Kunci Jawaban Soal Modul 3 Self-Regulated Learning

-- Sumber gambar : guru.kemdikbud.go.id  --

Jawaban Soal Modul 3 Self-Regulated Learning

Semangat Guru 3: Merdeka Belajar dengan Kemampuan Nonteknis [kemitraan dengan HP Indonesia]

Baca juga

MODUL 3
Self-Regulated Learning
Dikembangkan oleh HP Indonesia

1. Self-Regulated Learning dan Implementasi Merdeka Belajar
Latihan Pemahaman

Mana yang bukan manfaat soft skill Self-Regulated Learning?
A. Self-Regulated Learning menumbuhkan motivasi belajar intrinsik
B. Seorang self-regulated learning lebih adaptif.
C. Seorang self-regulated learner mampu mengevaluasi sendiri aktivitas belajarnya
D. Self-Regulated Learning prosesnya lebih lambat

 Jawaban : C

CERITA REFLEKTIF
Adakah pemahaman baru yang Anda dapat dari paparan video tadi tentang peran soft skills SElf Regulated Learning dalam implementasi Merdeka Belajar?

Jawab :
SRL dapat membantu individu mengelola belajar mereka sendiri, mengatasi hambatan, dan meningkatkan kemandirian dalam pembelajaran, maka pemahaman baru mungkin mencakup konsep konsep tersebut. Implementasi Merdeka Belajar, yang menekankan pada kemandirian siswa dalam mengelola pembelajaran mereka, mungkin terkait erat dengan konsep SRL.

2. Komponen dan Keterampilan Utama dalam Praktik Self-Regulated Learning
Latihan Pemahaman

Seorang self-regulated learner mengenali kebutuhan sendiri, dan merencanakan sendiri strategi belajar . Ciri ini mencerminkan salah satu dari 3 komponen Self-Regulated Learning, yaitu:
A. Cakap mengatur hidupnya dengan tertib
B. Mandiri pada Cara
C. Komitmen pada Tujuan
D. Belajar dari orang lain.

 Jawaban : B

CERITA REFLEKTIF
Adakah pemahaman baru yang Anda dapat dari paparan video tadi tentang peran soft skills SElf-Regulated Learning dalam implementasi Merdeka Belajar?

Jawab :
Soft skills Self-Regulated Learning dapat membantu siswa menjadi lebih mandiri dalam mengelola pembelajaran mereka, merencanakan strategi belajar, dan meningkatkan pemahaman mereka, maka pemahaman baru Anda mungkin mencakup konsep-konsep tersebut.

3. Contoh Praktik Self-Regulated Learning di Kelas
Latihan Pemahaman

Mengapa Ibu Anik mengajak muridnya bersama-sama menyusun tujuan belajar? (Pilih yang tidak tepat)
A. Agar murid sadar dan paham tujuan belajar.
B. Agar murid bisa menentukan strategi belajar yang tepat.
C. Agar murid bisa mengatur jadwal belajar yang tepat.
D. Agar mudah belajar berkelompok

  Jawaban : D

CERITA REFLEKTIF
Setelah menyimak video tadi, bagaimana Anda akan mencoba mempraktikkan soft skills Self-Regulated Learning selama sebulan ke depan?

Jawab :
1. Mengidentifikasi Tujuan Belajar:
    Tetapkan tujuan belajar yang spesifik dan terukur untuk setiap sesi pembelajaran.
    Pahami mengapa Anda belajar materi tertentu dan apa yang ingin Anda capai.
2. Merencanakan Strategi Belajar:
    Susun rencana belajar yang mencakup metode, sumber daya, dan jadwal yang efektif.
    Pilih strategi belajar yang sesuai dengan gaya belajar Anda.
3. Mengelola Waktu:
    Buat jadwal belajar yang dapat diikuti dan alokasikan waktu untuk setiap tugas.
    Prioritaskan tugas berdasarkan tingkat urgensi dan pentingnya.
4. Evaluasi Diri:
    Secara teratur evaluasi kemajuan Anda terhadap tujuan belajar.
    Identifikasi area di mana Anda perlu meningkatkan diri dan sesuaikan rencana belajar Anda.
5. Berpartisipasi dalam Diskusi:
    Aktif berpartisipasi dalam diskusi kelas untuk memahami sudut pandang orang lain.
    Diskusikan ide dan konsep dengan teman sekelas untuk mendukung pemahaman bersama.
6. Menerapkan Metode Pembelajaran Kreatif:
    Gunakan metode pembelajaran kreatif, seperti membuat catatan mind map atau menggunakan     teknik mengajar yang sesuai dengan gaya belajar Anda.

