Ujian UAS THE Pembelajaran Terpadu di SD - Universitas Terbuka Malang

 


Ujian UAS THE
Pembelajaran Terpadu di SD - Universitas Terbuka Malang

Baca juga

Jawab :

1.     a. Landasan yang di gunakan dalam pembelajaran Bu Dea Ketika mengajar di Provinsi Jawa

Barat dan Provinsi Sumatra Barat adalah Landasan Filosofis karena sudah sesuai dengan

3 aliran dari definisi materi landasan pembelajaran terpadu di SD.

b. Klasifikasi dalam jenis-jenis kegiatan pembelajaran di Provinsi Jawa Barat :

1)     Aliran progresivisme

Bu Dea menyajikan teks tentang alat- alat musik khas jawa barat (Model PBL dan Pendekatan Saintifik).

2)     Aliran konstruktivisme

Bu Dea menjelaskan sifat-sifat bunyi dari alat musik yang ada pada teks (mata pelajaran IPA tentang sifat bunyi).

3)     Aliran humanisme

Bu Dea membahas cara pengembangan ekonomi di Jawa Barat mengenai bambu dan kayu yang ada disekitarnya untuk diolah menjadi alat musik khas Jawa barat serta strategi cara pemasarannya (mata pelajaran IPS tentang keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat).

 

2.     a. Menurut pendapat saya, masih belum sesuai karena di penjelasan soal Bu Risa tidak ada awal

pembelajaran (Persiapan/Pra Pembelajaran dan Pembukaan) dimulai langsung ke inti pembelajaran hingga akhir pembelajaran. Seharusnya Bu Risa menyampaikan pembelajaran harus lengkap mulai dari awal, inti dan akhir pembelajaran supaya siswa-siswi SD bisa memahami apa yang di sampaikan oleh Guru.

b. Klasifikasi dalam jenis-jenis landasan pembelajaran terpadu dari berbagai aspek yang

dikembangkan oleh Bu Risa :

1)     Aliran progresivisme

Bu Risa membuat teks berjudul ” Kucing peliharaanku”. Pada teks tersebut mengungkapkan tentang gerak anggota tubuh kucing. Serta cara pemeliharaan kucing.

2)     Aliran konstruktivisme

Bu Risa menggunakan media berupa (1) Teks bacaan berjudul “kucing peliharaanku”, (2) Video tentang Gerakan anggota tubuh kucing. Melalui teks tersebut Bu Risa membimbing anak untuk membaca teks hingga anak dapat mengklasifikasikan kalimat yang mengungkapkan penyampaian terima kasih, dan kalimat mengungkapkan pernyataan ajakan.

3)     Aliran humanisme

Di akhir pembelajaran Bu Risa memberi tugas siswa untuk membuat laporan hasil pengamatan tentang gerakan anggota tubuh hewan peliharaannya.

3.     a. Menurut pendapat saya, sudah sesuai dengan konsep pembelajaran terpadu karena sistem

pembelajaran yang memungkinkan siswa, baik secara individual maupun kelompok, aktif

mencari, menggali, dan menemukan konsep serta prinsip keilmuan secara hoilistik, bermakna,

dan otentik.

Bagi siswa-siswi SD pembelajaran sangat bermakna, yaitu:

1)     Informasi yang dipelajari secara bermakna lebih lama dapat diingat.

2)     Informasi-informasi baru yang dibangun siswa akan memudahkan proses belajar berikutnya untuk materi belajar berkelanjutan.

3)     Informasi yang dilupakan sesudah terbangun struktur pengetahuan baru akan mempermudah proses belajar hal-hal yang mirip walaupun telah terlupakan.

b. Ya, mungkin saya akan memberikan sedikit tambahan seperti salam dan doa sebelum

pembelajaran berlangsung, awal/pembukaan pembelajaran (memberikan apresiasi

pembelajaran dan flashback pembelajaran), inti pembelajaran (materi sesuai judul dan sub

judul, tujuan pembelajaran, mengulas materi pembelajaran, memberikan permainan,

menyayikan lagu daerah, dalam pembelajaran, berkelompok dan berdiskusi,

mempresentasikan hasil diskusi dan memberikan PR), akhir/penutup pembelajaran (manfaat

pembelajaran, refleksi pembelajaran, berdoa dan salam).

 

4.     a.  Menurut pendapat saya, cara pembelajaran Pak Tono sudah sesuai dengan konsep

pembelajaran terpadu karena Pak Tono sudah menerapkan :

1) Suatu pendekatan pembelajaran yang menghubungkan berbagai mata pelajaran yang mencerminkan dunia nyata di sekeliling serta dalam rentang kemampuan dan perkembangan anak.

2)  Suatu cara untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan anak secara serempak (simultan).

3)  Merakit atau menggabungkan sejumlah konsep dalam beberapa mata pelajaran yang berbeda, dengan harapan siswa akan belajar dengan lebih baik dan bermakna.

b. Ya, mungkin saya akan memberikan sedikit tambahan seperti membuat satuan

pembelajaran/rencana pada masing-masing mata pelajaran, Menyusun daftar pembelajaran pada mata pelajaran yang dipadukan, membaca dan mengkaji pelaksanaan pembelajaran, dan penguraian lebih lanjut pelaksanaan pembelajaran yang dipadukan.

 


Untuk Jawaban File Scan .pdf:


Penulis : Mukhammad Nur Arifin, S.E., S.Pd.SD.


"Jika ada kesalahan penulisan nama, pengertian, penjelasan, dan sebagainya, silahkan komentar di bawah ini atau kirim email kepada kami, kami akan segera mungkin akan meralat postingan ini."



إرسال تعليق

Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Silakan sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kami telah mendeteksi bahwa Anda menggunakan pemblokiran iklan di browser Anda. Silahkan di nonaktifkan Adsblock-NYA!
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.