Ujian UAS THE Pembelajaran Strategi Pembelajaran di SD - Universitas Terbuka Malang



Ujian UAS THE
Strategi Pembelajaran di SD - Universitas Terbuka Malang

Baca juga



NASKAH UAS-THE
UJIAN AKHIR SEMESTER-TAKE HOME EXAM (THE) UNIVERSITAS TERBUKA
SEMESTER: 2022/23.1 (2022.2)
Strategi Pembelajaran di SD
PDGK4105

 

No Soal Skor
1 Bu Rifa mengajar di kelas 1 SDN Banjarasri. Menurutnya, kondisi kelas tersebut dirasa kurang efektif. Sebagian besar siswa nampak tidak siap mengikuti kegiatan pembelajaran, selalu bergaduh setiap kali Bu Rifa akan memulai pembelajaran. Terkadang ada saja siswa yang berlarian di kelas, tidak memperhatikan pada saat Bu Rifa berbicara dan masih bercanda dengan temannya, padahal Bu Rifa sudah membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam dan sapa. Tidak jarang kondisi tersebut membuat beliau depresi dan bingung. Melihat kasus tersebut, sebagai calon guru SD silakan Anda bantu Bu Rifa dalam:
a. Menentukan langkah-langkah yang efektif agar kegiatan pra pembelajaran dan kegiatan     awal pembelajaran berlangsung efektif.
b. Menentukan cara yang efektif agar siswa siap untuk belajar dan bersemangat untuk mengikuti pembelajaran bersama Bu Rifa.
25
2. Bu Aryani sedang menjelaskan materi tentang "luas daerah bangun datar persegi" kepada siswa kelas 4 di SDN Sukarasa dengan apersepsi mengingatkan kembali materi terkait konsep luas bangun datar. Beliau menjelaskan bahwa luas daerah bangun datar adalah ukuran yang menyatakan besarnya daerah bangun datar, dengan tujuan membangun pemahaman konsep siswa terkait materi tersebut dengan menerapkan metode tanyajawab dan demonstrasi. Ia menunjukkan bahwa luas daerah bangun datar persegi dapat diperoleh dengan cara menunjukkan persegi satuan yang tepat menutupi daerah persegi besar, kemudian menghitung jumlah persegi satuannya. Bu Aryani juga menyiapkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang berisi pertanyaan- pertanyaan dan tabel yang harus diisi siswa untuk membuktikan luas daerah persegi dengan berbagai ukuran. Sehingga pada akhirnya diperoleh bahwa luas daerah bangun datar persegi adalah hasil kali dua buah sisinya yang sama panjang. Terkait dengan keterampilan bertanya yang harus dimiliki oleh Bu Aryani untuk membangun pemahaman konsep siswa dan tentunya sebagai modal dasar dalam berinteraksi dengan siswa, agar siswa dapat berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Sebagai calon guru SD, bantu Bu Aryani merumuskan pertanyaan-pertanyaan kepada siswa dengan mengacu kepada komponen- komponen keterampilan bertanya dasar! 25
3. Fauzan adalah siswa kelas V di SDN Sukaasih. Ia termasuk ke dalam kelompok anak yang pasif, lambat dalam memahami materi pembelajaran dan sulit berinteraksi dengan sesama siswa yang lainnya di kelas. Pada saat mengerjakan tugas yang diberikan secara kelompok, dia cenderung menyendiri dan tidak mau bergabung dengan teman sekelompoknya. Karena cukup lamban dalam mengerjakan tugasnya secara mandiri, seringkali Fauzan tertinggal pada saat pembelajaran. Bu Hafizah pernah mencoba untuk mengubah pengelompokkan di kelas tersebut. Tujuannya agar Fauzan dapat bersosialisasi dan bekerjasama dengan temannya. Namun, ternyata hal ini semakin menyulitkan Fauzan untuk berinteraksi dengan teman-temannya. Ia juga menjadi bahan olok-olok temannya. Sebagai seorang guru, Bu Hafizah menyadari permasalahan yang terjadi. Namun, karena bukan hanya Fauzan yang mengalami kondisi tersebut, Bu Hafizah cenderung mengabaikan kondisi tersebut.
a. Berdasarkan pada kondisi tersebut, lakukan analisis permasalahan yang terjadi di kelas Bu Hafizah dan identifikasi lima karakteristik Fauzan!
b. Bantu Bu Hafizah untuk membuat skenario pembelajaran yang dapat membantu Fauzan agar dapat mengikuti pembelajaran secara optimal!
25
4. Pak Khairul adalah guru Bahasa Inggris di kelas V SDN Pangandaran. Sebagian besar siswanya setiap pulang sekolah membantu orang tuanya untuk menjajakan oleh-oleh khas Pantai Pangandaran seperti gantungan kunci, kerajinan rumah keong, ikan asin dan lainnya. Pada musim liburan banyak turis yang berkunjung ke Pantai Pangandaran. Namun permasalahannya sebagian besar dari anak-anak tersebut belum mahir berbicara dalam Bahasa Inggris secara aktif. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, pembelajaran di sekolah harus mendukung peningkatan keterampilan berbicara dalam Bahasa Inggris. Berdasarkan ilustrasi di atas, bantu Pak Khairul membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang memuat komponen: identitas mata pelajaran, kompetensi dasar, indikator, materi pembelajaran, strategi pembelajaran, alat, media dan sumber belajar serta penilaian agar dapat membantu siswanya untuk melakukan speaking dengan baik! 25
Total Skor 100



