Baca juga
1.
a.
Landasan yang di gunakan dalam
pembelajaran Bu Dea Ketika mengajar di Provinsi Jawa
Barat dan Provinsi
Sumatra Barat adalah Landasan Filosofis karena sudah sesuai dengan
3 aliran dari definisi
materi landasan pembelajaran terpadu di SD.
b. Klasifikasi dalam jenis-jenis kegiatan pembelajaran
di Provinsi Jawa Barat :
1)
Aliran
progresivisme
Bu Dea menyajikan teks tentang alat- alat musik khas
jawa barat (Model PBL dan Pendekatan Saintifik).
2)
Aliran
konstruktivisme
Bu Dea menjelaskan sifat-sifat bunyi dari alat musik
yang ada pada teks (mata pelajaran IPA tentang sifat bunyi).
3)
Aliran
humanisme
Bu Dea membahas cara pengembangan ekonomi di Jawa
Barat mengenai bambu dan kayu yang ada disekitarnya untuk diolah menjadi alat
musik khas Jawa barat serta strategi cara pemasarannya (mata pelajaran IPS
tentang keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi
setempat).
2.
a.
Menurut pendapat saya, masih belum sesuai
karena di penjelasan soal Bu Risa tidak ada awal
pembelajaran
(Persiapan/Pra Pembelajaran dan Pembukaan) dimulai langsung ke inti
pembelajaran hingga akhir pembelajaran. Seharusnya Bu Risa menyampaikan
pembelajaran harus lengkap mulai dari awal, inti dan akhir pembelajaran supaya
siswa-siswi SD bisa memahami apa yang di sampaikan oleh Guru.
b. Klasifikasi dalam jenis-jenis landasan pembelajaran
terpadu dari berbagai aspek yang
dikembangkan oleh
Bu Risa :
1)
Aliran
progresivisme
Bu Risa membuat teks berjudul ” Kucing peliharaanku”.
Pada teks tersebut mengungkapkan tentang gerak anggota tubuh kucing. Serta cara
pemeliharaan kucing.
2)
Aliran
konstruktivisme
Bu Risa menggunakan media berupa (1) Teks bacaan
berjudul “kucing peliharaanku”, (2) Video tentang Gerakan anggota tubuh kucing.
Melalui teks tersebut Bu Risa membimbing anak untuk membaca teks hingga anak
dapat mengklasifikasikan kalimat yang mengungkapkan penyampaian terima kasih,
dan kalimat mengungkapkan pernyataan ajakan.
3)
Aliran
humanisme
Di akhir pembelajaran Bu Risa memberi tugas siswa
untuk membuat laporan hasil pengamatan tentang gerakan anggota tubuh hewan peliharaannya.
3.
a.
Menurut pendapat saya, sudah sesuai
dengan konsep pembelajaran terpadu karena sistem
pembelajaran yang
memungkinkan siswa, baik secara individual maupun kelompok, aktif
mencari, menggali,
dan menemukan konsep serta prinsip keilmuan secara hoilistik, bermakna,
dan otentik.
Bagi siswa-siswi SD
pembelajaran sangat bermakna, yaitu:
1)
Informasi
yang dipelajari secara bermakna lebih lama dapat diingat.
2)
Informasi-informasi
baru yang dibangun siswa akan memudahkan proses belajar berikutnya untuk materi
belajar berkelanjutan.
3)
Informasi
yang dilupakan sesudah terbangun struktur pengetahuan baru akan mempermudah
proses belajar hal-hal yang mirip walaupun telah terlupakan.
b. Ya, mungkin
saya akan memberikan sedikit tambahan seperti salam dan doa sebelum
pembelajaran
berlangsung, awal/pembukaan pembelajaran (memberikan apresiasi
pembelajaran dan
flashback pembelajaran), inti pembelajaran (materi sesuai judul dan sub
judul, tujuan
pembelajaran, mengulas materi pembelajaran, memberikan permainan,
menyayikan lagu
daerah, dalam pembelajaran, berkelompok dan berdiskusi,
mempresentasikan
hasil diskusi dan memberikan PR), akhir/penutup pembelajaran (manfaat
pembelajaran,
refleksi pembelajaran, berdoa dan salam).
4.
a. Menurut pendapat saya, cara pembelajaran Pak
Tono sudah sesuai dengan konsep
pembelajaran
terpadu karena Pak Tono sudah menerapkan :
1) Suatu
pendekatan pembelajaran yang menghubungkan berbagai mata pelajaran yang
mencerminkan dunia nyata di sekeliling serta dalam rentang kemampuan dan
perkembangan anak.
2) Suatu
cara untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan anak secara serempak
(simultan).
3) Merakit
atau menggabungkan sejumlah konsep dalam beberapa mata pelajaran yang berbeda,
dengan harapan siswa akan belajar dengan lebih baik dan bermakna.
b. Ya, mungkin saya akan memberikan sedikit tambahan
seperti membuat satuan
pembelajaran/rencana
pada masing-masing mata pelajaran, Menyusun daftar pembelajaran pada mata
pelajaran yang dipadukan, membaca dan mengkaji pelaksanaan pembelajaran, dan
penguraian lebih lanjut pelaksanaan pembelajaran yang dipadukan.
Penulis : Mukhammad Nur Arifin, S.E., S.Pd.SD.
"Jika ada kesalahan penulisan nama, pengertian, penjelasan, dan sebagainya, silahkan komentar di bawah ini atau kirim email kepada kami, kami akan segera mungkin akan meralat postingan ini."