Kunci Jawaban Soal Modul 4 Bagaimana membangun kemampuan fondasi secara holistik dan bertahap sejak PAUD hingga SD?



-- Sumber gambar : guru.kemdikbud.go.id --

Jawaban Soal Modul 3 Bagaimana membangun kemampuan fondasi secara holistik dan bertahap sejak PAUD hingga SD?


Transisi PAUD-SD 2: Penguatan melalui Pembelajaran yang Menyenangkan

Baca juga

MODUL 4
Bagaimana membangun kemampuan fondasi secara holistik dan bertahap sejak PAUD hingga SD?
Dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi

1. Pentingnya Kemampuan Fondasi
Latihan Pemahaman

SOAL!
Theo merupakan siswa kelas 5 SD yang cerdas dalam bernalar dan menguasai apa yang diajarkan di sekolah, namun ia seringkali terlambat dan sulit untuk mengendalikan diri. Ia seringkali tidak mengerjakan tugas tepat waktu atau mangkir dari kelas serta sulit dihubungi oleh teman kelompoknya. Akibatnya, potensi kecerdasannya tidak tampil secara optimal.
A. Kematangan kognitif yang cukup untuk melakukan kegiatan belajar, seperti dasar literasi, numerasi serta pemahaman dasar mengenai cara dunia bekerja
B. Kematangan emosi yang cukup untuk berkegiatan di lingkungan belajar
C. Pemaknaan terhadap belajar yang positif
D. Keterampilan sosial dan bahasa yang memadai untuk berinteraksi sehat dengan teman sebaya dan individu lainnya

Jawaban : B

Cahaya merupakan seorang siswi kelas 6 SD yang unggul di sekolahnya. Nilai-nilai tugas individualnya sangat baik. Walau demikian, Cahaya kesulitan ketika mengerjakan tugas kelompok. Ia sulit untuk menjalin pertemanan dengan teman. Ia pun kurang inisiatif untuk membangun percakapan sehingga tertinggal informasi penting yang perlu ia ketahui. Jika ada kesulitan yang ia rasakan pun, Cahaya merasa tidak perlu membagikannya kepada teman kelompoknya sehingga masalah tidak terselesaikan. Kemampuan fondasi apa yang belum terbangun pada diri Cahaya sedari dini?
A. Kematangan kognitif yang cukup untuk melakukan kegiatan belajar, seperti dasar literasi, numerasi serta pemahaman dasar mengenai cara dunia bekerja
B. Kematangan emosi yang cukup untuk berkegiatan di lingkungan belajar
C. Pemaknaan terhadap belajar yang positif
D. Keterampilan sosial dan bahasa yang memadai untuk berinteraksi sehat dengan teman sebaya dan individu lainnya

Jawaban : D

CERITA REFLEKTIF
Apakah ada hal baru yang anda pelajari dari materi ini? Silahkan tulis respon anda secara singkat!

Jawab :
Setelah mempelajari materi ini, saya menjadi paham tentang pentingnya penguasaan kemampuan fondasi secara keseluruhan. Saya mempelajari beberapa aspek kemampuan fondasi pada anak yang dijabarkan dalam beberapa contoh kasus, seperti:
1) kematangan emosi yang cukup untuk berkegiatan di lingkungan belajar, dan
2) keterampilan sosial dan bahasa yang memadai untuk berinteraksi sehat dengan teman sebaya dan individu lainnya.

2. Membangun Fondasi secara Holistik
Latihan Pemahaman

1. Di bawah ini, manakah pernyataan yang tepat mengenai membangun kemampuan fondasi?
1) Kemampuan fondasi perlu dibangun secara menyeluruh pada setiap aspek.
2) Ada kemampuan fondasi yang lebih penting daripada kemampuan fondasi yang lain.
3) Kemampuan fondasi memiliki keterkaitan dengan aspek perkembangan anak.
4) Kemampuan fondasi tidak berkaitan dengan mata pelajaran tertentu.
A. 2 dan 4
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 1 dan 4

Jawaban : B

2. Pemahaman diri sebagai entitas yang unik dan berbeda dengan orang lain yang ditunjukkan dengan dapat menyebutkan perbedaan dan persamaan karakteristik fisik dan non fisik dirinya dibandingkan saudara-saudaranya atau teman sekelasnya. Merupakan keterampilan pada kemampuan fondasi pada aspek …
A. Kematangan kognitif yang cukup untuk melakukan kegiatan belajar, seperti dasar literasi, numerasi serta pemahaman dasar mengenai cara dunia bekerja
B. Pemaknaan terhadap belajar yang positif
C. Keterampilan sosial dan bahasa yang memadai untuk berinteraksi sehat dengan teman sebaya dan individu lainnya.
D. Kematangan emosi yang cukup untuk berkegiatan di lingkungan belajar.