Jawab :

 

1.     a. Langkah-langkah yang efektif agar kegiatan pra pembelajaran :

1)     Menciptakan Sikap dan Suasana Kelas yang Menarik

Kondisi belajar dapat dipengaruhi oleh sikap Bu Rifa di depan kelas. Bu Rifa harus memperlihatkan sikap yang menyenangkan supaya siswa tidak merasa tegang, kaku, bahkan takut mengikuti pembelajaran. Kondisi yang menyenangkan ini harus diciptakan mulai dari awal pembelajaran sehingga siswa-siswi SD akan mampu melakukan aktivitas belajar dengan penuh percaya diri tanpa ada tekanan yang dapat menghambat aktivitasnya.

2)     Memeriksa Kehadiran Siswa

Kegiatan yang dilakukkan Bu Rifa pada jam pertama pembelajaran adalah mengecek kehadiran siswa-siswi SD. Untuk meghemat waktu dalam mengecek kehadiran siswa-siswi SD, dengan mengecek kehadiran, secara tidak langsung Bu Rifa telah memberikan motivasi terhadap Peserta didik, disiplin dalam mengikuti pembelajaran di kelas 1 SDN Banjarsari.

3)     Menciptakan Kesiapan Belajar Siswa

Salah satu prinsip belajar yang sangat berpengaruh terhadap proses dan hasil belajar siswa-siswi SD. Oleh karena itu, Bu Rifa perlu membantu mengembangkan kesiapan belajar dan menumbuhkan semangat Peserta didik dalam belajar.

4)     Menciptakan Suasana Belajar yang Demokratis

Menciptakan suasana belajar yang demokratis daapat dikondisikan melalui pendekatan proses belajar dengan cara belajar siswa-siswi aktif. Untuk menciptakan suasana belajar yang demokratis Bu Rifa harus membimbing siswa-siswi SD agar berani menjawab, berani bertanya, dan berani mengeluarkan ide-idenya.

 

b. Langkah-langkah kegiatan awal pembelajaran berlangsung efektif

1)     Menimbulkan Motivasi dan Perhatian Siswa

Membangkitakan motivasi dan perhatian siswa-siswi SD merupakan kegitanan yang perlu dilaksanakan pada setiap tahapan kegiatan pembelajaran. Khususnya pada tahap awal pembelajaran siswa-siswi SD perlu difokuskan perhatiannya pada materi yang akan dibahas.

2)     Memberi acuan (Memahami kemampuan siswa-siswi SD)

Memberi acuan dapat diartikan sebagai upaya Bu Rifa dalam menyampaikan secara spesifik dan singkat gambaran umum tentang hal yang akan dipelajari dan kegitan yang akan ditempuh selama pembelajaran berlangsung. Kegiatan Bu Rifa dalam memberikan acuan yaitu memberitahukan kemampuan yang diharapkan atau materi yang akan dipelajari.

