah satu dampak keputusan tidak naik kelas adalah?
A. Hubungan baik antara sekolah dan orang tua
B. Naiknya motivasi belajar peserta didik
C. Meningkatnya angka putus sekolah
D. Perbaikan mutu satuan pendidikan

Jawaban : C

Mengapa keputusan kenaikan kelas perlu melibatkan pendidik, orang tua, dan juga peserta didik?
A. Agar bisa menjadi laporan resmi pada dinas pendidikan
B. Agar peserta didik jera dan sadar akan kesalahan sebelumnya
C. Agar tidak tersebar berita yang bisa menjelekkan nama sekolah
D. Agar ada komitmen bersama yang akan dijalankan sebagai tindak lanjut

Jawaban : D

Informasi yang diperlukan agar para pendidik bisa memetakan masalah dan membuat keputusan yang tepat terkait kenaikan kelas adalah...
A. Hambatan belajar yang dialami peserta didik dan latar belakangnya
B. Sertifikat perlombaan dan piala yang pernah didapatkan peserta didik
C. Panduan Pembelajaran dan Asesmen dari Kemendikbudristek
D. Nilai akhir peserta didik yang diolah dari nilai-nilai ujian

Jawaban : A

"Semoga bermanfaat dan selesai mengerjakan Soal Pelatihan Mandiri Mengajar Merdeka."


Jika ingin Copy paste postingan ini, mohon untuk di sertakan sumber postingan aslinya dari kita seperti : (Sumber situs : finmediata.my.id)

إرسال تعليق

Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Silakan sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kami telah mendeteksi bahwa Anda menggunakan pemblokiran iklan di browser Anda. Silahkan di nonaktifkan Adsblock-NYA!
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.