Jawaban : D

3. Di bawah ini merupakan keterampilan yang merupakan bagian dari kemampuan fondasi pengembangan keterampilan motorik dan perawatan diri yang memadai untuk dapat berpartisipasi di lingkungan sekolah secara mandiri, kecuali…
A. Rasa syukur telah diciptakan oleh Tuhan YME yang tertampil dalam perilaku-perilaku positif seperti menjaga kebersihan diri, kesehatan diri serta keselamatan diri.
B. Kepemilikan keterampilan untuk menjaga keselamatan diri.
C. Kemampuan dan keterampilan untuk memperoleh pengetahuan mengenai objek, fenomena alam, atau fenomena sosial melalui pengamatan dan eksplorasi untuk kemudian diutarakan melalui bahasa atau media sederhana.
D. Kepemilikan kemampuan motorik kasar maupun motorik halus.

Jawaban : C

CERITA REFLEKTIF
Apakah ada hal baru yang anda pelajari dari materi ini? Silahkan tulis respon anda secara singkat!

Jawab :
Setelah mempelajari materi ini, saya menjadi paham tentang enam aspek kemampuan fondasi yang harus dibangun pada siswa. Aspek kemampuan fondasi tersebut adalah sebagai berikut.
1. Agama dan budi pekerti
2. Kematangan emosi yang cukup untuk berkegiatan di lingkungan belajar
3. Keterampilan sosial dan bahasa yang memadai untuk berinteraksi sehat dengan teman sebaya dan individu lainnya
4. Pemaknaan terhadap belajar yang positif
5. Pengembangan keterampilan motorik dan perawatan diri yang memadai untuk dapat berpartisipasi di lingkungan sekolah secara mandiri
6. Kematangan kognitif yang cukup untuk melakukan kegiatan belajar, seperti dasar literasi, numerasi serta pemahaman dasar mengenai cara dunia bekerja

3. Membangun Fondasi secara Bertahap dan Berkesinambungan
Latihan Pemahaman

1. Urutkanlah kemampuan-kemampuan di bawah ini dari kemampuan yang perlu dibangun terlebih dahulu untuk membangun kemampuan fondasi kematangan emosi yang cukup untuk berkegiatan di lingkungan belajar.
1) Anak memberikan respon (dapat dalam bentuk verbal maupun nonverbal) yang sesuai terhadap ekspresi emosi orang lain.
2) Anak mampu membedakan ragam ekspresi emosi menggunakan objek konkret.
3) Anak mengekspresikan emosi dalam berbagai bentuk.
4) Anak mengenal dan menyebutkan nama-nama emosi.
A. 4-2-3-1
B. 3-2-4-1
C. 2-4-3-1
D. 3-4-2-1

Jawaban : B

CERITA REFLEKTIF
Apakah ada hal baru yang anda pelajari dari materi ini? Silahkan tulis respon anda secara singkat.


Jawab :
Setelah mempelajari materi ini, saya menjadi lebih paham bahwasanya agar peserta didik dapat membangun kemampuan fondasinya, pendidik perlu membangunnya secara bertahap dan berkesinambungan sehingga pembelajaran peserta didik pun tidak terputus. Penguasaan kemampuan fondasi secara bertahap artinya terdapat kemampuan yang perlu dikuasai lebih dahulu sebelum kemampuan yang lain, sedangkan berkesinambungan artinya kemampuan fondasi dibangun secara berkesinambungan melalui pembelajaran di PAUD hingga SD kelas awal.


Selain itu, saya juga mempelajari beberapa landasan dalam mengurutkan tahapan kemampuan sebagai berikut.
1. Pengurutan dari yang Konkret ke yang Abstrak
2. Pengurutan Deduktif
3. Scaffolding
4. Pengurutan dari mudah ke yang lebih sulit
5. Pengurutan hierarki
6. Pengurutan prosedural


4. Post Test
Niam merupakan siswa kelas 4 SD yang memiliki prestasi akademik yang cukup baik sejak kelas 1 sampai dengan kelas 3. Meskipun demikian, riwayat ketidakhadiran Niam di sekolah cukup tinggi. Hal ini semakin terlihat di awal kelas 4 SD. Pada bulan pertama tahun ajaran baru, Niam sudah 6 hari tidak masuk sekolah. Informasi yang didapatkan dari orang tua, Niam berpura-pura sakit supaya tidak masuk sekolah, "Aku tidak bisa belajar, aku sakit". Orang tua juga mengeluhkan, kalau Niam baru mau belajar ketika dijanjikan hadiah. Dari pengamatan guru ketika di sekolah, Niam tidak memiliki masalah dengan teman di kelas. Justru bermain dengan teman merupakan hal yang memotivasi Niam untuk masuk sekolah. "Ma, aku kangen sama teman-teman, aku sudah sembuh". Setelah mempelajari materi ini, saya menjadi lebih paham bahwasanya agar peserta didik dapat membangun kemampuan fondasinya, pendidik perlu membangunnya secara bertahap dan berkesinambungan sehingga pembelajaran peserta didik pun tidak terputus. Penguasaan kemampuan fondasi secara bertahap artinya terdapat kemampuan yang perlu dikuasai lebih dahulu sebelum kemampuan yang lain, sedangkan berkesinambungan artinya kemampuan fondasi dibangun secara berkesinambungan melalui pembelajaran di PAUD hingga SD kelas awal.
A. Kematangan kognitif yang cukup untuk melakukan kegiatan belajar, seperti dasar literasi,numerasi serta pemahaman dasarmengenai cara dunia berkerja
B. Kematagan emosi yang cukup untuk berkegiatan di lingkungan belajar
C. Pemaknaan terhadap belajar yang positif
D. Keterampilan sosial dan bahasa yang memadai untuk berinteraksi sehat dengan teman sebayadan individu lainnya.

