Kunci Jawaban Soal Modul 4 Komunikasi Efektif dan Penuh Empati

-- Sumber gambar : guru.kemdikbud.go.id --

Jawaban Soal Modul 4 Komunikasi Efektif dan Penuh Empati

Semangat Guru 3: Merdeka Belajar dengan Kemampuan Nonteknis [kemitraan dengan HP Indonesia]

Baca juga

MODUL 4
Komunikasi Efektif dan Penuh Empati
Dikembangkan oleh HP Indonesia

1. Komunikasi Efektif dan Empati
Latihan Pemahaman

Apakah yang dimaksud komunikasi efektif?
A. pertukaran informasi dengan cara paling ekspresif agar bisa dipahami.
B. pertukaran informasi dengan menggunakan logika
C. pertukaran informasi dengan menggunakan teknologi
D. pertukaran informasi dengan cara yang paling dipahami oleh lawan bicara sehingga tujuan kedua pihak tercapai.

Jawaban : D

CERITA REFLEKTIF
Adakah pemahaman baru yang Anda dapat dari paparan video tadi tentang peran soft skills Komunikasi Efektif dan Empati dalam implementasi Merdeka Belajar?

Jawab :
Kompetensi abad 21 terdiri dari 6C yaitu Charakter (karakter), Citizenship (kewarganegaraan), Critical Thinking (berpikir kritis), Creativity (kreatifitas), Collaboration (kolaborasi) dan Communication (komunikasi).

2. Komunikasi Efektif dan Penuh Empati dengan Murid,
Latihan Pemahaman

Komunikasi yang mendorong dan mendukung dapat dilakukan dengan (pilih yang tidak tepat)
A. Menghapal semua ucapan lawan bicara
B. Mendengarkan dengan tulus
C. Bertanya dengan teliti
D. Menghargai kepentingan dan kebutuhan Individu

Jawaban : A

CERITA REFLEKTIF
Setelah menyimak video tadi, bagaimana Anda akan mencoba mempraktikkan soft skills Komunikasi Efektif dan dan penuh empati selama sebulan ke depan?

Jawab :
saya dapat memberikan saran umum untuk meningkatkan komunikasi efektif dan empati, seperti:
1. Aktif Mendengarkan: 
    Berikan perhatian penuh pada lawan bicara dan hindari gangguan agar Anda dapat benar-benar     memahami pesan yang disampaikan.
2. Bertanya dengan Teliti: 
    Gunakan pertanyaan yang relevan dan mendalam untuk mendapatkan pemahaman yang lebih         baik tentang pandangan dan pengalaman lawan bicara.
3. Menghargai Kepentingan dan Kebutuhan Individu: 
    Pertimbangkan perspektif, kepentingan, dan kebutuhan lawan bicara Anda, dan tunjukkan            penghargaan terhadap mereka.
4. Ekspresi Empati: 
   Tunjukkan empati dengan mengakui perasaan dan pengalaman lawan bicara. Jangan ragu untuk     menyampaikan dukungan atau pengertian.
5. Menghindari Menilai Secara Cepat: 
    Hindari membuat penilaian atau asumsi cepat tentang orang lain. Beri waktu dan ruang untuk       memahami lebih lanjut sebelum membuat kesimpulan.

3. Berempati dengan Menata Ruang Belajar
Latihan Pemahaman

Mengapa kita juga perlu menunjukkan empati kita dengan cara menata ruang yang ramah belajar? (pilih yang tidak cocok)
A. dapat membantu membentuk karakter siswa
B. dapat mempromosikan kolaborasi yang baik
C. dapat meningkatkan kualitas interaksi murid di kelas.
D. dapat memperindah ruang belajar

Jawaban : D

CERITA REFLEKTIF
Setelah menyimak video tadi, bagaimana Anda akan mencoba mempraktikkan soft skills Komunikasi Efektif dan Empati selama sebulan ke depan?

Jawab :
Saya akan mencoba memulai dengan menata ruang belajar. Karena salah satu strategi menciptakan lingkungan belajar yang mendukung Komunikasi Efektif dan Empati adalah dengan manata ruang belajar.

4. Post Test
1) Mana di bawah yang TIDAK mencerminkan "komunikasi yang mendorong dan mendukung"?
A. Mendengarkan dengan tulus.
B. Bertanya dengan teliti.
C. Menghargai kepentingan dan kebutuhan individu
D. Memaparkan selengkap-lengkapnya 

Jawaban : D

2) Berempati dapat juga melalui menata ruang belajar sekondiusif mungkin untuk Merdeka Belajar. Apakah yang disebut Zona Presentasi dalam Ruang Belajar Inovatif?
A. Zona untuk murid eksplorasi bebas yang sedang ia pelajari
B. Zona untuk berdiskusi, memberi umpan balik, dan menguji ide
C. Zona untuk membuat gagasan menjadi lebih konkret
D. Zona untuk menyuguhkan hasil belajar ke teman-teman sekelas

Jawaban : B

3) Di Kelas Bahasa Indonesia, murid-murid sedang mencari ide naskah pantun untuk membujuk masyarakat untuk mengelola sampah secara mandiri. Mereka boleh membaca, menengok teman mereka, bertanya paga Guru. Zona Belajar apa yang paling mendukung brainstorming mereka?
A. Zona Pembentukan
В. Zona Kolaborasi
C. Zona Berpikir
D. Zona Presentasi

Jawaban : C

4) Seorang Guru berkata pada muridnya, "Ibu menghargai kemajuan penulisan cerita pendek kamu seminggu ini. Kamu sepertinya mengalami kesulitan dengan menutup ceritanya ya? Kamu mau Ibu bantu mendiskusikan akhir ceritanya?" Kalimat "Kamu mau Ibu bantu bantuk mendiskusikan akhir ceritanya?" Pernyataan ini paling menunjukkan sikap:
A. Validasi terhadap usaha orang lain
B. Bertanya dengan teliti
C. Mengapresiasi kemajuan yang sudah ada.
D. Datang dengan solusi untuk kolaborasi.

Jawaban : B

5) Apakah yang dimaksud komunikasi efektif?
A. pertukaran informasi dengan cara paling ekspresif agar bisa dipahami.
B. pertukaran informasi dengan menggunakan logika
C. pertukaran informasi dengan menggunakan teknologi
D. pertukaran informasi dengan cara yang paling dipahami oleh lawan bicara sehingga tujuan kedua pihak tercapai.

Jawaban : D

"Semoga bermanfaat dan selesai mengerjakan Soal Pelatihan Mandiri Mengajar Merdeka."


Jika ingin Copy paste postingan ini, mohon untuk di sertakan sumber postingan aslinya dari kita seperti : (Sumber situs : finmediata.my.id)



Post a Comment

Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Silakan sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kami telah mendeteksi bahwa Anda menggunakan pemblokiran iklan di browser Anda. Silahkan di nonaktifkan Adsblock-NYA!
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.