3)     Membuat kaitan

Kegiatan pembelajaran kaitan pada awal pembelajaran biasanya dikenal dengan melakukan apersepsi. Cara Bu Rifa dalam membuat kaitan misalnya mengajukan pertanyaan tentang bahan pelajaran yang sudah dipelajari sebelumnya, menunjukkan manfaat materi yang dipelajari, meminta siswa-siswi SD mengemukakan pengalaman yang berkaitan dengan materi yang akan dibahas.

4)     Melaksanakan Tes Awal

Tes awal atau pre-test dilaksanakan untuk mengukur dan mengetahui sejauh mana materi atau bahan pelajaran yang akan dipelajari sudah dikuasai oleh siswa-siswi SD. Tes awal dapat dilakukan dengan cara lisan yang ditujukan pada beberapa peserta didik yang dianggap mewakili siswa-siswi SD.

5)     Dapat membangkitkan perhatian siswa

Bu rifa memberikan semangat kepada peserta didik sehinnga perhatian siswa-siswi SD terpusat pada pelajaran yang akan diikutinya.

6)     Dapat memberikan bimbingan belajar secara kelompok maupun individu.

7)     Dapat menciptakan interaksi edukatif yang efektif sehingga siswa merasakan adanya suasana belajar yang aman dan menyenangkan.

8)     Memberikan penguatan pada siswa.

9)     Menanamkan sikap disiplin pada siswa.

 

2.     Untuk membuat pertanyaan harus di sertai dengan 5W + 1 H atau What (Apa), Who (Siapa), When (Kapan), Why (Mengapa), Where (Dimana) dan How (Bagaimana). Tapi harus melihat soal terlebih dahulu jika ada keterkaitan dengan 5W + 1H bisa dikapai jika tidak hanya memakai beberapa kata saja. Maka pada Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang di buat Bu Aryani berisi pertanyaan sebagai berikut :

1)     Apa manfaat dari luas daerah bangun datar persegi?

2)     Berapa luas daerah bangun datar persegi?

3)     Mengapa luas daerah bangun datar itu besar?

4)     Bagaimana cara memperoleh luas daerah bangun datar persegi?

5)     Hitunglah jumlah persegi dalam satuannya?

 

3.     a. 1) Analisis permasalahan yang terjadi di kelas Bu Hafizah :

1.     Bu Hafizah kurang sabar dalam mendidik dan perhatian kepada Fauzan

2.     Bu Hafizah tidak memberikan ruang bicara  privat kepada Fauzan

3.     Bu Hafizah tidak di interview, observasi dan diagnosa kepada Fauzan jadi tidak tahu sebab akibat yang di alami Fauzan selama di kelasnya.

4.     Pada saaat di bully Fauzan, Bu Hafizah tidak menegur si pembully dan tidak di nasehati si pembully.

    2) Identifikasi lima karakteristik Fauzan :

1.     Lambat dalam memahami materi pembelajaran

2.     Sulit berinteraksi dengan sesama siswa-siswi SD yang lainnya di kelas.

3.     Penyendiri dan pemalu

4.     Belum terbiasa dengan pola bicara dan kelakuan dengan teman sebayanya.

5.     Kurang percaya diri

6.     Takut salah bicara dan membuat hati orang lain terluka

7.     Lingkungan rumah yang kurang bersahabat sehingga berdampak kepada mentalnya

b. Membantu Bu Hafizah untuk membuat Skenario pembelajaran yang dapat membantu

    Fauzan agar dapat mengikuti pembelajaran secara optimal :

1.     Sering mengajak Fauzan pada kegiatan luar rumah.

2.     Menolong Fauzan bila terjadi bullying terhadapnya.

3.     Memasangkannya dengan yang bertolak belakang.

4.     Membantu meningkatkan rasa percaya diri anak.

5.     Menanyakan apakah ada rasa tidak nyaman saat bersama temannya.

6.     Tidak mengekang Fauzan.

7.     Mengajarkan etika pergaulan kepada Fauzan.

8.     Membebaskan Fauzan berekspresi.

 

