Kunci Jawaban Soal Modul 5 Merencanakan Pembelajaran yang Menguatkan Transisi PAUD-SD

-- Sumber gambar : guru.kemdikbud.go.id --

Jawaban Soal Modul 5 Merencanakan Pembelajaran yang Menguatkan Transisi PAUD-SD

Transisi PAUD-SD 2: Penguatan melalui Pembelajaran yang Menyenangkan

Baca juga

MODUL 5
Merencanakan Pembelajaran yang Menguatkan Transisi PAUD-SD
Dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi

1. Meramu Tujuan Pembelajaran
Latihan Pemahaman

Bagaimana hubungan antara asesmen awal dan tujuan pembelajaran?
A. Hasil asesmen awal digunakan untuk menyesuaikan tujuan pembelajaran
B. Asesmen awal menjadi bagian dari rencana pembelajaran yang dibuat guru
C. Rencana pembelajaran dibuat sebelum melakukan asesmen awal
D. Guru melakukan asesmen awal agar rencana pembelajaran dapat dilakukan dengan lancar

Jawaban : A

CERITA REFLEKTIF
Apakah ada hal baru yang anda pelajari dari materi ini? Silahkan tulis respon anda secara singkat.

Jawab :
Setelah mempelajari materi ini, saya menjadi paham bahwasanya dalam tujuan pembelajaran dirancang berdasarkan hasil pengolahan data asesmen awal. Berdasarkan hasil pengolahan data tersebut, ada 2 kemungkinan yang terjadi yakni anak-anak sudah memiliki kemampuan fondasi yang memadai, atau masih ada kemampuan fondasi yang belum dimiliki.
Kemampuan fondasi dapat dibangun sejak di PAUD hingga SD kelas awal menggunakan CP/KD/Mapel. Jika sudah memiliki kemampuan fondasi yang memadai, guru dapat melanjutkan pembelajaran dengan menggunakan tujuan-tujuan pembelajaran untuk mata pelajaran Fase A (Kurikulum Merdeka) atau Kompetensi Dasar kelas 1 SD (Kurikulum 2013).
Jika masih ada kemampuan fondasi yang belum dimiliki, Guru perlu menyesuaikan tujuan-tujuan pembelajaran yang telah dirancang. Guru disarankan menggunakan tujuan-tujuan pembelajaran yang ada di fase fondasi atau Kompetensi Dasar PAUD untuk menguatkan kemampuan fondasi yang belum muncul.

2. Merancang Kegiatan Pembelajaran
Latihan Pemahaman

Pernyataan yang tepat tentang hubungan kegiatan pembelajaran dengan tujuan pembelajaran adalah....
A. Melalui kegiatan pembelajaran yang sama, anak-anak dapat mencapai tujuan pembelajaran yang berbeda
B. Kegiatan pembelajaran yang dirancang harus selaras dan dapat mendukung tercapainya tujuan pembelajaran
C. Tujuan pembelajaran setiap anak harus sama, sehingga kegiatan pembelajaran yang dilalui anak pun harus sema
D. Tujuan pembelajaran yang berbeda dibutuhkan sebagai hasil akhir kegiatan pembelajaran yang mengakomodasi keberagaman kebutuhan anak

Jawaban : B

Kemampuan anak usia dini perlu dibangun secara berkelanjutan, sehingga dalam pembelajarannya....
A. Guru perlu menyesuaikan kegiatan agar pencapaian setiap anak seragam
B. Guru dapat menentukan banyak tujuan pembelajaran
C. Perlu disiapkan untuk berbagai kondisi awal anak yang mungkin ditemui
D. Perlu waktu dan pembiasaan yang memungkinkan anak leluasa bereksplorasi

Jawaban : D

Hasil asesmen awal dapat digunakan guru untuk....
A. Memodifikasi tujuan pembelajaran dan bahan laporan hasil belajar
B. Menyusun bahan ajar dan menentukan topik pembelajaran
C. Memodifikasi tujuan pembelajaran dan menyesuaikan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebuthan peserta didik.
D. Merancang berbagai strategi pembelajaran dan strategi penilaian"

Jawaban : C

CERITA REFLEKTIF
Apakah ada hal baru yang anda pelajari dari materi ini? Silahkan tulis respon anda secara singkat.

Jawab :
Asesmen awal membantu guru untuk memahami kebutuhan dan tingkat pemahaman peserta didik, sehingga mereka dapat merancang tujuan pembelajaran yang sesuai dan memodifikasi strategi pembelajaran agar lebih efektif. Saya juga menyadari bahwa asesmen awal bukan hanya tentang ujian atau tes, tetapi juga bisa melibatkan observasi, wawancara, dan evaluasi berbagai aspek seperti kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik peserta didik. Dengan demikian, asesmen awal merupakan alat yang sangat berharga dalam meningkatkan pengalaman belajar peserta didik.