Jawaban : C

Bu Putri seorang guru PAUD. Saat mengajak anak-anak belajar pada tema profesi, bu Putri terlebih dahulu mencari tahu profesi apa saja yang sudah diketahui anak juga profesi apa sajakah yang diminati anak. Data yang bu Putri dapatkan digunakan untuk menyesuaikan jenis profesi yang akan dipelajari. Pada saat proses belajar anak-anak terlihat antusias, mereka aktif dalam kegiatan yang disediakan juga terlihat ingin mencari tahu lebih dalam mengenai profesi-profesi yang dipelajari. Beberapa diantara mereka menyatakan ingin menjadi profesi tersebut ketika sudah besar. Manakah pernyataan di bawah ini yang tidak sesuai dengan deskripsi di atas?
A. Bu Putri melibatkaanak dalam menentukan tujuan belajar
B. Anak merasakan manfaat dari proses belajar yang ia lakukan, maka ia akan mengembangkan kecintaannya terhadap belajar
C. Anak akan semangat belajarjika diberi hadiah
D. Bu Putri melakukan asesmen diagnostik di awal pembelajaran

Jawaban : C

Nanda merupakan siswa kelas 1 SD. Ketika di sekolah Nanda selalu aktif terlibat dalam kegiatan piket kelas, untuk membersihkan papan tulis dan menyapu lantai. Jika tempat sampah di kelas sudah terisi penuh, ia dengan suka rela membuang sampahnya ke tempat sampah di depan kelas yang lebih besar agar dapat digunakan kembali. Dari deskripsi di atas, kemampuan fondasi apakah yang terlihat berkembang cukup baik pada diri Nanda?
A. Mengenal nilai agama dan budi pekerti
B. Keterampilan sosial dan bahasa yang memadai untuk berinteraksi sehat dengan teman sebaya dan individu lainnya.
C. Pemaknaan terhadap belajar yang positif
D. Kematangan kognitif yang cukup untuk melakukan kegiatan belajar, seperti dasar literasi, numerasi serta pemahaman dasar mengenai cara dunia berkerja

Jawaban : A

Respon apakah yang dapat diucapkan guru untuk memvalidasi perasan anak ketika ada anak yang terjatuh saat sedang berlari di halaman, untuk menguatkan kemampuan fondasinya?
A. "Berjalan saja ya, tidak usah berlari."
B. "Tidak apa-apa, tidak sakit kok, kan jatuhnya pelan."
C. "Apakah kamu baik-baik saja? Apa yang kamu rasakan? Menangis artinya kamu sedang merasakan emosi sedih ya?"
D. "Wah hebat, kamu tidak menangis!"

Jawaban : B

Bu Tania adalah seorang guru PAUD. Untuk melatih kemampuan motorik halus anak, bu Tania mengajak anak-anak mewarnai gambar hewan. Gambar yang diberikan bu Tania, disesuaikan dengan hewan kesukaan anak-anak. Dalam setiap pilihan gambar, ada tingkat kesulitan mewarnai yang berbeda berdasarkan ukuran kertas, dan luasnya bidang yang perlu diwarnai. Anak-anak juga diberikan kesempatan untuk memilih tingkat kesulitan gambar yang ingin diwarnai. Strategi yang dilakukan bu Tania di kelasnya, menggunakan landasan...
A. Pengurutan dari yang konkret ke yang abstrak
B. Pengurutan deduktif
C. Pengurutan dari mudah ke yang lebih sulit
D. Pengurutan Hierarki

Jawaban : C

"Semoga bermanfaat dan selesai mengerjakan Soal Pelatihan Mandiri Mengajar Merdeka."


Jika ingin Copy paste postingan ini, mohon untuk di sertakan sumber postingan aslinya dari kita seperti : (Sumber situs : finmediata.my.id)

إرسال تعليق

Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Silakan sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kami telah mendeteksi bahwa Anda menggunakan pemblokiran iklan di browser Anda. Silahkan di nonaktifkan Adsblock-NYA!
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.