4. Post Test
1) Seorang Guru sedang membimbing murid meriset tentang lingkungan hidup. Karena semangat, beberapa murid sampai berhasil berkomunikasi lewat chat dengan tokoh publik di media sosial. Tokoh tersebut menawarkan sesi online lewat video meeting dengan murid sekelas. Melihat antusias murid-muridnya, la sepakat untuk menyiapkan sesi video meeting tersebut. Kesedian Guru ini untuk menerima tawaran sesi video meeting ini mencerminkan keterampilan:
A. Refleksi
B. Manajemen diri
C. Adaptasi
D. Optimist

Jawaban : D

2) Mana yang bukan manfaat soft skill Self-Regulated Learning?
A. Self-Regulated learning membuat belajar lebih singkat
B. Self-Regulated Learning menumbuhkan motivasi belajar intrinsik
C. Seorang self-regulated learning lebih adaptif
D. Seorang self-regulated learner mampu mengevaluasi sendiri aktivitas belajarnya

Jawaban : A

3) Seorang self-regulated learning mampu fokus dalam kegiatan pembelajaran jangka panjang. la bisa mengembalikan motivasinya ketika sedang kehilangan semangat atau menghadapi distraksi. Deskripsi ini paling mencerminkan salah satu dari 3 komponen Self-Regulated Learning, yaitu:
A. Cakap mengatur hidupnya dengan tertib
B. Mandiri pada cara
C. Komitmen pada tujuan
D. Belajar dari orang lain

Jawaban : C

4) Ada tiga keterampilan utama yang menjadi prasyarat praktik Self-Regulated Learning. Seorang self-regulated learner sadar bahwa dalam setiap proses, ada aspek yang dia behasil capai, dan ada yang gagal ia capai. Deskripsi ini mencerminkan keterampilan:
A. Refleksi
B. Manajemen diri
C. Adaptasi
D. Optimis

Jawaban : C

5) Mengapa Ibu Amelia tidak melanjutkan mengumukan nilai perolehan ujian?
A. la sadar bahwa mempermalukan malah menghambat motivasi belajar murid.
B. la sadar bahwa mempermalukan tidak membuat murid tertarik pada topik yang diajarkan
C. la sadar bahwa mempermalukan murid tidak berpengaruh apa-apa terhadap murid
D. la sadar bahwa murid yang nilainya bagus malah merosot selanjutnya.

Jawaban : A

6) "Selama proses, semua tingkah laku murid konsisten dengan rubrik penilaian yang mereka susun sendiri." Pernyataan ini paling mencerminkan komponen self-regulated learning yang mana?
A. Cakap mengatur hidupnya dengan tertib
B. Mandiri pada cara
C. Komitmen pada tujuan
D. Belajar dari orang lain

Jawaban : C

7) Mengapa Ibu Anik mengajak muridnya bersama-sama menyusun tujuan belajar? (Pilih yang tidak tepat)
A. Agar murid sadar dan paham tujuan belajar.
B. Agar murid bisa menentukan strategi belajar yang tepat.
C. Agar murid bisa mengatur jadwal belajar yang tepat
D. Agar mudah belajar berkelompok

Jawaban : D

"Semoga bermanfaat dan selesai mengerjakan Soal Pelatihan Mandiri Mengajar Merdeka."


Jika ingin Copy paste postingan ini, mohon untuk di sertakan sumber postingan aslinya dari kita seperti : (Sumber situs : finmediata.my.id)



Post a Comment

Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Silakan sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kami telah mendeteksi bahwa Anda menggunakan pemblokiran iklan di browser Anda. Silahkan di nonaktifkan Adsblock-NYA!
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.