Kunci Jawaban Soal Modul 3 Membangun kemampuan literasi numerasi secara bertahap

-- Sumber gambar : guru.kemdikbud.go.id --

Jawaban Soal Modul 3 Membangun kemampuan literasi numerasi secara bertahap

Penguatan Transisi PAUD-SD 2 : Melalui Pembelajaran

Baca juga

MODUL 3
Modul 3 : Membangun kemampuan literasi numerasi secara bertahap
Dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi

1. Miskonsepsi Literasi dan Numerasi
Latihan Pemahaman

SOAL!
Dari pernyataan berikut, manakah yang termasuk miskonsepsi literasi Anak Usia Dini ?
A. Lancar membaca bukan berarti paham isi bacaan.
B. Kesiapan membaca awal terlihat dari anak dapat bercerita tentang lingkungan di sekitarnya.
C. Belajar membaca diawali dengan menghafal huruf A-Z
D. Pengenalan aksara, kata dilakukan dalam konteks bermain dan belajar serta berkomunikasi.

Jawaban : C

Manakah dari pernyataan berikut yang bukan termasuk miskonsepsi numerasi Anak Usia Dini ?
A. Bagi anak usia dini, literasi dan bahasa lebih penting daripada matematika.
B. Anak usia dini belum siap untuk pendidikan matematika.
C. Anak belajar matematika hanya melalui interaksi melalui benda konkret.
D. Matematika tidak selalu perlu diintegrasikan dengan kegiatan lain

Jawaban : D

CERITA REFLEKTIF
Apakah ada hal baru yang anda pelajari dari materi ini? Silahkan tulis respon anda secara singkat.

Jawab :
Sebetulnya kemampuan literasi anak diawali dari kemampuan anak bisa berkomunikasi yaitu anak bisa bertukar informasi lewat interaksi dengan lingkungan sekitarnya.

2. Lingkup Literasi
Latihan Pemahaman

SOAL!
Ketika anak mendengar sebuah kata, memerhatikan mimik dan gestur lawan bicara, menandakan bahwa anak sedang menggunakan kemampuan bahasa ?
A. Bahasa Penginderaan
B. Bahasa Reseptif
C. Bahasa Produktif
D. Bahasa Ekspresif

Jawaban : B

Kemampuan anak dalam memahami dunia sekitarnya, termasuk komponen literasi.
A. Kemampuan bertutur
B. Kosakata
C. Kesadaran fonemik
D. Pengetahuan latar

Jawaban : D

Cakupan literasi yang paling banyak dilakukan di PAUD dan SD adalah keaksaraan, apa yang dimaksud dengan keaksaraan ?
A. Kemampuan anak menghubungkan huruf dan bunyi
B. Kemampuan anak menyadari makna dibalik simbol
C. Kemampuan anak memahami bahasa lisan ke bahasa teks
D. Kemampuan bertutur

Jawaban : A

CERITA REFLEKTIF
Apakah ada hal baru yang anda pelajari dari materi ini? Silahkan tulis respon anda secara singkat.

Jawab :
Kemampuan literasi yang dimiliki oleh seorang anak diawali dari kemampuan anak untuk dapat melakukan interaksi atau berkomunikasi dimana anak dapat bertukar informasi melalui proses interaksinya dengan orang lain dan lingkungan di sekitarnya.

3. Membangun Literasi secara Bertahap
Latihan Pemahaman

SOAL!
Langkah pertama yang perlu dilakukan guru dalam merancang pembelajaran penguatan literasi Anak Usia Dini adalah
A. Menentukan strategi pembelajaran yang menyenangkan
B. Melakukan asesmen awal
C. Menyusun ATP
D. Menentukan materi

Jawaban : B

Sesuai dengan tema pembelajaran "Hobiku" di term ke-2, Bapak Yudi meminta anak-anak kelas 1A untuk membawa benda-benda terkait hobi mereka dan menceritakanya kepada teman-teman di kelas. Dua cakupan literasi manakah yang ingin dibangun oleh Bapak Yudi melalui kegiatan ini?
A. Kesadaran cetak dan keaksaraan
B. Keaksaraaan dan fonemik
C. Fonetik dan pengetahuan latar
D. Kosakata dan kemampuan bercerita