3. Post Test
Bu lita akan mengajar di kelas 1 di tahun ajaran mendatang. Dari catatan bagian penerimaan peserta didik baru, lebih dari setengah anak dalam kelasnya sudah menyelesaikan paud. Oleh karena itu, bu lita memutuskan untuk langsung melakukan kegiatan belajar dengan target anak-anak mampu membaca di 2 minggu pertama. Langkah yang diambil bu lita menurut anda ....
A. Tepat, anak-anak yang sudah lulus paud tentunya sudah mahir calistung
B. Tidak tepat, sebaiknya bu lita mengundurkan waktu mask sekolah untuk yang sudah lulus paud dan 2 minggu pertama digunakan bu lita untuk menyamakan kemampuan anak anak yang tidak ikut paud
C. Tepat, tetapi bu lita harus memastikan anak-anak yang tidak ikut paud dapat mengejar ketertinggalannya
D. Tidak tepat, 2 minggu pertama sebaiknya digunakan oleh bu lita untuk asesmen awal memetakan kebutuhan dan kondisi anak-anak yang beragam

Jawaban : D

Berikut adalah langkah-langkah menyusun penerapan asesmen awal di dua minggu pertama awal tahun ajaran baru di kelas 1 secara acak.
1. Identifikasi mata pelajaran yang dapat digunakan
2. Rancang kegiatan yang dapat digunakan untuk mengamati perilaku dari aspek kemampuan fondasi
3. Temukan aspek kemampuan fondasi yang ingin dipantau
4. Identifikasi pertimbangan yang perlu masuk ke dalam rancangan kegiatan pembelajaran ke depan
5. Dokumentasikan informasi tersebut di lembar observasi
Urutan yang tepat adalah ....
A. 3 - 2 - 1 - 5 - 4
B. 3 - 1 - 2 - 5 - 4
C. 3 - 4 - 2 - 1 - 5
D. 3 - 2 - 5 - 4 - 1

Jawaban : C

Bu Diana sebagai guru Bahasa Indonesia di kelas 1 sedang memfokuskan pembelajaran pada kemampuan fondasi kesadaran pentingnya menghargai sesama dan kemampuan untuk berempati. Saat merancang pembelajaran, Bu Diana berdiskusi dengan Pak Joni selaku guru Pendidikan Jasmani. Kegiatan yang dapat dilakukan Bu Diana dan Pak Joni agar kemampuan fondasi tersebut dapat dikuasai anak-anak adi kelas tersebut adalah ....
A. Melalui kegiatan berkelompok seperti dalam permainan olahraga, diharapkan anak-anak dapat menerima kelebihan dan kekurangan anggota timnya, serta mengutamakan keikutsertaan semua anggota tim dibandingkan kemenangan.
B. Melalui kegiatan membacakan cerita sambil mempraktikkan gerakan-gerakan dasar koordinasi tangan dan kaki, diharapkan anak-anak dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar dan halus.
C. Melalui kegiatan mengumpulkan donasi untuk korban bencana alam, diharapkan anak-anak memiliki rasa empati terhadap orang-orang yang kesulitan.
D. Melalui kegiatan menulis halus, diharapkan kemampuan motorik halus anak-anak dapat terasah sehingga membantunya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.

Jawaban : A

Berikut adalah tujuan pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia:
"Anak mengungkapkan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi."
Rencana pembelajaran yang tepat agar selaras dengan tujuan tersebut adalah ....
A. Murid menggambar berdasar cerita yang disampaikan kawannya dengan cara bergantian
B. Guru memberikan gambar sebagai pemantik, murid menceritakan pendapatnya tentang gambar yang disajikan
C. Guru memberikan bacaan bergambar para murid membaca di depan kelas
D. Guru mengajak pada murid untuk menggambar berdasar cerita yang diberikan guru

Jawaban : B

"Semoga bermanfaat dan selesai mengerjakan Soal Pelatihan Mandiri Mengajar Merdeka."


Jika ingin Copy paste postingan ini, mohon untuk di sertakan sumber postingan aslinya dari kita seperti : (Sumber situs : finmediata.my.id)

Post a Comment

Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Silakan sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kami telah mendeteksi bahwa Anda menggunakan pemblokiran iklan di browser Anda. Silahkan di nonaktifkan Adsblock-NYA!
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.