4.     RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Sekolah                            : SDN Pangandaran

Mata Pelajaran                : Bahasa Inggris

Kelas / Semester              : V / 1

Pertemuan ke                  : 1 – 2

Alokasi Waktu                 : 60 menit

Tema                                : Pangandaran Beach (Pantai Pangandaran)

Sub tema                         : Pangandaran Beach Tourism (Wisata Pantai Pangandaran)

 

A.     KOMPETENSI DASAR

Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur:

1.     Memperkenalkan diri dan berkenalan

2.     Memberikan contoh dalam berdagang

3.     Memberi petunjuk

 

B.     INDIKATOR

Memberikan dan menanyakan nama, asal, jenis dagangan,dan  arah tujuan

 

C.     MATERI PEMBELAJARAN

1.     Memberikan pembelajaran perkenalan :

My name is… Where are you from… etc.

2.     Memberikan petunjuk tentang keadaan seseorang, tempat/sesuatu hal lain :

The beach is over there, to the right and straight… etc.

3.     Memberikan peragaan atau teknik marketing dalam berjual :

This craft is very difficult to make, key chain craft, the conch house is great for souvenirs… etc.

 

D.    STRATEGI PEMBELAJARAN

1.     Kegiatan Pendahuluan (10 menit)

·       Percakapan pembuka (Berdoa, Salam pembuka)

·       Memeriksa kehadiran siswa (Absensi)

·       Prolog dan membahas tujuan pembelajaran (Apersepsi)

·       Manfaat pembelajaran

2.     Kegiatan Inti (40 menit)

·       Membahas kosakata dan struktur terkait dengan materi

·       Cara berkenalan dan menyapa dengan baik

·       Membahas tenses

·       Menghafal kosakat terkait

·       Menghafal rumus tenses

·       Memberikan video dalam Bahasa inggris

·       Memberikan contoh percakapan Bahasa inggris dalam bentuk suara

·       Latihan mengucapkan ungkapan-ungkapan terkait

·       Latihan percakapan dalam bentuk dialog bertema pariwisata pantai

·       Simulasi pengguanaan ungkapan tersebut

3.     Kegiatan Penutup (10 menit)

·       Menyimpulkan materi

·       Refleksi pembelajaran

·       Penugasan (PR)

·       Salam penutup dan Berdoa

 

E.     SUMBER BELAJAR DAN ALAT/MEDIA YANG DI GUNAKAN

1.     Buku/Modul Bahasa inggris

2.     Media Visusal : Proyektor

3.     Media Audiovisual : Rekaman (Listening Section)

 

F.     PENILAIAN

1.     Teknik                : Lisan dan peragaan (Media Video dan Audio)

2.     Bentuk               : Dialog dua arah

3.     Instrument        :

 

 

Perform the dialoge in front of the class with your friend!

A : Excuse me…

B : Yes, what's wrong sir

A : Please take a moment sir

B : ok

A : My name is Andi, I'm native here.

B : Ya, My name Michael.

A : Where are you from sir?

B : I'm from UK.

A : I want to offer original crafts from Pangandaran beach.

B : oh, how much is it?

A : cheap sir, not too expensive, around Rp5,000 for the key chain

     and conch house work Rp6,000.

B : ok, I'll buy the key chain crafts.

A : ok sir, thank you very much for buying.

 

 

 

Mengetahui,                                                                          Pangandaran, 31 Desember 2022

Kepala SD Negeri 1 Pangandaran                                         Guru Mata Pelajaran

 

 

Subakti, S.Pd.                                                                         Khairul, S.Pd.

NIP.    130102837710291                                                      NIP. 130102939802701


Untuk Soal File Scan .pdf:


Untuk Jawaban File Scan .pdf:


Penulis : Mukhammad Nur Arifin, S.E., S.Pd.SD.


"Jika ada kesalahan penulisan nama, pengertian, penjelasan, dan sebagainya, silahkan komentar di bawah ini atau kirim email kepada kami, kami akan segera mungkin akan meralat postingan ini."


Post a Comment

Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Silakan sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kami telah mendeteksi bahwa Anda menggunakan pemblokiran iklan di browser Anda. Silahkan di nonaktifkan Adsblock-NYA!
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.