Jawaban : D

lbu Linda menyediakan beberapa mainan kesukaan anak-anak di kelas. ibu Linda meminta anak-anak untuk menyebutkan namanya dan mengajak mereka mengeja lalu membimbing untuk menulis pada kertas yang sudah disediakan. Dua cakupan literasi yang ingin dikembangkan oleh lbu Linda secara bertahap adalah..
A. Kesadaran fonemik dan keaksaraan
B. Kesadaran cetak dan pengetahuan latar
C. Kosakata dan kemampuan bercerita
D. Kemampuan bercerita dan kesadaran fonemik

Jawaban : A

CERITA REFLEKTIF
Apakah ada hal baru yang anda pelajari dari materi ini? Silahkan tulis respon anda secara singkat.

Jawab :
Ya, setelah mempelajari materi ini, saya menjadi paham bagaimana membangun kemampuan literasi numerasi secara bertahap sejak PAUD hingga SD. Terdapat 3 langkah yang harus dilakukan guru sebagai berikut:
  1. Melakukan asesmen awal pembelajaran
  2. Mengidentifikasi perkembangan literasi dari level membaca
  3. Membuat rencana tindak lanjut dalam rencana pembelajaran
Selanjutnya, saya juga menjadi tahu apa saja kegiatan literasi yang sesuai untuk dilakukan oleh pembaca dini dan pembaca awal. Ide kegiatan membaca dini antara lain: 1) membaca lantang, 2) unjuk cerita, 3) poster cerita, dan 4) aku bisa menulis. Sementara itu, beberapa ide kegiata membaca awal di antaranya: 1) Sebut Eja Tulis (SET), dan 2) Susun Kata.

4. Lingkup Numerasi
Latihan Pemahaman

SOAL!
Numerasi tidak hanya sebatas operasi bilangan dan rumus. Dimanakah dari pernyataan berikut yang tidak termasuk kegunaan dari pengembangan kemampuan numerasi dalam kehidupan kita?
A. Mengajarkan keterampilan dalam perencanaan dan estimasi
B. Mengajarkan kemampuan menghafal rumus
C. Mengembangkan kemampuan menjelaskan suatu ide secara logis dan kritis
D. Meningkatkan kemampuan memecahkan masalah secara sistematis

Jawaban : B

Mengapa penting untuk peserta didik memiliki kesadaran bilangan?
A. Dapat mengembangkan kesadaran ruang pada peserta didik
B. Dapat membangun kemampuan peserta didik dalam membuat keputusan
C. Dapat mengembangkan kemampuan mengenal karakteristik dan klasifikasi
D. Dapat memberikan penguatan terhadap kemampuan numerasi lainnya

Jawaban : D

Ibu Rita mengajak peserta didik di kelasnya untuk mengumpulkan bunga-bunga yang berjatuhan di halaman sekolah. Setelah itu lbu Rita mengajak anak mendeskripsikan bunga berdasarkan warnanya. Lalu peserta didik mengelompokkan bunga tersebut berdasarkan warna. Bu Rita menanyakan berapa jumlah bunga di setiap kelompok warna. Setelahnya, peserta didik dapat menempel bunga-bunga tersebut membentuk suatu benda/ objek. Dari kegiatan ini, kemampuan numerasi apa saja yang dibangun?
A. Pengukuran, geometri, pola dan fungsi
B. Kesadaran bilangan, pengukuran, pola dan fungsi
C. Analisa data, kesadaran bilangan, geometri
D. Geometri, pola dan fungsi, pengukuran

Jawaban : C

CERITA REFLEKTIF
Apakah ada hal baru yang anda pelajari dari materi ini? Silahkan tulis respon anda secara singkat.

Jawab :
Kemampuan numerasi yang dimiliki oleh seorang anak diawali dari kemampuan anak untuk kemampuan menggunakan simbol, angka, dan hal-hal yang berkaitan dengan masalah sehari-hari. Kemudian yang kedua adalah kemampuan untuk menelaah informasi sebagai upaya mengambil keputusan.

5. Membangun Numerasi secara Bertahap
Latihan Pemahaman

SOAL!
Menyortir dan menggolongkan benda berdasarkan satu atau lebih atribut/ ciri tertentu, dan menghitung ada berapa benda sesuai dengan masing-masing kategori kemudian mengumpulkan dan mengelompokkan data untuk menjawab pertanyaan (contoh pertanyaan misalnya, "Apa cemilan favoritmu?"). Hal ini merupakan contoh dari cara membangun kemampuan..
A. Kesadaran dan operasi bilangan.
B. Pola
C. Geometri
D. Analisa data

Jawaban : D

Kemampuan spasial, dimulai dari kemampuan menentukan jalur yang perlu dilalui untuk mencapai sebuah benda pada gambar, dilanjutkan dengan menyebutkan posisi dari benda yang dilihat terhadap benda lain (atas, bawah, belakang, samping, depan), dan kemudian membedakan kiri dan kanan termasuk ke dalam kompone mengenalkan?
A. Kesadaran dan operasi bilangan.
B. Pola
C. Geometri
D. Analisa data

Jawaban : C

CERITA REFLEKTIF
Apakah ada hal baru yang anda pelajari dari materi ini? Silahkan tulis respon anda secara singkat.

Jawab :
Kemampuan untuk mengaplikasikan konsep bilangan dan keterampilan operasi hitung di dalam kehidupan sehari-hari. Literasi numerasi juga mencakup kemampuan untuk menerjemahkan informasi kuantitatif yang terdapat di sekeliling kita.

6. Post Test
1) Berdasarkan asesmen awal pembelajaran yang dilakukan di kelasnya melalui kegiatan membaca lantang. Pak Ali berfokus pada kemampuan menyimak dan mengolah informasi secara lisan. Pak Ali mengidentifikasi 2 kelompok murid berdasarkan level membacanya, yaitu:
Kelompok A = Merespon dan mengungkapkan ide mengenai peristiwa sehari-hari. Mereka masih belum mampu mengenali huruf dan bunyinya.
Kelompok B = Mereka mulai menunjukan ketertarikan pada buku, menanyakan arti kata yang baru dikenalnya serta mengenali beberapa huruf.
Mereka juga sudah mampu menangkap isi cerita, informasi dari hasil menyimak cerita yang dibacakan.
Komponen literasi apa saja yang perlu Pak Ali prioritaskan untuk mengembangkan kemampuan literasi murid dalam kelompok A secara bertahap?
A. Kesadaran fonemik
B. Kesadaran cetak
C. Kosakata
D. Keaksaraan

Jawaban : D

2) Dari hasil observasi Bu Lisa terhadap peserta didik di kelasnya, sebagian besar dari mereka senang melakukan kegiatan di luar kelas. Melihat ini, Bu Lisa menggunakan kegiatan di lapangan untuk mengembangkan kemampuan numerasi peserta didiknya. Bu Lisa melakukan dua kegiatan inti:
Kegiatan 1:
Peserta didik diminta membuat kelompok yang terdiri dari 6 anak. Setelah berkelompok, peserta didik membentuk barisan dan secara bergantian menyebutkan bilangan secara urut dari 1. Setiap satu kelompok sudah selesai berhitung, Bu Lisa menanyakan ada berapa jumlah anak di setiap kelompok.
Kegiatan 2:
Peserta didik diminta membuat kelompok berdasarkan bulan ulang tahun mereka (peserta didik yang lahir di bulan Januari akan membentuk satu kelompok, yang lahir di bulan Februari akan membentuk satu kelompok, dan seterusnya). Setelah semua sudah membentuk kelompok berdasarkan bulan, peserta didik diminta melihat semua kelompok yang sudah terbentuk. Tanpa perlu berhitung, Bu Lisa menanyakan bulan apa yang memiliki paling banyak kelompok..
Dari Kegiatan 1, kemampuan numerasi apa yang dikembangkan?
A. Pola merepresentasikan situasi dan struktur matematis menggunakan simbol
B. Bilangan - memahami makna dari operasi bilangan
C. Pola- pemahaman pola relasi dan fungsi
D. Bilangan - mengetahui cara menampilkan bilangan dan hubungan antar bilangan

Jawaban : D

3) Berikut merupakan kalimat yang dapat membantu anak menghubungkan informasi ialah sebagai berikut, kecuali..
A. "Wah pembelajaran hitung longkap (skip counting) kita hari ini seperti saat membantu lbu-mu membungkus keripik seperti yang sudah kamu ceritakan yaa, lima keripik tiap bungkusan."
B. "lyaya, kalau kita sudah mengetahui seperti apa itu bilangan 3, jadi jika nanti Bapak/lbu guru minta agar dapat membawa tiga buku cerita ke sekolah esok hari, kamu sudah dapat menyiapkannya sendiri yaa?"
C. Jadi kamu merasa kalau belajar bilangan hari ini mirip dengan kejadian ini karena?"
D. "Wah kamu pintar yaa."

Jawaban : D

4) Apa yang perlu dilakukan guru PAUD & SD Awal untuk membantu perkembangan literasi murid sehingga tidak terjebak pada miskonsepsi?
A. Mengenalkan huruf dengan fokus pada kemampuan mengeja suku kata.
B Driling melafalkan bacaan.
C. Menguatkan kemampuan berkomunikasi melalui kegiatan bercakap-cakap, bermain dan bersosialisasi.
D. Melatih ketrampilan menulis huruf

Jawaban : C

5) Guru Ani memahami bahwa kemampuan literasi numerasi perlu dikembangkan sejak anak usia dini. Guru Ani cukup mengajarkan bilangan yang sederhana dan bentuk untuk mengembangkan kemampuan numerasi. Apakah yang dilakukan guru Ani sudah cukup mengoptimalkan kemampuan numerasi muridnya ?
A. Belum, sebab pembelajaran numerasi anak usia dini bisa melibatkan operasi bilangan, pengkuran bentuk melalui pemecahan masalah, analisis dan komunikasi
B. Belum, sebab apa yang dilakukan kurang menantang, seharusnya Guru Ani bisa menyediakan lingkungan fisik yang lebih kaya sehingga pembelajaran lebih berkualitas.
C. Sudah, sebab mengembangkan kemampuan literasi lebih penting daripada numerasi untuk anak usia dini.
D. Sudah, sebab anak usia dinibelum siap untuk belajar matematika yang lebih kompleks.

Jawaban : A

6) Melalui observasi, terlihat profil seorang peserta didik sebagai berikut :
  1. Anak dapat menjawab pertanyaan, menyebutkan nama benda yang ditunjukkan melalui gambar.
  2. Anak tidak tertarik dengan buku, namun terlihat antusias saat dibacakan buku.
  3. Anak cenderung mengulang-ulang kata yang baru didengar.
Berdasarkan profil peserta didik diatas, komponen literasi apa yang sudah dimiliki peserta didik tersebut ?
A. Pengetahuan latar& Keaksaraan
B. Kemampuan bertutur & kosakata
C. Kesadaran cetak & Kosakata
D. Keaksaraan & Kesadaran Fonemik

Jawaban : B

"Semoga bermanfaat dan selesai mengerjakan Soal Pelatihan Mandiri Mengajar Merdeka."


Jika ingin Copy paste postingan ini, mohon untuk di sertakan sumber postingan aslinya dari kita seperti : (Sumber situs : finmediata.my.id)

إرسال تعليق

Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Silakan sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kami telah mendeteksi bahwa Anda menggunakan pemblokiran iklan di browser Anda. Silahkan di nonaktifkan Adsblock-NYA!
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.